9 Daftar Ide Lomba Buat Persiapan 17 Agustus 2024 SMP SMA

Freepik
Daftar Ide Lomba Buat Persiapan 17 Agustus 2024 SMP SMA
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
31/7/2024, 13.39 WIB

Peringatan Hari Kemerdekaan RI atau HUT RI ke-79 akan segera digelar pada 17 Agustus 2024. Ada berbagai acara yang dapat digelar untuk memeriahkan hari penting ini, seperti lomba 17-an.

Selain untuk memeriahkan semangat kemerdekaan, lomba 17 Agustus dapat menjadi salah satu cara untuk untuk mengajarkan anak-anak untuk berkompetisi secara sehat dan sportif. Agar tidak bingung, berikut daftar ide lomba buat persiapan 17 Agustus 2024 SMP SMA yang dapat menjadi ide dan inspirasi.

Daftar Ide Lomba Buat Persiapan 17 Agustus 2024 SMP SMA

Hadiah Lomba 17 Agustus (Unsplash)

1. Lomba Balap Kelereng

Lomba balap kelereng dapat menjadi ide lomba 17-an yang diikuti semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Caranya cukup mudah, peserta harus melemparkan kelereng mereka sejauh mungkin dan mencoba mengenai target yang sudah disediakan.

Peserta yang mencapai jarak terjauh atau mengenai target dengan akurasi tertinggi akan menjadi pemenangnya. Lomba balap kelereng ini tidak hanya melibatkan keahlian dalam melempar, tetapi juga mengajarkan tentang strategi dan ketepatan dalam menghadapi situasi yang berubah-ubah.

2. Lomba Balap Bakiak

Lomba balap bakiak menjadi daftar ide lomba buat persiapan 17 Agustus 2024 SMP SMA selanjutnya. Bakiak menjadi salah satu lomba beregu yang cukup sulit karena mengharuskan setiap individu berjalan kompak untuk mencapai garis finis.

Jika tidak, peserta akan jatuh dan kalah. Umumnya, bakiak yang digunakan untuk lomba 17 Agustus hanya polos dan bisa digunakan oleh 3 hingga 4 orang.

Namun, cobalah untuk memodifikasi bakiak tersebut dengan menambahkan benjolan-benjolan seperti yang terdapat pada sandal refleksi. Dengan begitu, balapan bakiak bakal lebih menantang dan meriah.

3. Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan

Lomba cerdas cermat kebangsaan dapat menjadi ajang untuk menunjukkan kecerdasan dan pengetahuan mereka tentang berbagai hal terkait kebangsaan Indonesia. Lomba ini tidak hanya menguji kemampuan akademik, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme pada diri para generasi muda.

4. Lomba Pidato

Lomba pidato biasa diikuti oleh anak SMP dan SMA. Peserta bisa memilih atau diberikan topik pidato mengenai kemerdekaan atau nilai-nilai nasionalisme.

Mereka dapat menyampaikan pidato di depan penonton mengenai topik terkait kemerdekaan, patriotisme dan perjuangan bangsa Indonesia menggunakan mikrofon apabila diperlukan.

Daftar Ide Lomba Buat Persiapan 17 Agustus 2024 SMP

Daftar Ide Lomba Buat Persiapan 17 Agustus 2024 SD TK (Freepik)

 

1. Lomba Gobak Sodor

Lomba 17-an ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengingat dan menghargai permainan tradisional Indonesia, sekaligus menjaga kearifan lokal yang ada. Seluruh keseruan pun akan terasa jika setiap orang mengikutinya.

2. Lomba Kostum Tema Kemerdekaan

Lomba kostum kemerdekaan merupakan ajang untuk seru-seruan saat perayaan HUT RI. Para peserta lomba akan menggunakan kostum yang sesuai dengan kemerdekaan Indonesia.

Untuk penentuan pemenang, Anda dapat menggunakan sistem voting.

3. Lomba Lilin Halang Rintang

Lomba lilin halang rintang tidak kalah seru. Peserta harus menjaga api pada lilin agar bisa terus menyala. Jika api itu mati, peserta harus kembali ke titik awal perlombaan dan seterusnya, hingga durasi habis.

Daftar Ide Lomba Buat Persiapan 17 Agustus 2024 SMA

Daftar Ide Lomba Buat Persiapan 17 Agustus 2024 Ibu Ibu Bapak Bapak (Freepik)

 

1. Lomba Fashion Show Tradisional

Daftar ide lomba buat persiapan 17 Agustus 2024 selanjutnya adalah fashion show. Anak-anak dapat mengenakan pakaian adat dari beragam daerah di Indonesia.

Mereka bisa memilih pakaian yang disukai, lalu berjalan di atas panggung, memamerkan pakaian adat sambil menjelaskan asal-usul dan makna pakaian itu.

2. Lomba Karaoke Lagu Nasional

Daftar ide lomba buat persiapan 17 Agustus 2024 untuk SMA selanjutnya adalah lomba karaoke lagu nasional. Peserta akan diberikan kesempatan untuk menyanyikan lagu-lagu kebangsaan yang menginspirasi semangat patriotisme.

Lomba karaoke ini dapat menjadi wadah untuk mengekspresikan rasa cinta dan kebanggaan terhadap tanah air. Bahkan lomba ini mampu meningkatkan rasa solidaritas di antara peserta.

3. Lomba Menghias Tumpeng

Lomba menghias tumpeng dapat menjadi ide lomba 17 Agustus pada 2024 ini. Lomba menghias tumpeng dapat menjadi ide menarik untuk meningkatkan semangat kemerdekaan dan kreativitas siswa an siswi.

Terlebih, tumpeng adalah hidangan tradisional yang kerap hadir dalam berbagai cara kemerdekaan.

Demikian daftar ide lomba buat persiapan 17 Agustus 2024 SMP SMA yang dapat menjadi ide dan inspirasi.