Profil dan Agama Jefri Nichol, Aktor 2 Kali Terseret Kasus Hukum

Instagram/@jefrinichol
Jefri Nichol
28/4/2021, 20.29 WIB

ZIGI – Jefri Nichol, namanya pasti sudah tidak asing dong di kalangan pecinta film. Jefri merupakan salah satu aktor muda yang bersinar di industri perfilman Tanah Air. Berbagai film sudah dibintangi Jefri. Selain mencuri perhatian karena bakat aktingnya, kisah cinta Jefri Nichol juga tidak lepas dari sorotan.

Aktor ganteng ini sering dijodoh-jodohkan dengan sejumlah artis salah satunya Caitlin North Lewis. Tapi terlepas dari itu, Jefri juga pernah beberapa kali terlibat dalam masalah hukum. Penasaran kan dengan sosok Jefri Nichol? Berikut sudah Zigi.id rangkum profil Jefri Nichol.

Keluarga Jefri Nichol

Jefri Nichol lahir di Jakarta pada 15 Januari 1999. Jefri merupakan anak pertama dari pasangan John Henri dan Junita Eka Putri. Jefri Nichol memiliki satu adik bernama Jessi Putri. Keakraban Jefri dan Jessi memang jarang terekspos. Namun beberapa kali, Jefri Nichol memperlihatkan kebersamaan dengan sang adik. Jefri juga pernah memberikan ucapan ulang tahun yang sangat manis untuk Jessi.

Karier Jefri Nichol

Jefri Nichol baru dikenal luas di tahun 2017 lalu. Padahal, dia sudah memulai kariernya sejak 2013 lalu. Jefri Nichol awalnya terjun ke dunia hiburan sebagai model iklan. Dia pun mengawali akting lewat mini seri berjudul Kami Rindu Ayah di tahun 2013. 

Diakui sang aktor, proyek itu yang mengubah sifatnya dari pemalu menjadi lebih percaya diri dan lantas bertekad untuk mengasah aktingnya. Dua tahun setelahnya, aktor 22 ini mendapat tawaran untuk bermain dalam sinetron Keluarga Garuda di Dadaku dan di tahun 2017 membintangi sinetron Pesantren & Rock n' Roll Reborn.

Di tahun yang sama, Jefri Nichol semakin menjadi sorotan setelah bermain dalam film pertamanya yakni Pertaruhan bersama Aliando serta Adipati Dolken. Tidak disangka, karier Jefri langsung meningkat dan menjadikannya sebagai salah satu aktor yang diperhitungkan sejak membintangi film tersebut. 

Hal ini dibuktikan dalam rentang waktu tiga tahun, 2017 sampai 2019, cowok berzodiak Capricorn ini sudah membintangi lebih dari 13 film. Perannya sebagai Nathan dalam film Dear Nathan (2017), menjadi salah satu peran yang paling melekat dengan Jefri Nichol.

Film itu juga yang membawa Jefri Nichol mendapatkan penghargaan dalam kategori Aktor Pendatang Baru Terpilih di Piala Maya 2017. Jefri juga masuk dalam kategori Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop dalam Festival Film Bandung 2017, namun dia belum berhasil menang.

Terjerat Kasus Narkoba

Di tengah puncak kariernya, Aktor berdarah Minang ini mengejutkan publik dengan kabar penangkapannya. Jefri Nichol ditangkap narkoba di kediamannya, kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Senin, 23 Juli 2019. Saat digeledah, polisi menemukan barang bukti berupa papir atau kertas untuk membungkus ganja agar bisa dihisap.

Tidak hanya itu, polisi juga menemukan ganja seberat 6.01 gram di dalam lemari es atau kulkas milik sang aktor. Dalam konferensi pers yang digelar pihak kepolisian, Jefri Nichol mengaku bahwa dia dua kali mengonsumsi ganja karena diajak teman dekatnya. Jefri sendiri beralasan menggunakan ganja karena kesulitan tidur dan tegang di tengah persiapan syuting. 

Jefri pun menyesali perbuatannya dan berpesan agar tindakannya tidak dicontoh. Karena kasus penyalahgunaan narkoba ini, Jefri Nichol divonis tujuh bulan masa rehabilitasi i di RSKO (Rumah Sakit Ketergantungan Obat).

Bersalah dalam Kasus Wanprestasi

Di akhir tahun 2020 kemarin, Jefri Nichol kembali tersandung kasus hukum. Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan Jefri terbukti bersalah dan melanggar kontrak kerja atau wanprestasi yang dilaporkan Falcon Pictures.

Jefri nichol dan dua tergugat lainnya yakni Junita Eka Putri, sang ibu dan mantan manajernya, Baetz Agagon harus membayar Rp4,2 miliar ke Falcon Pictures. Gugatan itu dilayangkan karena Jefri dianggap tidak menyelesaikan empat film sesuai kontrak. Adapun empat judul film yang dimaksud adalah Dear Nathan: Hello Salma, Ellyas Pical, Bebas, dan Habibie & Ainun.

Kisah Asmara Jefri Nichol

Pacar Jefri Nichol sampai sekarang masih jadi teka-teki. Jefri terbilang jarang mempublikasikan hubungan asmaranya ke publik. Shenina Chinnamon bisa dibilang menjadi satu-satunya wanita yang diakui Jefri sebagai pacarnya. Jefri Nichol dan Shenina Chinnamon diketahui berpacaran sejak 2015 lalu.

Tapi tiba-tiba Jefri Nichol dan Shenina Chinnamon diberitakan putus. Meski demikian, Shenina masih terlihat peduli dan mendampingi ibu Jefri Nichol saat sang aktor menjalani sidang kasus narkoba. Walaupun sudah berpisah, tapi tampaknya Jefri dan Shenina masih saling mendukung. Setelah itu, Jefri Nichol tidak pernah lagi mengumumkan kisah cintanya.

Dia hanya pernah beberapa kali digosipkan dengan lawan mainnya seperti Amanda Rawles, Caitlin Halderman, Michelle Ziudith hingga Caitlin North Lewis. Terakhir, Jefri Nichol dan Jelita Barbara diberitakan berpacaran. Dugaan ini mencuat setelah Jefri kerap mengomentari postingan Instagram Jelita dengan pujian. Sayangnya, sampai sekarang belum ada penjelasan resmi soal hubungan mereka.

Biodata dan Agama Jefri Nichol

Nama Lengkap: Jefri Nichol
Tempat tanggal Lahir: Jakarta, 15 Januari 1999
Profesi: Model, Aktor
Orangtua: John Henri dan Junita Eka Putri
Saudara: Jessi Putri
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: Islam
Akun Twitter : @jefrinichol
Akun Instagram : @jefrinichol

Sekarang, Jefri Nichol sudah kembali eksis di dunia akting. Yang terbaru, Jefri akan kembali beradu akting dengan Amanda Rawles di lanjutan film Dear Nathan bertajuk Dear Nathan: Thank You Salma. Tapi sayangnya, belum ada keterangan kapan film itu akan dirilis. Kita tunggu aja ya!