9 Film Horor Hollywood Terseram, The Conjuring Sampai Hereditary

Istimewa
Film Horor Hollywood
16/8/2021, 07.00 WIB

ZIGI – Film horor Hollywood dikenal mampu membuat penontonnya bergidik ngeri. Mulai dari film The Conjuring, Anabelle Comes Home serta US pernah ramai diperbincangkan jelang penayangannya beberapa waktu lalu.

Ini tentu menjadi salah satu tanda bahwa Hollywood mampu memproduksi film-film bergenre horor terbaik. Selain sinematografinya yang mumpuni, film horor produksi Hollywood didukung dengan aspek jumpscare yang mengagetkan dalam setiap adegannya.

Nah buat yang sedang mencari referensi film horor barat, kamu sudah ada di tempat yang tepat. Di bawah ini ada sejumlah rekomendasi film horor barat yang bisa menguji keberanianmu. Simak terus ya!

1. The Conjuring (2013)

Film yang pertama adalah The Conjuring. Dirilis pada tahun 2013, film horor ini diklaim berdasarkan kisah nyata dengan mengambil latar waktu tahun 1970-an. Film ini mendapatkan rating IMDb 7,5 dari 10.

Ceritanya ada sepasang suami istri beserta lima anaknya yang menempati sebuah rumah baru di kawasan Harrisville. Sejak awal kedatangannya, mereka sudah merasakan hal-hal yang ganjil. Seperti ketika mereka melihat anjing yang mati, hingga salah satu anaknya tiba-tiba memar di sekujur tubuhnya seakan dipukul benda tumpul.

Setiap malamnya, kelima anaknya bahkan sering tidak bisa tidur nyenyak karena gangguan makhluk dari dunia lain. Lantaran tak kuat dengan gangguan itu, keluarga tersebut akhirnya meminta bantuan paranormal untuk mengusir makhluk gaib di rumahnya. 

2. Get Out (2017)

Film Get Out menceritakan tentang perjalanan cinta Chris Washington, seorang fotografer kulit hitam dengan kekasihnya Rose Armitage yang berkulit putih. Hubungan mereka semula baik-baik saja sebelum sederet kejadian membingungkan terjadi.

Rose suatu ketika mengajak Chris ke rumah orang tuanya di sebuah tempat yang terpencil. Walau sedikit ragu, Chris akhirnya menuruti kemauan Rose untuk bertemu calon mertuanya. Tapi siapa sangka, Chris mengalami hal-hal aneh yang tidak pernah ia alami sebelumnya saat sampai di rumah orang tua Rose.

Film ini dinilai lain dari film-film horor Hollywood pada umumnya. Sebab, aspek jumpscare dalam Get Out tidak terlalu mendominasi. Suasana horor lebih dominan pada jalan cerita yang membingungkan namun menyeramkan. Film Get Out mendapatkan rating 7,7 dari 10 di situs IMDb.

3. Hereditary (2018)

Hereditary mengisahkan tentang seorang ibu yang memiliki segudang rahasia. Ia hidup bersama suami dan dua orang anaknya. Hidupnya semula biasa-biasa saja sampai akhirnya mendadak dipenuhi teror semenjak orang tuanya meninggal dunia.

Sementara itu, dua orang anaknya yang memiliki perbedaan kepribadian juga tak lepas dari teror tersebut. Setiap harinya, rumah tangga itu selalu diselimuti teror yang membuat sang ibu berusaha keras memecahkannya.

Usut punya usut, teror tersebut datang dari warisan nenek moyangnya di masa lalu. Bukannya terlepas dari teror, keluarga tersebut justru semakin ketakutan dan marabahaya yang datang malah lebih besar. Film ini mendapatkan rating 7,3 dari 10 di situs IMDb.

4. Annabelle Comes Home (2019)

Rekomendasi film horor Hollywood yang satu ini cukup fenomenal. Annabelle Comes Home bercerita tentang sebuah boneka yang mengandung kekuatan jahat nan mengerikan. Boneka Annabelle kemudian diamankan oleh pasangan suami istri Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) di sebuah ruang yang dipenuhi benda-benda misterius. Dalam ruangan itu, Annabelle diletakkan di sebuah lemari kaca yang sudah diberkati oleh pendeta.

Tapi karena suatu hal, lemari kaca tersebut terbuka sehingga boneka Annabelle mampu mengeluarkan terornya. Annabelle bisa membangunkan benda-benda misterius di sekitarnya hingga membuat teror semakin mengerikan.

Teror Annabelle menyasar anak dari pasangan suami istri tersebut bernama Judy Warren (Mckenna Grace). Film ini disutradarai dan ditulis skenarionya oleh Gary Dauberman. Film yang rilis tahun 2019 ini mendapatkan rating 5,9 dari 10 di situs IMDb.

5. US (2019)

Masih di tahun 2019, film horor US mampu membuat penontonnya merasa ketakutan. Film ini menceritakan sebuah keluarga kecil yang sedang berlibur di suatu pantai. Di pantai itu, mereka menginap di sebuah rumah yang ternyata menyimpan energi buruk. Sekelompok orang dengan wajah yang mirip dengan keluarga tersebut datang meneror saat malam tiba.

Hantu-hantu itu pun semakin membuat mereka tak tenang. Setelah ditelusuri, teror itu ternyata terkait dengan trauma sang tokoh utama, film US kemudian menceritakan apa yang selama ini dipendam kepada suaminya. Film US berhasil mendapatkan piala African-American Film Critics Association 2019 dengan kategori Best Film.

5. Gretel & Hansel (2020)

Cerita dalam film Gretel & Hansel dimulai ketika Gretel (Sophia Lillis), seorang gadis berusia 16 tahun, mengajak adik laki-lakinya Hansel (Samuel Leakey) ke sebuah hutan. Keduanya pergi ke hutan itu dengan tujuan untuk mencari makanan dan bekerja demi membantu orang tua.

Singkat cerita, mereka bertemu dengan penyihir yang suka memakan anak-anak. Bisakah Hansel dan Gretel keluar dari hutan dan teror tersebut? Film ini digarap oleh sutradara dan penulis skenario Oz Perkins. Film ini diangkat berdasarkan cerita rakyat Jerman Hansel and Gretel.

6. The Turning (2020)

Film selanjutnya diadaptasi dari novel horor The Turn of the Screw karya Henry James yang terbit tahun 1989. Film The Turning bercerita tentang Kate Mandell seorang pengasuh muda yang memiliki tanggung jawab terhadap dua orang anak bernama Miles dan Flora.

Kate yang kemudian tinggal di rumah Miles dan Flora, berkeliling ke tempat tinggal dua anak tersebut. Sampai suatu ketika, Kate, Miles dan Flora berjalan menuju ke sebuah koridor tua yang sangat gelap. Dari koridor tua itulah berbagai keanehan terjadi di rumah tersebut. Kate yang merupakan orang baru di rumah itu akhirnya sadar bahwa Miles dan Flora adalah bocah yang mempunyai banyak misteri.

7. The Invisible Man (2020)

Film yang ditulis dan disutradarai Leigh Whannell ini tidak boleh kamu lewatkan. The Invisible Man bercerita tentang Cecilia Kass (Elisabeth Moss) yang terjebak dalam toxic relationship dengan kekasihnya, Adrian (Oliver Jackson Cohen).

Suatu ketika, Cecilia berhasil lari dari Adrian yang sebelumnya sering menyiksanya. Sampai akhirnya, Cecilia mendengar kabar bahwa Adrian telah tewas sehingga ia pun bahagia.

Alih-alih lepas dari siksaan Adrian, Cecilia justru mendapat teror baru. Ia kerap didatangi dan diganggu oleh sesosok makhluk tak kasat mata. Benarkah itu Adrian yang berubah wujud?

8. The Vigil (2021)

Film horor yang satu ini menjadi karya debut dari Keith Thomas sebagai seorang sutradara dan penulis skenario. Sebagai karya pertama, tentu film ini patut untuk kamu tonton karena berhasil mendapatkan penghasilan hingga US$ 1,8 juta atau sekitar Rp28 miliar.

Film yang rilis pada tahun 2021 ini, bercerita tentang seorang pria muda yang ditugaskan untuk mengawasi anggota almarhum bekas komunitas Yahudi Ortodoks. Sayangnya, ia malah menjadi sasaran kekuatan jahat yang dikenal dengan sebutan Mazzik. The Vigil dibintangi oleh sederet nama beken seperti Dave Davis, Menashe Lustig, Fred Melamed, Malky Goldman, Nati Rabinowitz dan Lynn Cohen.

9. Wrong Turn (2021)

Rekomendasi film horor Hollywood yang terakhir adalah Wrong Turn. Film reboot dari serial film Wrong Turn ini disutradarai oleh Mike P. Nelson dan ditulis oleh Alan McElroy.

Ceritanya, ada sekelompok orang sedang melakukan suatu perjalanan. Tapi, perjalanan tersebut tidak berjalan mulus seperti apa yang mereka harapkan. Sebaliknya, sekelompok orang itu selalu mengalami kejadian-kejadian sial dan apes. Sampai kemudian mereka bertemu keluarga kanibal yang masing-masing memiliki kekurangan fisik.

Itu dia sembilan film horor Hollywood terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Dari film The Conjuring, Hereditary hingga Wrong Turn adakah yang sudah kamu tonton?