Sutradara Moonfall Sebut Marvel dan Star Wars Rusak Industri Film

Berbagai sumber
Tanggapan Roland Emmerich tentang Matvel dan Star Wars
8/2/2022, 16.26 WIB

ZIGI – Sutradara film Moonfall, Roland Emmerich membagikan penilaiannya terhadap film Marvel dan Star Wars. Menurutnya, kedua proyek film tersebut telah menghancurkan industri film saat ini.

Seperti yang diketahui, Roland menyukai film-film dengan tantangan yang nyata dan berani seperti film yang digarapnya yakni Independence Day hingga Moonfall. Berikut tanggapan Roland Emmerich terhadap film Marvel dan Star Wars!

Baca Juga: 4 Fakta dan Sinopsis Film Moonfall, Patrick Wilson Selamatkan Bumi

Sutradara Moonfall Sebut Marvel dan Star Wars Rusak Industri Film

Ketika Roland Emmerich berbincang tentang film terbarunya, Moonfall bersama Den of Geek, sutradara asal Jerman tersebut memberikan tanggapannya tentang film Marvel dan Star Wars.

Kala itu, Den of Geek bertanya kepada Roland, apakah dunia blockbuster telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Roland dengan pasti mengiyakan jawaban tersebut dan memberikan tanggapannya terhadap film saat ini.

“Tentu saja Marvel dan DC Comics serta Star Wars telah mengambil alih cukup banyak,” ujar Rolland Emmerich seperti dilansir dari Deadline pada Selasa, 8 Februari 2022.

Roland pun menanggapi secara langsung jika film yang digarap oleh Marvel serta Star Wars telah mempengaruhi pembuatan film yang tidak terkesan natural.

“Itu sedikit merusak industri, karena tidak ada yang melakukan sesuatu yang orisinal lagi,” imbuhnya.

Menurutnya, masyarakat harus pintar dengan menyukai film yang diangkat dari kisah nyata atau dibuat oleh si penulis sendiri. Bukan dari hasil adaptasi dari komik yang difilmkan, dimana hal ini telah terkonsep sedemikian rupa. Roland Emmerich juga memberikan masukan bahwa pembuat film Hollywood harus lebih fokus pada pembuatan film baru yang lebih berani.

“Kamu harus membuat film baru yang lebih berani. Dan aku pikir, Christopher Nolan adalah master dalam hal tersebut. Dia adalah seseorang yang bisa membuat film apapun yang dia inginkan,” ujar Roland Emmerich.

 

Roland merasa kagum dengan Christopher Nolan yang mampu menghidupkan suasana seperti film bencana yang sering diarahkan oleh sutradara asal Inggris tersebut.

Roland Emmerich Tidak Berniat Gabung Dengan Marvel

Sutradara berusia 66 tahun, Roland Emmerich mengaku tidak tertarik untuk memasuki industri waralaba Marvel. Alasan dirinya tidak tertarik dengan film superhero karena kurangnya koneksi terhadap materi film sejenis.

“Ada (komik The Adventure of Tintin) tapi mereka sangat kekanak-kanakan dan tidak ada tentang superhero,” ujar Roland seperti dilansir dari Comic Book pada Selasa, 8 Februari 2022.

Di kota tempat dirinya dibesarkan yaitu Jerman masih banyak film-film yang tidak dipengaruhi oleh serial superhero. Hal tersebut membuat Roland memikirkan untuk membuat film yang lebih berani dibandingkan harus membuat tokoh superhero.

“Jadilah itu alasan awalnya, superhero tidak bekerja di Jerman. Mereka membutuhkan waktu 10 hingga 15 tahun untuk membuat film yang dapat mencapai level yang sama di seluruh dunia,” imbuhnya.

Sementara itu, Roland juga menyatakan jika dirinya tidak pernah tertarik untuk bergabung dengan waralaba Marvel.

“Tapi, saya tidak pernah menemukan ketertarikan pada film semacam itu (superhero),” ujar Roland.

Ini bukan pertama kalinya Roland Emmerich mengkritik film-film Marvel. Sebelumnya, ia pernah menyatakan bahwa dia suka menonton film-film tersebut di pesawat agar ia tertidur.

Sementara itu, Roland Emmerich telah sukses mengarahkan film Moonfall yang tayang di bioskop pada Rabu, 2 Februari 2022. Film tersebut mengisahkan tentang penyelamatan bumi dari tragedi bulan yang jauh dari orbitnya.

Baca Juga: Film Gambit Batal, Channing Tatum Trauma Sama Marvel