Mahfud MD Analisa Hukuman Pembunuh Roy di Sinetron Ikatan Cinta

Berbagai Sumber
Ikatan Cinta
16/7/2021, 11.12 WIB

ZIGI – Sinetron Ikatan Cinta menjadi salah sinetron populer, yang berhasil merebut perhatian masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Termasuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang ketagihan menonton sinetron Amanda Manopo dan Arya Saloka ini.

Menonton sinetron Ikatan Cinta menjadi salah satu kegiatannya dalam mengisi waktu luang saat PPKM darurat. Hal tersebut disampaikan Mahfud, lewat akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd

"PPKM memberi kesempatan kepada saya nonton serial sinetron Ikatan Cinta. Asyik juga sih, meski agak muter-muter," tulis Menkopohulkam Mahfud MD, pada Kamis, 15 Juli 2021. 

Analisis cerita Ikatan Cinta

Sebagai Menkopohulkam, Mahfud MD menganalisis bagian isi cerita tentang hukuman terkait kasus pembunuhan tokoh Roy. Ia mengkritik cerita menggunakan logika hukum, yang dipakai penulis dalam cerita sinetron tersebut. Menurut Mahfud MD, cerita Ikatan Cinta tidak sesuai dengan ketentuan hukum pidana yang berlaku. 

"Tapi pemahaman hukum penulis cerita kurang pas. Sarah yang mengaku dan minta dihukum karena membunuh Roy langsung ditahan. Padahal pengakuan dalam hukum pidana itu bukan bukti yang kuat," tambahnya. 

Dalam hukum pidana yang berlaku, tidak sembarang orang yang mengaku sebagai penjahat akan langsung mendekam di penjara. Kenyataannya seseorang harus memiliki alat bukti yang kuat. Dalam cerita tersebut, sosok Sarah bukanlah pelaku sesungguhnya yang membunuh tokoh Roy.

"Pembunuh Roy adalah Elsa. Sarah, ibu Elsa, mengaku sebagai pembunuhnya dan minta dihukum demi melindungi Elsa," tutur Mahfud MD. 

Jika hal tersebut terjadi dalam dunia nyata, maka semakin maraknya pelaku kejahatan. Banyak pelaku kejahatan yang rela membayar orang lain sebagai kambing hitam, untuk menutupi kesalahan yang diperbuat. Sementara pelaku kejahatan sesungguhnya, tidak akan mendapatkan hukuman yang setimpal.

"Lah, dalam hukum pidana tak sembarang orang mengaku lalu ditahan. Kalau begitu nanti banyak orang berbuat jahat lalu menyuruh (membayar) orang untuk mengaku sehingga pelaku yang sebenarnya bebas," ujarnya.

Rating Sinetron Ikatan Cinta

Ikatan Cinta merupakan sinetron Indonesia yang diproduksi oleh MNC Pictures, yang ditayangkan secara perdana pada 19 Oktober 2020. Sinetron ini tayang setiap hari, pukul 19.30 WIB di RCTI sejak 19 Oktober 2020.

Dibintangi Arya Saloka sebagai Aldebran, Amanda Manopo sebagai Andin, Glenca Chysara sebagai Elsa, Evan Sanders sebagai Nino, Natasha Dewanti sebagai Sarah, Fiki Alman sebgai Royano, dan beberapa pemain lainnya. 

Sinetron Ikatan Cinta berhasil memcahkan rekor rating sinetron tertinggi di Indonesia dengan audience share 54,3% (per Juni 2021). Sederet penghargaan pun diterima dari Kemenko Perekonomian, Kemenparekraf, dan Rekor Muri.