InJourney dan ITDC Berikan Pelatihan Hospitality di KEK Mandalika

InJourney
Program ini diperuntukkan bagi masyarakat Desa Penyangga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Penulis: Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
28/7/2023, 17.19 WIB

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung bersama anak perusahaannya PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berkolaborasi dalam menggelar InJourney Hospitality House (IHH) Batch I.

Program ini diperuntukkan bagi masyarakat Desa Penyangga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Program IHH Batch I digelar selama 3 (tiga) hari sejak Senin (24/7) hingga Rabu (26/7) dengan diikuti oleh 55 orang pemuda dari 18 Desa di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB. 

Pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan secara rutin setiap bulannya hingga bulan Desember 2023 merupakan komitmen InJourney dan ITDC untuk terus berupaya menyemai potensi dan menghadirkan dampak positif bagi masyarakat lokal serta memperkuat pariwisata di KEK Mandalika.

"InJourney sebagai BUMN ekosistem Holding di sektor aviasi dan pariwisata di Indonesia memiliki semangat untuk membawa keramahtamahan dan keragaman budaya Indonesia kepada dunia,” kata Direktur SDM & Digital InJourney Herdy Harman, dalam keterangan tertulis, Jumat (28/7).

Program ini akan mendorong peningkatan kualitas & kompetensi SDM bagi pelaku pariwisata serta masyarakat di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) secara langsung & berkelanjutan melalui program InJourney Hospitality House.

Sementara itu, Direktur SDM & Legal Complience ITDC Wenda Ramadya Nabiel menyampaikan dukungan dengan menjadi bagian dari program kolaborasi InJourney. 

Program ini merupakan bentuk dukungan kepada masyarakat desa penyangga yang merupakan salah satu pilar penting dalam pengembangan KEK Mandalika sebagai kawasan pariwisata yang berkelanjutan.

“Dengan pelatihan yang mendalam dan berkelanjutan, diharapkan program ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pengembangan KEK Mandalika sebagai destinasi pariwisata dan pemberdayaan masyarakat lokal,” kata Wenda.

Program IHH ini memberikan beragam materi yang relevan dengan citra pariwisata yakni hospitality, termasuk komunikasi efektif, grooming & greeting, sanitasi, kebersihan diri, lingkungan, serta pelayanan yang baik kepada konsumen dan wisatawan. 

Materi-materi ini dipilih dengan cermat untuk memastikan para peserta memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada tamu dan wisatawan yang datang ke KEK Mandalika.

Pelatihan ini juga dibawakan oleh sosok inspiratif yang berasal dari masyarakat desa penyangga KEK Mandalika yaitu Sri Anom Putra Sanjaya, sebagai lulusan program Training on Trainer dari InJourney. 

Sri Anom Putra Sanjaya memiliki pengetahuan dan keahlian untuk mendukung para peserta dalam mencapai potensi terbaik mereka.

“Dengan adanya program ini, kami diberdayakan untuk menjadi duta yang mampu memberikan pelayanan unggul kepada tamu dan wisatawan yang datang ke kawasan ini,” terang Sri Anom.