Penjelasan Ending Film Thor: Love and Thunder, Ada 2 Credit Scenes

MCU
Thor Love and Thunder
Penulis: Maria Margaretha
6/7/2022, 13.27 WIB

ZIGI – Film Thor: Love and Thunder sesuai ekspektasi menampilkan unsur drama komedi seperti film sebelumnya, Ragnarok (2017). Taika Waititi masih dipercaya sebagai sutradara sekaligus penulis skenario. 

Film Thor 4 ini sudah tayang di bioskop Indonesia mulai hari Rabu, 6 Juli 2022. Setelah selesai jangan langsung beranjak karena masih ada dua credit scenes Thor: Love and Thunder. Berikut review dan penjelasan ending (mengandung spoiler).

Thor dan Mantan Pacar Beraksi

Film Thor: Love and Thunder meneruskan kehidupan si dewa geledek (Chris Hemsworth) setelah kejadian di Avengers: Endgame. Di awali dengan cuplikan petualangan Thor dan Guardians of the Galaxy menyelamatkan sebuah planet.

Dari situ, mereka berpisah karena Thor harus melindungi New Asgard dari Gorr the God Butcher (Christian Bale). Musuh terbaru Thor ini adalah mahkluk terkutuk yang membunuh banyak dewa dengan pedang Necro (Necrosword).

Saat New Asgard diserang oleh Gorr, Mighty Thor muncul untuk pertama kalinya di hadapan Thor. Dia tidak menyangka, bahwa mantan pacarnya, Dr Jane Foster (Natalie Portman) kini mampu menguasai Mjolnir yang telah hancur.

Gaya story telling Korg yang dalam film ini diperankan sendiri oleh penulis aslinya, Taika Waititi memberikan unsur drama komedi yang menyegarkan. Penggemar akan tahu bagaimana Thor dan Jane Foster akhirnya putus meski mereka adalah cinta sejati.

Thor, Mighty Thor, Korg dan Valkyrie bersama-sama memburu Gorr yang sebelumnya berhasil menculik anak-anak Asgard. Termasuk di antaranya adalah anak Heimdall bernama Axl. Dia mewarisi kekuatan mata sang ayah yang telah meninggal.

Thor Punya Anak

Gorr The God Butcher memiliki peran penting sebagai pembuka dan penutup cerita film Thor: Love and Thunder. Di awal diperlihatkan latar belakang Gorr yang berduka atas kematian anaknya, dewa yang selama ini dia sembah justru tidak membantu apapun. Hingga akhirnya Gorr mendapat Necrosword dan membunuh dewa tersebut.

Selama pengembaraannya membunuh para dewa, Gorr The God Butcher memiliki satu tujuan yaitu menuju Eternity. Orang yang bisa mencapainya dapat membuat satu permohonan. 

Kunci untuk membuka Eternity adalah Stormbreaker, senjata Thor. Gorr berhasil mendapatkannya saat menjebak Thor yang ingin menyelamatkan anak-anak Asgard.

Di penghujung pertarungan, Thor hampir mati dijagal oleh Gorr The God Butcher. Namun dengan bantuan Mighty Thor, Necrosword berhasil dihancurkan. Sebagai ganti akan kekuatannya, kondisi kanker Jane Foster semakin memburuk.

 

Meski begitu, Gorr berhasil masuk ke dalam Eternity. Thor menyerah dan lebih memilih menemani Jane yang sekarat menjelang ajalnya.

Melihat cinta pasangan tersebut, Gorr teringat kembali dengan anaknya yang sudah mati. Pada akhirnya, Gorr membuat permohonan agar anaknya hidup kembali. Di waktu yang sama, Jane Foster dan Gorr menghembuskan napas terakhir. 

Sebelum itu, Gorr berpesan kepada Thor untuk menjaga putrinya. Momen ini terasa sangat sakral dimana MCU memperkenalkan ‘kelahiran’ anak Thor dan Jane Foster (secara tidak langsung). 

Di ending film Thor: Love and Thunder memperlihatkan bagaimana Thor menjadi sosok ayah yang dipanggil ‘Uncle Thor’ oleh anak Gorr. Korg menutup ceritanya dengan menyebut kisah ini sebagai Love dan Thunder. Meski begitu, belum dikonfirmasi apakah anak Thor tersebut diberi nama Love.

Credit Scene 1: Zeus Balas Dendam

Di credit scene 1 Thor: Love and Thunder memperlihatkan Zeus (Russell Crowe) masih hidup setelah ditusuk oleh Thor dengan Lightning Bolt. Matanya menunjukkan amarah dan dendam sambil berbicara dengan sosok di hadapannya.

Zeus tidak terima karena kini dewa sudah dianggap hanya sebagai lelucon dan manusia lebih memuji superhero. Dia ingin manusia kembali takut kepada dewa. Zeus mengirim salah satu anaknya, Hercules untuk menjalankan misi tersebut sekaligus membunuh Thor.

Credit Scene 2: Mighty Thor dan Heimdall

Di credit scene 2 Thor: Love and Thunder memperlihatkan Jane Foster muncul di Valhalla setelah kematiannya. Jane yang terlihat bingung disambut oleh orang yang tidak asing lagi di hadapannya, yaitu Heimdall (Idris Elba). Heimdall tewas di Infinity War.

Setelah adegan itu, layar gelap dan muncul text “Thor akan kembali.” Kemungkinan besar, setelah film Thor: Love and Thunder akan ada spin-off mengenai Mighty Thor dan Heimdall. Namun sejauh ini belum dikonfirmasi oleh MCU mengenai film Thor 5.

Baca juga: Aslinya Mirip Voldemort, Gorr di Thor: Love and Thunder Berubah