ZIGI – Film The Conjuring: The Devil Made Me Do It berhasil menggeser A Quiet Place Part II dalam daftar film box office pada akhir pekan awal Juni ini. Film The Conjuring 3 garapan Warner Bros tersebut tayang perdana di bioskop Tanah Air sejak Rabu, 2 Juni 2021.

Berkat hal ini, serial Conjuring yang mencakup film The Nun, Annabelle dan The Curse of La Llorona telah melampaui US$1,8 miliar atau sekitar Rp25,6 triliun secara global dan menjadikannya waralaba horor terbesar di box office. Yuk simak artikelnya!

Film The Conjuring 3 Kalahkan A Quiet Place Part II

Film The Conjuring: The Devil Made Me Do It memperoleh US$24 juta atau sekitar Rp342 miliar dari 3.102 bioskop menurut perkiraan studio pada Minggu, 6 Juni 2021. Hal ini membuat film The Conjuring 3 berada di puncak box office sejak akhir pekan kemarin dan menempatkan film A Quiet Place Part II di posisi kedua dengan US$ 20 juta atau sekitar Rp285 miliar.

Meski begitu, film horor yang dibintangi Vera Farmiga dan Patrick Wilson ini tidak mampu mengalahkan rekor A Quiet Place 2 untuk pembukaan terbaik selama era pandemi dengan US$48 juta atau Rp684 miliar. 

Film yang disutradarai oleh John Krasinski ini menjadi film tercepat yang menembus angka US$100 juta atau Rp1,4 triliun di Amerika Utara sejak pandemi Covid-19 melanda. Diketahui bahwa film Godzilla vs. Kong yang rilis pada 24 Maret 2021 menghasilkan US$98 juta atau sekitar Rp1,3 triliun selama lebih dari dua bulan penayangannya.

Film The Conjuring: The Devil Made Me Do It masih menceritakan Patrick Wilson dan Vera Farmiga sebagai penyelidik paranormal bernama Ed dan Lorraine Warren yang bergulat dengan kerasukan setan dan kutukan setan. The Conjuring 3 bahkan mengalahkan pembukaan film Annabelle terakhir, yang memulai debutnya sebesar US$20 juta atau sekitar Rp285 miliar pada Juni 2019. Performa film horor semakin mengesankan mengingat tersedia juga film The Conjuring 3 tanpa biaya tambahan untuk pelanggan HBO Max.

Daftar Film Box Office


Sumber foto: sidomexentertainment.com

Presiden distribusi domestik Warners, Jeff Goldstein mengatakan bahwa pemulihan box office semakin kuat. Ditambah lagi, akan hadir beberapa film ternama seperti Fast & Furios 9 hingga Black Widow.

“Dengan semakin banyak film yang kembali ke layar lebar dan kapasitas bioskop yang terus meningkat, pasar meningkat dan itu berarti lanskap menjadi kompetitif lagi, yang merupakan pertanda bagus dari hal-hal yang akan datang di koridor musim panas dan musim gugur,” ujar Jeff Goldstein dikutip Zigi.id dari Hollywood Reporter pada Senin, 7 Juni 2021.

Di posisi ketiga, ada film Cruella dari Disney yang turun 48 persen menjadi US$ 11,2 juta atau sekitar Rp159 miliar di akhir pekan keduanya. Setelah Cruella, ada film Spirit Untamed dengan meraup US$ 6,2 juta atu sekitar Rp88 miliar. Sedangkan film Raya and The Last Dragon yang rilis pada 3 Maret 2021 berada di posisi kelima dengan menghasilkan US$1,3 juta atau sekitar Rp18 miliar.

Film The Wrath of Man yang rilis pada 5 Mei 2021 juga ada diposisi keenam dengan meraup Rp18 miliar. Posisi berikutnya ada SpiralGodzilla vs. Kong, Demon Slayer the Movie: Mugen Train dan
Dream Horse. Film The Conjuring 3 atau The Conjuring: The Devil Made Me Do It dan A Quiet Place Part II masih bisa disaksikan di jaringan bioskop XXI dan CGV Indonesia.