Cek Format dan Surat Keterangan Kerja PPPK 2024 Beserta Contohnya

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Peserta bersiap mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS formasi Kejaksaan di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta, Kamis (9/11/2023). Pemerintah mulai Kamis (9/11) melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023 yang diikuti sebanyak 1.853.617 pelamar, sedangkan Seleksi Kompetensi bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) akan dilakukan pada Jumat (10/11/2023).
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
7/10/2024, 11.06 WIB

Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis Tahun 2024 telah dibuka hingga 20 Oktober 2024. Pendaftaran PPPK 2024 dibagi menjadi dua periode, periode pertama berlangsung dari 1 hingga 20 Oktober 2024, yang ditujukan bagi Pelamar Prioritas, seperti Guru dan Bidan D-IV lulusan tahun 2023, eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II), serta Tenaga non-ASN yang terdaftar di database BKN.

Sementara periode kedua akan dimulai dari 17 November hingga 31 Desember 2024, khusus bagi tenaga non-ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah, termasuk lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang melamar formasi guru di instansi daerah. Bagi pelamar PPPK Teknis 2024, pastikan Anda melampirkan surat keterangan kerja saat proses pendaftaran.

Berikut informasi lengkap mengenai cek format dan surat keterangan kerja PPPK 2024.

Cek Format dan Surat Keterangan Kerja PPPK 2024

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS di BKN (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.)

 

Surat keterangan kerja PPPK Teknis 2024 ada dalam Lampiran III Pengumuman PPPK Teknis 2024. Surat keterangan diperuntukkan bagi pelamar yang memiliki pengalaman di bidang kerja sesuai dengan kompetensi tugas jabatan yang dilamar paling singkat 2 (dua) tahun pada Jabatan Pelaksana yang ditandatangani oleh Pimpinan Unit Kerja.

Berikut format surat keterangan kerja PPPK 2024:

KOP INSTANSI/LEMBAGA

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
NIP :
Pangkat/Gol. Ruang :
Jabatan :
Instansi/Lembaga :

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:
Nama :
Tempat/Tanggal Lahir :
Pendidikan :
Jabatan :

adalah pegawai di ....................... selama .... tahun .... bulan, terhitung mulai tanggal ........ sampai tanggal .....................
Adapun yang bersangkutan memiliki tugas harian, sebagai berikut:
1. ..................................
2. ..................................
3. dst.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk memenuhi persyaratan pelamaran Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

......, ..................... 2024
Nama Jabatan Penandatangan,
Nama Instansi/Lembaga

(ttd+cap stempel basah)

(Nama Pejabat Penandatangan)

Contoh Surat Keterangan Kerja PPPK 2024

Penyerahan SK penyesuaian masa kerja PPPK Kota Makassar (ANTARA FOTO/Hasrul Said/YU)

 

Perlu diperhatikan bahwa Surat Keterangan Pengalaman Kerja setiap instansi dapat berbeda-beda ketentuan formatnya. Oleh sebab itu, Anda sebagai pelamar harus rajin membuka pengumuman informasi di instansi tujuan agar tidak mengalami kesalahan format.

Secara garis besar format menyuguhkan nama, jabatan, unit kerja, dan nomor induk pegawai (NIP) dari pemberi pernyataan bahwa peserta berpengalaman. Dilanjutkan dengan nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, dan unit kerja pelamar.

Kemudian mencantumkan pula jabatan peserta, deskripsi pekerjaannya, hingga kurun waktu di bidang terkait. Tidak lupa pula menyuguhkan kota, tanggal, bulan dan tahun penulisan, serta jabatan penanda tangan.

Diikuti berikutnya dengan stempel unit kerja, tanda tangan, nama, pangkat, dan NIP dari pihak yang memberikan keterangan pengalaman. Berikut contoh surat keterangan kerja PPPK 2024.

KOP INSTANSI

SURAT KETERANGAN AKTIF BEKERJA

Nomor:………………………………..

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :…………………………………………………….

NIP : …………………………………………………….

Jabatan : …………………………………………………….

Unit Kerja : …………………………………………………….

Instansi : …………………………………………………….

Dengan ini menyatakan bahwa:

Nama :…………………………………………………….

NIK :…………………………………………………….

Tempat/Tanggal Lahir : …………………………………………………….

Pendidikan : …………………………………………………….

Unit Kerja : …………………………………………………….

Memang benar pegawai tersebut masih aktif bekerja, selama kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir secara terus menerus pada ………………….…..

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk memenuhi persyaratan pelamaran Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

…………., ……………………….2023

(Jabatan)

(ttd + cap stempel basah)

(Nama Pimpinan Unit Kerja/ Perangkat Daerah)

NIP. ………………………………

Cara Daftar PPPK 2024

Penyerahan SK PPPK di Batam (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/aww.)

 

Pendaftaran PPPK 2024 dilakukan secara online. Pelamar harus membuat akun terlebih dahulu melalui laman SSCASN. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya:

1. Buat akun melalui situs resmi SSCASN melalui https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login;

2. Pilih Buat Akun;

3. Isi data sesuai form yang diminta, meliputi:

  • Nomor Induk Kependudukan
  • Nomor Kartu Keluarga
  • Nama Lengkap sesuai KTP
  • Tempat Lahir sesuai KTP
  • Tanggal Lahir sesuai KTP
  • Kab/Kota tempat KTP diterbitkan
  • Nomor Handphone Aktif
  • Email Aktif

4. Setelah akun selesai dibuat, Anda akan mendapatkan informasi pembuatan akun pada email yang telah terdaftar.

Setelah melalui tahap pendaftaran, Pelamar akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi kompetensi yang menguji kompetensi pelamar. Seleksi materi kompetensi meliputi kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan wawancara.

Demikian ulangan lengkap mengenai format surat keterangan kerja PPPK 2024 beserta contohnya.