Pada Senin (28/10/2024), seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang telah memasuki tahun ke-96. Peringatan ini sendiri merupakan momen bersejarah untuk kembali menegaskan komitmen para pemuda untuk bersatu dalam keberagaman demi mencapai cita-cita kemerdekaan. 

Untuk peringatan tahun 2024 ini, Kemenpora mengusung tema "Maju Bersama Indonesia Raya" yang mengandung pesan kuat tentang sinergi dan kolaborasi.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda biasanya diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya yaitu lomba pembacaan pidato termasuk di tingkat SD dengan tujuan menambah semangat siswa sebagai generasi penerus bangsa.

Berikut di bawah ini kumpulan contoh pidato sumpah pemuda singkat yang mudah dihafal oleh anak SD bila tertarik untuk mengikuti lomba tersebut.

Contoh Pidato Sumpah Pemuda Singkat untuk Anak SD

Berikut ini lima contoh pidato singkat dari berbagai sumber yang mudah dihafal oleh anak SD bila tertartik untuk mengikuti lomba dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Contoh Pidato Sumpah Pemuda Singkat untuk Anak SD (Freepik)

Contoh Pidato 1

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi, teman-teman dan bapak/ibu guru.

Hari ini, saya ingin mengajak kalian semua untuk merenungkan tanggung jawab kita sebagai generasi muda. Sumpah Pemuda mengingatkan kita bahwa kita adalah penerus cita-cita bangsa.

Kita harus belajar dengan giat dan berperilaku baik agar bisa menjadi pemimpin yang hebat di masa depan. Mari kita tunjukkan bahwa kita bisa berkontribusi untuk negara ini dengan cara yang positif.

Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato 2

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Hari ini, kita berkumpul dalam semangat kebersamaan dan tekad yang sama, mengenang momen bersejarah Sumpah Pemuda. Di hari ini, puluhan ribu pemuda dari berbagai suku, agama, dan budaya bersatu untuk meraih cita-cita luhur: Satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air, Indonesia.

Sumpah Pemuda mengajarkan kita arti penting persatuan dan kesatuan. Kita harus menghargai keberagaman, membangun toleransi, dan menghormati perbedaan. Mari bersama-sama memperkuat fondasi kebangsaan dengan semangat persatuan yang kukuh agar Indonesia terus bersinar di kancah dunia.

Marilah kita bersatu padu, bekerja keras, dan saling mendukung untuk mencapai impian bersama: Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya.

Terima kasih. Sumpah Pemuda, hidup! Indonesia, maju!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato 3

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi, teman-teman dan bapak/ibu guru.

Hari ini, saya ingin mengajak kalian semua untuk menghargai sejarah bangsa kita melalui Sumpah Pemuda. Para pemuda yang berjuang pada tahun 1928 telah memberikan teladan bagi kita semua.

Dengan mengenal sejarah, kita bisa memahami perjuangan mereka dan menjadikannya inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita jaga semangat perjuangan mereka dengan cara berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa.

Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Contoh Pidato 4

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat bapak kepala sekolah
Yang kami hormati bapak/ ibu guru
Dan juga rekan-rekan yang saya banggakan dan saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan nikmat serta karunianya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul pada acara ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Kedua kalinya salawat serta salam marilah kita haturkan kepada nabi kita Muhammad SAW yang telah mengubah jaman Jahiliah menuju jaman Islamiah dan semoga kita mendapatkan syafatnya di yaumul akhir anti. Amin.

Ini merupakan hari yang sangat berkessan untuk kita semua.

Alhamdulillah kita dapat berkumpul bersama di hari Sumpah Pemuda ini dengan semangat yang sangat luar biasa.

Peringatan Sumpah Pemuda merupakan dimana kita harus mengingat sejarah kembali, mengingat apa yang telah para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa ini, bangsa Indonesia.

Semangat muda yang selalu membara untuk membela dan memperjuangkan bangsa Indonesia adalah perbuatan yang mulia.

Para pemuda selalu memikirkan bangsanya dan selalu berjuang untuk bangsanya.

Patut kita tiru dan patut kita lanjutkan perjuangan yang telah dilakukan oleh kaum muda pada masa lalu.

Semangat belajar dalam meraih cita-cita, semangat dalam meraih mimpi dan semangat dalam bekerja.

Tanpa bermalas-malasan dan selalu tanamkan untuk berbuat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Semangat muda semangat untuk berkarya dan bekerja.

Mari kita semangat bersama untuk Indonesia. Semangat Muda! salam pemuda!

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan perkataan maupun perbuatan saya minta maaf yang sebasar-besarnya.

Terima kasih atas perhatiannya. Wassalamualaikum Wr. Wb

Contoh Pidato 5

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudara-saudara yang terkasih,

Hari ini, kita berkumpul untuk merayakan momen bersejarah dalam perjalanan bangsa ini, yakni Sumpah Pemuda. Ingatlah, pada saat itu, para pemuda dengan semangat dan tekad yang tak kenal lelah bersatu untuk menyuarakan cita-cita besar: Satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air, Indonesia.

Sumpah Pemuda mengajarkan kita pentingnya persatuan dan kesatuan. Kita percaya bahwa keberagaman adalah kekuatan, bukan kelemahan. Mari kita hargai perbedaan, dan dari sinilah kekuatan sejati bangsa ini berasal. Kita harus melupakan perbedaan-perbedaan yang memecah belah, dan bersama-sama membangun Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Di tangan kita saat ini, terletak tanggung jawab besar untuk meneruskan perjuangan para pendahulu kita. Marilah kita jaga semangat Sumpah Pemuda, dengan saling menghormati dan bekerja bersama demi masa depan yang lebih baik. Mari kita tinggalkan perpecahan dan bersatu padu karena dalam persatuan kita menemukan kekuatan.

Terima kasih. Mari kita bersama-sama menjaga semangat Sumpah Pemuda, membangun negeri ini, dan meraih cita-cita bersama. Sumpah Pemuda, merdeka! Terima kasih, Indonesia maju!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah lima contoh pidato Sumpah Pemuda singkat untuk anak SD yang mudah dihafal bila tertarik mengikuti lomba pembacaan pidato untuk memperingati hari bersejarah ini.