20 Ucapan Belasungkawa Bahasa Sunda sebagai Ungkapan Berduka

freepik
Ilustrasi, ucapan belansungkawa.
Editor: Agung
8/7/2024, 14.25 WIB

Kumpulan ucapan belasungkawa untuk pacar bahasa Sunda ini bisa disampaikan kepada orang-orang terdekat yang tengah bersedih karena ditinggal oleh orang tercintanya.

Dalam kehidupan, semua orang pasti akan menghadapi kematian. Meskipun tidak mudah, namun nyatanya kematian seseorang, terutama orang terdekat, kerap kali meninggalkan duka yang mendalam bagi orang ditinggalkan.

Bila memiliki orang terdekat yang baru saja ditinggal oleh orang tercinta, Anda bisa menyampaikan ucapan belasungkawa sebagai salah satu cara untuk mengungkapkan rasa dukacita terhadap mereka. Ucapan ini juga bisa menjadi bentuk doa baik tentang orang yang telah meninggal tersebut.

Ucapan belasungkawa sendiri bisa disampaikan dengan menggunakan bahasa daerah. Salah satunya yaitu dalam bahasa Sunda. Berikut ini beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam bahasa Sunda yang bisa dijadikan referensi.

Ucapan Belasungkawa Bahasa Sunda

Berikut ini 15 contoh ucapan dalam Sunda dan artinya yang bisa disampaikan kepada orang-orang terdekat yang tengah berduka cita.

Ucapan Belasungkawa Bahasa Sunda (Pexels)
  1. "Ngiring prihatin, muga-muga kaluwarga tumarima jeung kuat." (Turut berduka, semoga keluarga sabar dan kuat)
  2. "Innalillahi, duka nu mendakan hati, semoga rohna disakujanten di alam akhirat." (Innalillahi, kesedihan yang menghancurkan hati, semoga rohnya diterima di akhirat.)
  3. "Patepang ka Tuhan, henteu aya duka anu leuwih ti kasakit anu bisa dialamankeun." (Kami menyerahkan pada Tuhan, tidak ada duka yang lebih dalam dari rasa sakit yang bisa dirasakan.)
  4. "Ngiring prihatin. Anjeunna jalma bageur. Insya Allah ditempatkeun dina tempat nu pangasaena." (Turut prihatin. Dia orang baik. Insyaallah ditempatkan di tempat yang terbaik.)
  5. "Ngiring béla sungkawa, mugi sing tabah mayunan ieu cocobi ti Gusti Nu Maha Suci."(Turut bela sungkawa, semoga tabah menghadapi cobaan dari Tuhan Yang Maha Suci)
  6. "Ngilu prihatin, tong leutik hate jeung sing sobar. Pasrahkeun weh kanu Maha Kawasa." (Ikut prihatin, jangan berkecil hati dan sabarlah. Pasrahkan saja kepada Tuhan Yang Maha Kuasa)
  7. "Ngiring prihatin, muga-muga sagala amal solehna maw berkah jeung mawa anjeunna ke surga." (Ikut prihatin, semoga seluruh amal salehnya membawa berkah dan membawanya ke surga)
  8. "Anjeunna jalma bageur. InsyaAllah anjeunna ditempatkeun dina tempat nu pangasaena."(Dia orang baik. InsyaAllah dia ditempatkan di tempat yang terbaik)
  9. "Ngiring béla sungkawa, mugi sing tabah mayunan ieu cocobi ti Gusti Nu Maha Suci." (Turut bela sungkawa, semoga tabah menghadapi cobaan dari Tuhan Yang Maha Suci)
  10. "Mugia iman Islam almarhum tiasa ngabantosan anjeunna lebet surga sareng dibéré kakuatan ka jalma-jalma anu ditinggalkeun." (Semoga iman Islam almarhum mampu menolongnya untuk masuk surga dan diberikan ketabahan untuk orang yang ditinggalkannya.)
  11. Innalillahi Waina Illaihi Rojun, mugia almarhum ditampi iman islamna, keluarga nu dikantunkeun sabar sareng tawekal …..amiiin. (Innalillahi wainna ilaihi rojiun, semoga iman dan islam almarhum diterima, keluarga juga diberikan sabar dan tawakal amiiin)
  12. "Innalillaahi Waina Ilaihi Rojiun, mugi almarhum/almarhumah di tampi ku gusti Alloh, oge keluargi disabarken." (Innalillaahi Waina Ilaihi Rojiun semoga almarhum/almarhumah diterima Allah SWT, dan keluarga disabarkan)
  13. "Sing tabah. Teu kénging alit manah, keun weh nu atos karandapan mah da moal tiasa diuihan deui. Ayeuna mah kantun bangkit deui." (Tabahlah! Jangan berkecil hati, yang sudah terjadi tidak akan bisa diulangi lagi. Sekarang tinggal bangkit)
  14. "Ngiring prihatin. Mugi-mugi almarhum/ almarhumah sing husnul hotimah, ditampi iman Islamna, sareng dihapunten dosa perdosana. Atuh kulawargi anu dikantunkeun sing aya dina katabahan."(Turut berduka. Semoga almarhum/ almarhumah khusnul khotimah, diterima iman Islamnya, dan diampuni segala dosanya. Keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan)
  15. "Innalillaahi Waina Ilaihi Rojiun, mugi almarhum/almarhumah di tampi ku gusti Alloh, oge keluargi disabarken." (Innalillaahi Waina Ilaihi Rojiun semoga almarhum/almarhumah diterima Allah SWT, dan keluarga disabarkan)
  16. "Innalillaahi waina ilaihi rojiun, mugi almarhum/almarhumah di tampi ku gusti Alloh, oge keluargi disabarken." (Innalillaahi waina ilaihi rojiun semoga almarhum/almarhumah diterima Allah Swt. dan keluarga disabarkan)
  17. "Punten pikeun wartos pupusna Risma. Muga-muga sagala amal soleh na ngabantosan anjeun kengingkeun tempat anu pangsaena dina surga Allah Swt.." (Turut berduka cita atas kabar meninggalnya Risma. Semoga segala perbuatan baiknya membantu dia untuk mendapatkan tempat terbaik di surga Allah Swt..)
  18.  "Ngiring prihatin. Mugi-mugi almarhum/almarhumah sing husnul hotimah, ditampi iman Islamna, sareng dihapunten dosa perdosana. Atuh kulawargi anu dikantunkeun sing aya dina katabahan." (Turut berduka. Semoga almarhum/almarhumah husnul khatimah, diterima iman Islamnya, dan diampuni segala dosanya. Keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan)
  19. "Punten pikeun wartos pupusna .... Muga-muga sagala amal soleh na ngabantosan anjeun kengingkeun tempat anu pangsaena dina surga Allah Swt." (Turut berdukacita atas kabar meninggalnya (nama). Semoga segala perbuatan baiknya membantu dia untuk mendapatkan tempat terbaik di surga Allah Swt.)
  20. "Simkuring sakulawargi ngiring belasungkawa ku pupusna... Pangersa Mugia arwah almarhum kenging tempat anu mulya mungguhing Allah Swt. Amiiin." (Saya sekeluarga turut belasungkawa atas berpulangnya... Semoga arwah almarhum diberikan tempat mulia di sisi Allah Swt.)

Itulah 15 ucapan belasungkawa bahasa Sunda dan artinya yang bisa disampaikan kepada orang-orang terdekat sebagai salah satu bentuk ungkapan turut berduka cita.