Sutradara Film The Medium Puji Joko Anwar, Ngaku Ingin Kolaborasi

Berbagai sumber
Joko Anwar dan Banjong Pisanthanakun
10/11/2021, 23.03 WIB

ZIGI – Sutradara film The Medium, Banjong Pisanthanakun mengungkapkan bahwa ia sempat terpikirkan untuk bekerja sama dengan Joko Anwar. Menurutnya, Joko Anwar juga telah membuat beberapa film horor Indonesia yang bagus.

Tak hanya itu, Banjong juga mengaku deg-degan ketika film The Medium bersaing masuk nominasi Piala Oscar 2022 dengan kategori Best International Feature Film. Yuk simak pengakuan sutradara The Medium soal kolaborasi dengan Joko Anwar!

Baca Juga: Sutradara Ungkap Kemungkinan Film The Medium 2

Sutradara The Medium Ingin Kolaborasi dengan Joko Anwar

Film The Medium meraih kesuksesan besar di Indonesia sejak ditayangkan pada 20 Oktober 2021. Di sisi lain, film horor Indonesia juga mengalami kebangkitan seperti karya-karya dari Joko Anwar yang berjudul Pengabdi Setan (2017) hingga Perempuan Tanah Jahanam (2019).

Sutradara Banjong Pisanthanakun mengungkapkan bahwa ia sudah mengenal Joko Anwar dan ingin berkolaborasi dengannya. Dia berujar bahwa jika mereka bekerja sama maka akan menghasilkan film horor dengan nuansa yang sangat kuat.

“Saya pernah ngomong-ngomong dengan Joko Anwar karena kalau misalnya kolaborasi Indonesia dengan Thailand, itu bakal buat film horor menjadi lebih strong dan hardcore. Bakal seru juga. Tapi ini masih dalam tahap pemikiran ya,” kata Banjong Pisanthanakun dalam wawancara kepada Zigi.id, Rabu, 10 November 2021.

Banjong Pisanthanakun Puji Joko Anwar

Tak hanya itu, Banjong juga rupanya pernah menonton film Indonesia berjudul Impetigore atau yang dikenal Perempuan Tanah Jahanam karya Joko Anwar. Dia bahkan memuji film horor yang dibintangi oleh Tara Basro tersebut.

“Horor Indonesia itu maju sekali. Saya teman Joko Anwar, saya juga pernah menonton film Impetigore di bioskop Thailand. Menurutku film itu bagus banget dan untuk kategori horor, Asia Tenggara masuk nomor satu di dunia,” ujar Banjong.

Kata Sutradara Soal Film The Medium Bersaing Masuk Nominasi Oscar 2022

Tak hanya itu, film The Medium juga bersaing masuk nominasi Piala Oscar 2022. Banjong mengaku deg-degan dan berharap yang terbaik untuk film garapannya.

“Saya tidak pernah melihat ada representasi dari negara manapun yang mengirimkan film jenis file footage ke ajang Oscar. Saya sempat deg-degan juga untuk hal ini. Ya, semoga ada sesuatu yang terjadi di Oscar kali ini,” ungkapnya. 

Sutradara yang juga pernah mengarahkan film Pee Mak (2013) ini merasa sudah puas dengan pencapaian film The Medium. Banjong mengatakan bahwa tidak ada sasaran lain yang diincarnya.

“Untuk goals berikutnya tidak ada karena sudah selesai untuk pekerjaan saya. Tetapi film ini ada perjalanannya sendiri untuk ke festival-festival yang akan diatur oleh pihak Korea,” sambung Banjong.

Hingga saat ini, Joko Anwar belum menanggapi terkait keinginan Banjong Pisanthanakun untuk kolaborasi membuat film horor. Terlepas dari itu, film The Medium yang dibintangi oleh Narilya Gulmongkolpech ini sempat viral di TikTok karena jalan cerita yang tak biasa.

Baca Juga: Cara Nonton Film The Medium Sub Indo, Pecahkan Rekor di Indonesia