Kisah Cinta Alvin Faiz dan Larissa Chou Sebelum Memutuskan Cerai

Instagram/@alvin_411
Alvin Faiz - Larissa Chou
21/5/2021, 13.32 WIB

ZIGI – Alvin Faiz akhirnya memberikan jawaban terkait kabar perceraiannya dengan Larissa Chou yang belakangan ramai dibahas. Melalui Instagramnya, putra sulung mendiang ustaz Arifin Ilham itu mengatakan Larissa sudah melayangkan gugatan cerai kepadanya. Keputusan ini diakuinya sudah melalui proses pemikiran yang panjang.

Seiring dengan kabar perpisahan mereka, perjalanan cinta Alvin Faiz dan Larissa Chou kini membuat publik penasaran. Keduanya diketahui menikah di usia yang masih sangat muda bahkan sampai harus melewati persidangan. Bagaimana kisah cinta Alvin Faiz dan Larissa Chou? Berikut yang dirangkum Zigi.id.

Mengenal Lewat Media Sosial

Kehidupan asmara Alvin Faiz satu-satunya yang terungkap ke publik adalah bersama Larissa Chou. Perkenalan Alvin dan Larissa berawal pada Juni 2015. Saat itu, Larissa Chou yang masih beragama Nasrani mengirim email ke Alvin Faiz untuk menanyakan tentang agama Islam.

Alvin Faiz yang aktif di organisasi Mualaf Center Indonesia yakni organisasi yang melayani diskusi antar agama pun menanggapi pertanyaan itu dan kemudian mengirim ID Line-nya agar lebih mudah untuk berdikusi lebih lanjut. Selang beberapa minggu setelahnya, Larissa Chou mengaku ingin pindah agama dan menjadi seorang mualaf.

Alvin Faiz yang mendengar kabar itu, langsung membimbingnya untuk mengucapkan dua kalimat syahadat. Karena terhalang jarak di mana Larissa tinggal di Cirebon, pembimbingan pengucapan dua kalimat syahadat dilakukan via telepon terlebih dahulu.

Ragu Menjalin Hubungan

Setelah mengenal satu sama lain, benih cinta tumbuh diantara mereka. Awalnya Alvin merasa gelisah untuk melanjutkan hubungan dengan Larissa karena perbedaan ras, keluarga, usia, serta lingkungan. Alvin Faiz pun sempat meminta petunjuk untuk kelanjutan hubungannya dengan Larissa.

Tidak hanya Alvin, Larissa Chou juga sempat memiliki pandangan negatif pada sosok Alvin. Saat itu, wanita keturunan Tionghoa itu sedang haus akan ilmu agama Islam mulai mencari pengetahuan dari sosok yang punya nama besar. Sehingga di mata Larissa, Alvin hanya anak kecil.

Tapi setelah saling mengenal, rasa benci Larissa Chou terhadap Alvin Faiz berubah menjadi simpati. Selang dua bulan dari perkenalan awal, mereka pun memutuskan untuk menjalani proses ta'aruf. Alvin kemudian menemui ayah Larissa untuk meminta restu sebelum menikahi anaknya.

Melewati Proses Sidang

Perjalanan Alvin Faiz untuk menikah pun terbilang tidak mudah. Alvin harus melewati masa persidangan di Pengadilan Agama Bogor terlebih dahulu. Hal ini karena usia Alvin yang masih sangat muda yakni 17 tahun. Sementara dalam peraturan negara, syarat pria yang ingin menikah minimal berusia 19 tahun.

Sedangkan Larissa Chou kala itu, berumur tiga tahun lebih tua darinya yaitu 20 tahun. Tapi mereka berhasil melewati rintangan dan halangan tersebut. Alvin dinyatakan sudah mampu secara mental dan finansial untuk berumah tangga.

Menikah Muda

Alvin Faiz dan Larissa Chou akhirnya menikah di Masjid Az-Zikra Sentul, Bogor pada Sabtu 6 Agustus 2016. Pernikahan mereka pun dinyatakan resmi serta sah di mata publik. Tapi berbeda dengan pengantin kebanyakan, Alvin dan Larissa memilih untuk menikah di pagi hari. Akad nikah pun dilangsungkan di waktu Subuh.

Baca juga: Profil dan Biodata Alvin Faiz, Diisukan Cerai Usai Tulis The End

Dikaruniai Anak

Sempat ingin menunda momongan karena usia yang masih sangat muda, tapi setahun setelah menjalin rumah tangga, Alvin dan Larissa dikaruniai seorang anak laki-laki. Anak pertamanya yang diberi nama Muhammad Yusuf Alvin Ramadhan itu lahir pada 9 Juni 2017. Kini usianya pun sudah hampir menginjak 4 tahun.

Alvin Faiz Digugat Cerai

Rumah tangga Alvin Faiz dan Larissa Chou terbilang harmonis selama lima tahun terakhir karena jauh dari gosip miring. Tapi pada Selasa, 18 Mei 2021, Alvin mengejutkan publik setelah mengunggah foto pernikahannya dengan Larissa dengan menyertakan tulisan The End atau berakhir di Instastory-nya.

Setelah sempat menjadi spekulasi, akhirnya Alvin Faiz dan Larissa Chou mengumumkan perceraian mereka lewat Instagram masing-masing. Dalam postingannya, Alvin mengatakan Larissa sudah melayangkan gugatan cerainya terhitung mulai pada Jumat, 21 Mei 2021.

"Assalamualaikum wr wb. Setelah melalui proses yang panjang, saya dan larissa memutuskan untuk berpisah. Per-hari ini gugatan dari larissa sudah sampai di pengadilan," tulis Alvin Faiz.

Dalam postingan itu pula, Alvin meminta maaf jika ada kesalahan yang dilakukannya bersama Larissa Chou. Tidak hanya itu, Alvin Faiz juga memberikan pernyataan tentang penyebab di balik perceraiannya dengan Larissa. Dia membantah kabar poligami atau ada orang ketiga yang beredar di masyarakat.

"Adapun untuk membantah asumsi yang tidak2 dari media, kami menegaskan bahwa perceraian ini tidak didasari adanya orang ketiga, poligami, kekerasan yang mengandung fisik, atau hal yang serupa. Kami melihat bahwa kami sudah tidak sejalan lagi kedepannya, dan memutuskan untuk mengambil langkah berat ini yang tentu bukanlah hal yang kami inginkan," tandas Alvin Faiz.

Di akhir keterangannya, Alvin Faiz mengatakan kalau dirinya dan Larissa Chou sudah berkomitmen untuk tetap menjaga hubungan baik dan membesarkan anak semata wayang mereka bersama-sama.