Alasan Gojo Satoru Pakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen

Mappa
Gojou Satoru
Penulis: Maria Margaretha
22/7/2021, 14.45 WIB

ZIGI – Gojo Satoru adalah karakter penyihir terkuat dalam manga Jujutsu Kaisen karangan Gege Akutami. Penampilannya terlihat khas dengan rambut putih dan penutup mata hitam.

Popularitas Gojo Satoru bahkan menyaingi karakter utama, Yuji Itadori dalam berbagai polling salah satunya Viz. Selain memiliki kekuatan besar melebihi Ryomen Sukuna, karakteristik Gojo Satoru yang ‘ugal-ugalan’ juga menjadi daya tarik.

Kamu pasti penasaran alasan Gojo Satoru memakai penutup mata. Padahal, guru dari sekolah Jujutsu High ini terlahir dengan Rikugan (Six Eyes) yang membuatnya mampu menguasai teknik kutukan Limitless secara optimal.

Dalam sebuah kesempatan, Gege Akutami menjawab pertanyaan fans bagaimana Gojo Satoru melihat melalui penutup mata. Serta apa alasannya? Yuk simak jawabannya dalam artikel berikut ini!

Kekuatan mata Gojo Satoru

Gojo Satoru adalah orang pertama dari keluarganya yang menguasai Six Eyes sekaligus teknik Limitless. Karena hal ini, Gojo tidak pernah kehabisan energi kutukan dan dapat menggunakan setiap kekuatan secara efisien.

Mata berwarna biru kristal ini mampu menganalisa posisi segala objek dalam jarak berkilo-kilometer. Six Eyes juga mampu melihat secara detil aliran kutukan dalam suatu objek serta teknik kutukan yang digunakan.

Dalam anime, kekuatan mata Gojo Satoru pertama kali terlihat saat melawan Jogo di Jujutsu Kaisen episode 6 dan 7. Kemudian saat melayangkan serangan jarak jauh ke Hanami di acara sekolah Jujutsu High. 

Sementara dalam manga Jujutsu Kaisen chapter 65-79, Arc Masa Lalu Gojo, diketahui bahwa kekuatan Six Eyes bisa membuatnya kelelahan. Setelah mengalahkan Toji Fushiguro dan menguasai teknik kutukan Reverse, Gojo dapat terus mengaktifkan teknik Limitless dengan Six Eyes tanpa membuatnya kelelahan.

Mengapa Gojo Satoru pakai penutup mata?

Dalam Jujutsu Kaisen Official Fanbook, Gege Akutami menjelaskan bahwa Gojo Satoru menggunakan penutup mata agar tidak membuatnya cepat merasa lelah akibat kemampuan Six Eyes.

Gojo masih bisa melihat meski matanya tertutup dengan merasakan energi kutukan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Six Eyes mampu melihat detil energi kutukan dalam sebuah objek.

Lantas, bagaimana bila objek tersebut tidak memiliki energi kutukan? Gojo masih mampu melihat jalanan ataupun bangunan melalui aliran energi kutukan yang mengelilingi objek tersebut. 

Dilansir dari Looper, kemampuan ini sama seperti karakter Marvel, Daredevil, yang menggunakan seluruh indera untuk melawan kejahatan. 

Rahasia Kacamata Gojo Satoru

Selain menggunakan kain penutup mata, Gojo Satoru menggunakan kacamata hitam di momen yang lebih kasual. Ternyata, kacamata hitam tersebut bukan terbuat dari lensa yang tembus pandang.

“Bila dia tidak menggunakan penutup mata, hal itu akan membuatnya mudah lelah walaupun dia menggunakan teknik Reverse. Bila orang lain menggunakan kacamata Gojo, mereka tidak bisa melihat apapun selain benda hitam,” ungkap Gege Akutami dalam Jujutsu Kaisen Official Fanbook.

Sejauh ini, dalam manga Jujutsu Kaisen yang sudah mencapai chapter 153, belum pernah dijelaskan secara gamblang alasan Gojo Satoru memakai penutup mata. Tapi yang jelas, kekuatan Six Eyes yang besar mampu membuat penggunanya kelelahan bila tidak dikontrol dengan baik.