Sinopsis Northern Limit Line: Kisah Nyata Perjuangan Tentara Korea Selatan

Bilibili.tv
Sinopsis Northern Limit Line
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
10/10/2024, 08.29 WIB

Sinopsis Northern Limit Line menceritakan kisah nyata, perjuangan tentara Korea Selatan. Filmnya rilis pada tahun 2015, disutradarai oleh Kim Hak Soon. Film ini menghadirkan kisah dramatis dari pertempuran laut yang nyata, antara Korea Utara dengan Korea Selatan pada tahun 2002.

Dalam film Korea tersebut diceritakan, saat kapal sedang melakukan patroli, mereka menangkap beberapa mata-mata dari Korea Utara. Mata-mata tersebut menyamar sebagai nelayan yang tersesat, dan akhirnya ditangkap.

Film Northern Limit Line menggambarkan detik-detik pertempuran yang menewaskan 6 orang prajurit muda Korea Selatan yang bertugas menjaga kedaulatan negara mereka. Film itu mengungkapkan, insiden yang terjadi pada 29 Juni 2002, ketika dua kapal Korea Utara yang berada di Laut Kuning melintasi NLL (Northern Limit Line), garis batas imajiner yang memisahkan wilayah laut kedua Korea.

Sinopsis Northern Limit Line

Sinopsis Northern Limit Line (inikpop.com)

Sinopsis Northern Limit Line menceritakan tentang perjuangan Kapten baru kapal patrol Chamsuri 357. Ia memiliki anak buah bernama Han Sang Kook, seorang nahkoda kapal yang terluka di bagian tangan kirinya. 

Suatu hari, saat melakukan patrol, mereka menangkap beberapa mata-mata dari Korea Utara yang menyamar menjadi nelayan yang tengah tersesat. Namun, Kapten Yoon Young Ha beranggapan bahwa mereka hanya seorang nelayan, dan harus dilepaskan.

Sementara, Han Sang Kook beranggapan bahwa mereka bukan nelayan. Setelah insiden itu, saat kapal mereka sedang melakukan patroli tiba-tiba kapal dari Korea Utara yang dikendarai oleh seorang mata-mata lewat persis di depan mereka.

Para penjaga laut Korea Selatan yang sedang berpatroli di kapal Chamsuri 357 berusaha melakukan komunikasi, dan memperingatkan tentang pelanggaran batas yang dilakukan oleh dua kapal Korea Utara tersebut.

Sayangnya peringatan itu tidak digubris, kapal Korea Utara yang menyebrangi wilayah Korea Selatan itu mendadak melancarkan serangan terhadap mereka. Menghadapi serangan mendadak itu, Chamsuri 357 berusaha bertahan, dan sebisa mungkin melawan.

Sayangnya pertarungan tidak seimbang tersebut akhirnya memakan korban jiwa. Selain karam, Chamsuri 357 juga kehilangan para awak. Tercatat, 6 prajurit pemberani menjadi korban, dan 18 di antaranya mengalami luka-luka.
Han Sang Kook tidak dapat mengendalikan kapal, sehingga saling bersenggolan, dan menyebabkan satu anak buah kapal terjatuh di laut, hingga hampir kehilangan nyawanya.

Kapal Chamsuri 357 mendapatkan serangan kapal perang Korea Utara dari jarak dekat. Kapten Yoon Young Ha bersama pasukannya mati-matian untuk menahan serangan musuh, dan bertahan hidup. Bagaimana kelanjutan sinopsis Northern Limit Line? Langsung saja saksikan filmnya.

Daftar Pemain Northern Limit Line

Berikut daftar pemain Northern Limit Line:

• Kim Moo-Yul berperan sebagai Kapten Yoon Young-Ha
• Lee Wan berperan sebagai Lee Hee-Wan
• Lee Chung-Ah berperan sebagai Kapten Choi
• Chun Min-Hee berperan sebagai Ji-Sun
• Jin Goo berperan sebagai Han Sang-Kook
• Lee Hyun-Woo berperan sebagai Park Dong-Hyeok
• Kim Hee-Jung berperan sebagai Ibu Park Dong-Hyeok