Fakta dan Sinopsis Oppenheimer, Ada Robert Downey Jr hingga Rami Malek

Instagram/@oppenheimermovie2023
Oppenheimer
8/2/2022, 15.09 WIB

ZIGI – Film baru Christopher Nolan bertajuk Oppenheimer jadi trending topic Twitter pada Selasa, 8 Februari 2022. Bukan tanpa sebab, pemain film Oppenheimer merupakan bintang-bintang ternama seperti Emily Blunt, Robert Downey Jr, Rami Malek hingga Dane DeeHan.

Diketahui bahwa film tersebut akan mengisahkan tentang ahli fisika Amerika yang bernama J. Robert Oppenheimer. Penasaran bukan? Yuk simak fakta menarik dan sinopsis film Oppenheimer di bawah ini!

Baca Juga: Reaksi Christopher Nolan Saat Diminta Bikin Film Netflix

Sinopsis Film Oppenheimer

Film Oppenheimer merupakan adaptasi dari buku American Prometheus : The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer karya Martin Sherwin dan Kai Bird. Buku ini berhasil menjadi pemenang Hadiah Pulitzer di tahun 2006.

Oppenheimer adalah seorang ilmuwan paling terkenal karena memimpin The Manhattan Project, tim yang mengembangkan bom atom untuk Amerika Serikat dalam Perang Dunia II. Dia kemudian menjabat sebagai Ketua Komisi Energi Atom Amerika Serikat dimana dia bekerja untuk memperlambat perkembangan perlombaan senjata nuklir dengan Uni Soviet.

Pada tahun 1954, Oppenheimer dicap komunis karena afiliasinya dengan banyak kelompok. Dia dibebaskan dari layanan pemerintah federal dan akan melanjutkan kontribusinya untuk sains sebagai guru dan fisikawan teoretis yang inovatif selama pengasingannya.

Dia menerima tiga nominasi Hadiah Nobel dalam bidang fisika dari tahun 1946 hingga 1967, meskipun tidak pernah memenangkan satu nominasi pun sebelum kematiannya pada tahun 1967.

Pemain Film Oppenheimer

 

Dikutip Zigi.id dari Collider pada Selasa, 8 Februari 2022, Cillian Murphy didapuk memerankan karakter utama yakni J.Robert Oppenheimer. Cillian sebelumnya pernah berkolaborasi dengan Christopher Nolan dalam film Inception (2010) hingga Dunkirk (2017).

Emily Blunt akan berperan sebagai Katherine, seorang aktivis dan ilmuwan. Sosok Emily Blunt semakin melambung berkat film A Quiet Place (2018). Matt Damon bergabung sebagai Letnan Jenderal Leslie Groves, direktur militer di Proyek Manhattan.

Ada pula Robert Downey Jr yang berperan sebagai Lewis Strauss. Tak hanya itu, Florence Pugh berperan sebagai Jean Tatlock hingga Rami Malek sebagai seorang ilmuwan. Baru-baru ini diumumkan bahwa Dane DeHaan juga akan bergabung dalam film Oppenheimer.

Kapan Film Oppenheimer Rilis?

Rencananya, film Oppenheimer ini akan dirilis pada 21 Juli 2023 di bioskop. Tak hanya itu, film ini juga diproyeksikan untuk rilis di platform digital dalam format IMAX, 70mm dan 35mm. Universal Studios mengumumkan bahwa film itu adalah thriller epik terbaru dari Christopher Nolan.

Thriller epik yang mendorong penonton ke dalam paradoks pria penuh teka-teki yang harus mengambil risiko menghancurkan dunia untuk menyelamatkannya,” kata Universal Studios untuk menggambarkan film Oppenheimer.

Biaya Produksi Film Oppenheimer

Dikutip dari Variety, film ini memiliki anggaran produksi sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Oleh karena itu, film Oppenheimer diharapkan bisa mengantongi penghasilan box office global sebesar US$ 400 juta atau sekitar Rp5,7 triliun.

Namun, pakar industri film menilai bahwa angka tersebut akan dapat diraih mengingat para pemain film Oppenheimer yang bertabur bintang termasuk Robbert Downey Jr, Rami Malek, Emily Blunt hingga Dane DeHaan. Christopher Nolan juga akan bekerja sama dengan istrinya, Emma Thomas yang didapuk sebagai produser film ini.

Baca Juga: Gaji Pemain Avengers Terungkap, Robert Downey Jr Triliunan 1 Film