5 Fakta dan Sinopsis Film Yuni, Bersaing Masuk Nominasi Oscar 2022

Instagram/@fourcoloursfilms
Film Yuni
9/12/2021, 13.19 WIB

ZIGI – Film Yuni akhirnya tayang di bioskop Indonesia pada hari ini Kamis, 9 Desember 2021. Film yang dibintangi Arawinda Kirana dan Kevin Ardilova ini sering disorot karena menjadi perwakilan Indonesia untuk bersaing masuk nominasi Piala Oscar 2022.

Tak hanya itu saja, film Yuni juga sempat masuk 14 nominasi Festival Film Indonesia 2021. Bahkan, Arawinda juga memenangkan penghargaan FFI 2021 dengan kategori Best Actress berkat film ini. Yuk langsung aja simak fakta menarik dan sinopsis film Yuni di bawah ini!

Baca Juga: Profil dan Biodata Arawinda Kirana, Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI

1. Sinopsis Film Yuni

Film Yuni menceritakan tentang Yuni, seorang remaja SMA yang terkenal pintar di sekolahnya. Ia memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni dunia perkuliahan. Namun, mimpinya itu terhalang oleh lingkungan sekitarnya yang masih menjunjung adat ketimuran dan memintanya untuk segera menikah setelah selesai SMA.

Suatu hari, Yuni dilamar oleh seorang laki-laki dan ia menolaknya karena bersikukuh untuk menggapai mimpinya bersekolah tinggi. Lalu, ada lagi laki-laki kedua yang melamarnya dan tetap ditolak oleh Yuni.

Rupanya, hal itu menjadi gunjingan tetangganya karena mitos mengatakan bahwa jika menolak lamaran ketiga maka akan jadi perawan tua selamanya dan tidak pernah menikah. Tak disangka, laki-laki ketiga pun datang dan Yuni harus memilih antara percaya dengan mitos tersebut atau tetap melanjutkan pendidikannya.

 

2. Pemain Film Yuni

Arawinda Kirana didapuk sebagai pemeran utama dengan karakter Yuni. Lalu, Kevin Ardilova memerankan karakter Yoga, teman masa kecil Yuni. Ada pula Dimas Aditya yang berperan sebagai Damar, guru sastra favorit Yuni.

Tak cuma mereka, Neneng Risma berperan sebagai Sarah, Vania Aurel sebagai Nisa, Anne Yasmine sebagai Tika, Marissa Anita sebagai Bu Lies, Asmara Abigail sebagai Suci hingga Rukman Rosadi sebagai bapak.

3. Film Yuni Terinspirasi Puisi Hujan Bulan Juni

Kamila Andini selaku sutradara film Yuni memasukkan karya-karya terbaik dari Sapardi Djoko Damono dalam film ini. Ia mengaku bahwa nama karakternya pun terinspirasi dari puisi Sapardi yang berjudul Hujan Bulan Juni.

Kamila menjelaskan bahwa banyaknya puisi Sapardi Djoko Damono di film ini karena puisi menjadi cara bagi Yuni untuk melarikan diri. Kamila bersama dengan produser Ifa Isfansyah dan penulis Prima Rusdi telah menulis film Yuni sejak tahun 2017 lalu.

4. Arawinda Kirana Beradegan Panas dengan Kevin Ardilova di Film Yuni

Film Yuni juga akan menampilkan beberapa adegan dewasa dari para pemainnya termasuk Arawinda Kirana dan Kevin Ardilova. Arawinda mengungkapkan bahwa orang tua dan manajemennya yang mempertimbangkan ia untuk beradegan dewasa.

“Alhamdulillah orang tua saya dan manajemen saya melihat itu bukan adegan yang kayak gimana, tapi makna di balik itu. Kalau misalnya saya memainkan adegan (dewasa) tapi maknanya tidak sebagus di film ini atau tidak bermakna, saya juga tidak akan memilihnya,” tutur Arawinda dikutip dari YouTube Dimensi Universe.

 

5. Deretan Penghargaan Film Yuni

Film Yuni ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Toronto 2021 pada bulan September lalu. Tak disangka, film ini memenangkan piala Platform Prize dari festival tersebut. Selanjutnya, film Yuni juga mendapatkan 14 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2021.

Beberapa nominasi tersebut yakni Best Picture, Best Film Editing, Best Director, Best Supporting Actor hingga Best Original Screenplay. Namun, film Yuni hanya membawa pulang satu piala saja dengan kategori Best Actress yang dimenangkan oleh Arawinda Kirana.

Belum berhenti sampai situ, film Yuni juga akan bersaing masuk nominasi Piala Oscar 2022 dengan kategori Best International Feature Film. Yuni juga bersaing dengan film horor Thailand yang berjudul The Medium.

6. Kesulitan Arawinda Kirana Main Film Yuni

Arawinda Kirana mengatakan bahwa dialog film Yuni menggunakan bahasa Jawa-Serang. Dia mengaku mengalami kesulitan sehingga sempat tinggal di Serang untuk belajar bahasa Jawa-Serang.

“Saya tinggal sendirian tidak ditemani siapa-siapa selama lima hari di desa pelosokan di Serang. Kira-kira satu jam dari kota nya, jadi benar-benar desa. Lalu saya tinggal sama sebuah keluarga di Serang dan dia punya anak namanya Icha, dia umur 16 tahun. Saya banyak belajar dengan dia,” kata Arawinda.

Film Yuni yang dibintangi Arawinda Kirana ini memiliki durasi 122 menit dengan klasifikasi penonton 17+ atau harus berusia di atas 17 tahun. Film Yuni sudah bisa ditonton di jaringan bioskop XXI dan CGV Indonesia sejak Kamis, 9 Desember 2021.

Baca Juga: Profil dan Biodata Kevin Ardilova: Agama, Pacar, Main Film Yuni