10 Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak agar Lebih Fokus

freepik
Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
24/9/2024, 08.50 WIB

10 cara meningkatkan konsentrasi belajar ini, dapat diterapkan di rumah agar anak lebih fokus saat akan menghadapi ujian. Dengan meningkatkan kosentrasi belajar, anak dapat memahami materi pelajaran dengan cepat.

Baik tua maupun muda, manusia akan terus belajar dalam hidupnya. Sulit fokus menjadi salah satu hal yang menghambat saat belajar, sehingga materi yang dipelajari tidak dapat masuk ke otak.

10 Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar (freepik)

Belajar dapat menjadi kegiatan menyenangkan apabila fokus. Berikut 10 cara meningkatkan konsentrasi belajar yang dapat dicoba di rumah:

1. Membuat Target Belajar

Tentukan target belajar yang ingin dicapai untuk mendapatkan nilai bagus. Dengan mengetahui target belajar yang jelas, anak dapat kembali semangat saat konsentrasi mulai hilang.

2. Membuat Jadwal Belajar

Buatlah jadwal belajar rutin agar tidak bingung materi apa yang harus dipelajari saat mulai belajar. Dalam membuat jadwal belajar, coba sesuaikan dengan target yang ingin dicapai. Dengan begitu, anak bisa lebih fokus, belajar lebih efektif, dan terarah.

3. Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Cara meningkatkan konsentrasi belajar berikutnya, menciptakan suasana belajar yang kondusif. Ciptakanlah suasana yang tenang, dan nyaman. Pilihlah kursi yang nyaman, meja yang luas, dan pastikan ada colokan untuk mengisi baterai laptop, atau perangkat lain yang digunakan untuk belajar.

4. Membuat Ritual Belajar

Agar lebih konsentrasi, buatlah ritual sebelum mulai belajar. Misalnya peregangan, membereskan meja, makanan snack tertentu, menyemprotkan pengharum ruangan, dan lainnya. Dengan melakukan cara ini, otak bisa lebih mudah fokus saat belajar.

5. Menghilangkan Sesuatu yang Mendistraksi

Ada banyak cara meningkatkan konsentrasi belajar, salah satunya dengan menghilangkan sesuatu yang dapat mendistraksi, seperti gadget. Notifikasi yang tampil di gadget dapat membuat perhatian teralihkan dari materi belajar.

6. Menerapkan Teknik Pomodoro

Menerapkan teknik Pomodomoro dapat meningkatkan fokus belajar saat akan menghadapi ujian, yaitu dengan membuat 25 menit belajar, dan 2-5 menit istirahat. Lakukan cara ini secara berulang, sehingga target belajar dapat selesai.

7. Mencatat Hal yang Sudah Dipelajari

Mencatat hal yang sudah dipelajari dapat menjadi cara meningkatkan konsentrasi belajar. Cara ini, dapat membantu Anda memonitor, dan melihat sejauh mana anak sudah belajar. Dengan melihat progres yang telah dilampaui, dapat membuat anak lebih termotivasi lagi, sehingga lebih fokus dalam mencapai target.

8. Mengganti Suasana Belajar

Mengganti suasana belajar yang lebih segar dapat memotivasi anak untuk belajar. Saat belajar terus-menerus di tempat yang sama, seperti kamar dapat membuat anak merasa bosan, dan kurang terinspirasi.

9. Istirahat dan Minum Air Putih

Belajar dalam waktu yang lama memang bisa membuat tubuh kelelahan. Kondisi ini, dapat menyebabkan fokus belajar jadi berkurang. Solusinya, istirahat sejenak dan minum air putih, sehingga bisa lebih fokus.

10. Olahraga Secara Rutin

Cara meningkatkan konsentrasi belajar terakhir, yaitu dengan olahraga secara rutin. Menurut studi, olahraga dapat meningkatkan fokus 2-3 jam setelahnya. Ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai rutinitas sebelum belajar. Silakan lakukan olahrga ringan, seperti yoga, peregangan, dan jalan kaki.

Demikian 10 cara meningkatkan konsentrasi belajar yang dapat dicoba diterapkan kepada anak di rumah. Agar semakin konsentrasi saat belajar, cobalah menjauhi hal-hal yang dapat membuat anak terditraksi saat belajar.