Hari Kesehatan mental Sedunia 2024: Sejarah, Tema, dan Ucapan untuk Memeriahkan

Freepik
Hari Kesehatan mental Sedunia 2024
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
10/10/2024, 10.44 WIB

Hari Kesehatan mental Sedunia diperingati pada 10 Oktober setiap tahunnya. Tujuan peringatan Hari Kesehatan mental Sedunia atau World Mental Health Day 2024 untuk menyoroti kesehatan mental di seluruh dunia, meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan mental serta sebagai upaya mendukung mereka yang mengalami masalah kesehatan mental.

Pada 2024, Hari Kesehatan Mental ke-75 diperingati hari ini atau Kamis (10/10/2024). Untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024, berikut sejarah, tema, dan cara memeriahkanya.

Sejarah Hari Kesehatan mental Sedunia 2024

Ucapan Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 (Freepik)

 

Dikutip dari laman National Today, Hari Kesehatan Mental Sedunia diciptakan pada tahun 1992. Hari tersebut dicetuskan oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental Health) yang dipimpin oleh wakil sekretaris jenderal saat itu, Richard Hunter.

Namun, peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia baru dimulai pada tahun 1994. Selama tiga tahun pertama sampai tahun 1995, ada siaran televisi di seluruh dunia yang menyampaikan pesan kepada masyarakat soal kesehatan mental.

Sejak saat itu, Hari Kesehatan Mental Sedunia secara resmi diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada 10 Oktober. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global tentang kesehatan mental melalui kerja sama dalam mengambil tindakan dan menciptakan perubahan berkelanjutan.

Tema Hari Kesehatan mental Sedunia 2024

Menurut situs WHO, Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 mengangkat tema "Mental Health at Work" atau "Kesehatan Mental di Tempat Kerja". Pada Hari Kesehatan Mental Sedunia ini, WHO bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyoroti hubungan penting antara kesehatan mental dan pekerjaan.

Lingkungan kerja yang aman dan sehat dapat berperan sebagai faktor pelindung bagi kesehatan mental. Namun, kondisi kerja yang buruk dapat membahayakan kesehatan mental, mengurangi kepuasan kerja, dan produktivitas.

Kondisi yang tidak sehat termasuk stigma, diskriminasi, dan risiko, seperti pelecehan dan kondisi kerja buruk lainnya, dapat menimbulkan risiko signifikan yang memengaruhi kesehatan mental, kualitas hidup secara keseluruhan hingga partisipasi atau produktivitas di tempat kerja. Setidaknya 60% populasi global bekerja, tindakan mendesak diperlukan untuk mencegah risiko terhadap kesehatan mental, melindungi serta mendukung kesehatan mental di tempat kerja.

Penting bagi pemerintah, pengusaha, organisasi yang mewakili pekerja dan pengusaha, serta pemangku kepentingan lain yang bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan pekerja untuk bekerja sama guna meningkatkan kesehatan mental di tempat kerja. Tindakan untuk mengatasi kesehatan mental di tempat kerja harus dilakukan dengan melibatkan pekerja dan perwakilan mereka, serta orang-orang yang memiliki pengalaman langsung dengan kondisi kesehatan mental.

Ucapan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024

Ucapan Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 (Freepik)

 

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperingati hari istimewa ini, salah satunya dengan membagikan ucapan selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024. Berikut contoh ucapan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 yang dapat menjadi ide dan inspirasi.

  • "Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia. Ingatlah, kamu berhak bahagia."
  • "Bersikap baik pada diri sendiri, sebagaimana kamu bersikap baik pada orang lain."
  • "Jangan lupa untuk beristirahat, ya. Kesehatan mentalmu adalah prioritas."
  • "Sayangi dirimu dan hidupnya pikiran yang tenang bisa kamu berikan untuk dirimu sendiri."
  • "Cintai dirimu sendiri karena kamu layak mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan."
  • "Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia, ya. Memilih dirimu sendiri bukanlah tindakan egois, melainkan bentuk cinta yang tulus."
  • "Di Hari Kesehatan Mental Sedunia ini, ingatlah bahwa bekerja boleh saja, tapi jangan terlalu keras sampai lupa istirahat."
  • "Istirahat adalah bagian penting dari kesehatan mental yang baik."
  • "Tidak apa-apa untuk berhenti sejenak, dirimu juga butuh istirahat."
  • "Dirimu adalah orang pertama yang harus kamu sayangi, sebelum kamu menyayangi orang lain."
  • "Setiap langkah kecil untuk merawat diri adalah langkah besar menuju kesehatan mental yang lebih baik."
  • "Istirahat bukan berarti berhenti, tapi memberi ruang untuk diri sendiri tumbuh lebih kuat."
  • "Sebelum kamu bisa mencintai orang lain, pastikan kamu telah mencintai dirimu sendiri."
  • "Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia. Ingat, memberi jeda pada diri sendiri adalah bentuk cinta dan perhatian."
  • "Seperti tubuh, pikiran juga butuh istirahat untuk tetap sehat dan seimbang."

Demikian ulasan lengkap mengenai Hari Kesehatan Mental Seduani 2024 beserta sejarah, tema, dan ucapan untuk memeriahkan momen ini.