7 Film Horor Jepang Terbaik, Ju-On Sampai Diadaptasi Hollywood

Berbagai Sumber
One Missed Call - Ju-On
5/5/2021, 10.10 WIB

ZIGI – Selain anime, film horor Jepang juga banyak digemari. Jepang pun dianggap salah satu negara yang berhasil memproduksi film horor yang super menakutkan. Bahkan tidak sedikit membuat penontonnya terngiang-ngiang setelah menontonnya.

Meskipun film horor dianggap sebagian orang bisa merusak kejiwaan, tapi untuk kamu yang menyukainya, film horor bisa memunculkan sensasi yang menyenangkan dan ketagihan untuk terus menyaksikannya. Kali ini, Zigi.id sudah merangkum tujuh film horor Jepang terbaik dan dianggap yang paling menakutkan.

1. The Ring

Sumber foto: The Cinemaholic

The Ring menceritakan tentang sebuah video berisi cerita kutukan yang membuat dua remaja dari Tokyo meninggal dunia setelah menontonnya. Siapapun yang menonton kaset itu ternyata akan meninggal dalam waktu tujuh hari. 

Film yang pertama kali diproduksi pada 1998 ini menjadi trendsetter film bergenre horor lainnya. Adegan di mana hantu Samara keluar dari dalam televisi menjadi sangat fenomenal. The Ring ini bahkan sampai dibuat beberapa sekuel dan diadaptasi versi Hollywood dengan judul yang sama. 

2. Sadako VS Kayako

Sumber foto: ScreenRant

Hantu-hantu pendendam dari film The Ring dan The Grudge, yakni Sadako dan Kayako tentu sudah tidak asing lagi. Banyak yang bertanya-tanya siapa yang paling kuat diantara mereka. Dalam film yang rilis pada 2016 ini, Sadako dan Kayako yakni roh yang tinggal di rumah berhantu, diceritakan mengincar orang yang sama yakni Natsumi.

Dia menyadari akan segera dibunuh Sadako karena menonton video kaset terkutuk. Natsumi pun mempunyai ide untuk menyelamatkan diri dengan mengadu domba Sadako dan Kayako. Di akan membuat dua hantu itu mengutuk dirinya dan dengan begitu, Sadako dan Kayako akan saling membunuh dan mengakhiri kutukannya. Berhasil enggak ya idenya?

3. One Missed Call

Sumber foto: IMDb

Film One Missed Call mengisahkan tentang pesan berupa voice mail dengan suara menakutkan yang diterima seseorang dari nomor teleponnya sendiri. Tapi anehnya pesan itu sudah dikirim dua hari setelahnya. Ternyata, dua hari kemudian orang yang menerima pesan itu ditemukan tewas.

Kejadian ini pun terulang dan dialami beberapa orang lainnya yang ada di Jepang. One Missed Call terbilang sebagai film horor Jepang yang susah dilupakan penontonnya. Terbukti, film yang pertama kali dibuat pada 2003 ini dibuat sekuel beberapa kali dengan judul yang sama. Hingga film terakhirnya berjudul One Missed Call Final dirilis pada tahun 2006.

4. Noroi

Sumber foto: ScreenRant

Film horor yang dirilis pada 2005 ini, menceritakan tentang wartawan yang memang sudah sejak lama mengangkat kisah supranatural. Dia akan mendatangi klien yang sering diganggu hal berbau mistis. Wartawan itu akan merekam hal-hal aneh yang dialaminya. 

Noroi: The Curse ini dibuat begitu nyata dan sangat menyeramkan. Walaupun hantunya tidak sering muncul, menariknya Noroi diimbangi dengan aksi sang wartawan yang bergaya layaknya detektif. Mampu enggak ya dia memecahkan kisah supranatural itu?

5. Ju-On

Sumber foto: ScreenRant

Ju-On pertama kali tayang pada 2000 silam. Sama seperti One Missed Call, film horor Ju-On juga dibuat beberapa sekuel, seperti Ju-On: The Curse 2 yang dirilis di tahun yang sama dengan film pertamanya. Kemudian ada film Ju-On: Beginning of the End (2014) sampai Ju-On: The Final (2015).

Film ini mengisahkan tentang kutukan yang bermula saat buku harian Kayako dibaca oleh Takeo, suaminya. Saat itu, Takeo berpikir Kayako berselingkuh dan mulai menyiksanya dengan sadis sampai meninggal dunia. Parahnya, dia membiarkan mayatnya di loteng rumah mereka. Selain Kayako, Takeo juga melampiaskan kemarahannya pada anak mereka, Toshio.

Ju-On ini sangat populer. Bahkan saking populernya, film tentang hantu Toshio ini juga diadaptasi ke versi Hollywood dengan judul The Grudge. Pada Juli 2020 lalu, kisah Toshio dalam film Ju-On juga ditayangkan dalam bentuk serial dengan judul Ju-On: Origins di Netflix.

6. Dark Water

Sumber foto: ScreenRant

Dark Water merupakan film horor Jepang lainnya yang tidak kalah menegangkan. Film ini dirilis pada 2002. Film Dark Water menceritakan tentang kehidupan seorang ibu dan anaknya yang masih TK. Di balik ceritanya yang menakutkan, ada kisah yang menyentuh hati. Sang ibu bernama Yoshimi dikisahkan berjuang untuk mendapatkan hak asuh anaknya, Ikuko dengan memasukkannya ke TK bergengsi.

Tapi suatu hari, dia menemukan anaknya hilang di apartemen kosong yang dipenuhi air sampai sebatas lutut. Apartemen kosong itu ternyata angker dan dihuni oleh hantu gadis kecil. Hantu itu menjadi korban yang ditinggal orangtuanya. Sedihnya, hantu gadis kecil tersebut tidak mau melepaskan Yoshimi. Akankah, Yoshimi membiarkan hantu itu tinggal bersamanya dan anaknya?

7. Suicide Club 

Sumber foto: Four Three Film

Dari awal pembuka filmnya, Suicide Club sudah menampilkan adegan yang cukup mengerikan. Di mana, ada 54 orang siswa yang berpegangan tangan dan bunuh diri massal dengan cara melemparkan diri mereka ke kereta yang sedang berjalan. 

Jepang memang sempat memiliki gelombang kasus bunuh diri. Film itu pun menjadi kritik dan pengingat untuk warga Jepang. Di sana, pihak kepolisian berusaha untuk mencari tahu penyebab tingkah aneh anak-anak tersebut. Lantas apa sebenarnya yang terjadi pada anak-anak sekolah itu? Coba kamu tonton deh.

Itu tadi tujuh rekomendasi film horor Jepang terbaik yang bisa kamu tonton. Selamat menonton!