Profil dan Biodata Kiky Saputri, Viralkan Lagu Welcome to Indonesia

Instagram/@kikysaputrii
Kiky Saputri
12/7/2021, 16.23 WIB

ZIGI – Kiky Saputri menuai kontroversi setelah membagikan postingan saat menyanyikan lagu Welcome to Indonesia versinya. Pasalnya, lirik yang dinyanyikan dinilai mengkritik dan menyindir pemerintah salah satunya soal korupsi dana bansos.

Hal ini pun membuat sosok komika 27 tahun itu langsung menjadi sorotan publik. Kiky Saputri mengawali kariernya sebagai seorang guru honorer dan sering disorot karena memamerkan ciuman dari sejumlah publik figur ganteng. Lantas siapa sebenarnya Kiky Saputri? Berikut penjelasannya.

Kehidupan Kiky Saputri

Kiky Saputri rupanya hanya nama panggilan dari perempuan kocak kelahiran Garut, 22 Oktober 1993 ini. Kiky sebenarnya lahir dengan nama lengkap Rizhky Nurasly Saputri. 

Karier Kiky Saputri

Kiky Saputri mengawali kariernya sebagai seorang guru honorer yang pernah mendapat gaji sebesar Rp600 ribu perbulan. Kiky merupakan salah satu komika jebolan komunitas Stand Up Indo Jakarta Pusat. Nama Kiky mulai dikenal sejak akhir 2016, setelah dia aktif di komunitas dan sering menjuarai kompetisi Stand Up Comedy secara off-air.

Kiky Saputri debut di televisi nasional sebagai salah satu finalis di acara Stand Up Comedy musim keempat yang tayang di Indosiar di tahun 2018. Walaupun tersisih di babak 8 besar, tapi nama Kiky tetap eksis sampai sekarang. Dia juga pernah viral setelah me-roasting sejumlah menteri.

Karier Akting Kiky Saputri

Kariernya yang cemerlang di dunia komedi membawa nama Kiky Saputri semakin dikenal banyak orang, sampai akhirnya dia mendapat tawaran bermain film dan juga sinetron seperti di Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan dan Masjid Yang Dirindukan.

Berkat akting di film Imperfect garapan Ernest Prakasa itu, Kiky Saputri berhasil mendapat penghargaan diantaranya Piala Maya di kategori Aktris Pendatang Baru Terpilih tahun 2019, Indonesian Movie Actors Awards dalam kategori Pemeran Pendatang Baru Terbaik dan Pemeran Pendatang Baru Terfavorit pada tahun 2020.

Kiky Saputra juga aktif sebagai pembawa acara di sejumlah acara televisi seperti Dahsyatnya 2020 dan The Sultan. Kini, Kiky merupakan salah satu pemain tetap di program Lapor Pak! Trans7.

Punya Akun YouTube

Kiky Saputri juga diketahui memiliki channel YouTube yang dibukanya sejak 12 Agu 2019 dengan nama, Kiky Saputri Official. Kiky mengisi kanalnya dengan konten-konten random seperti vlog perjalanannya, Q & A hingga komedi. Sekarang, channel YouTube Kiky Saputri sudah memiliki sebanyak 269 ribu subscriber loh.

Kontroversi Kiky Saputri

Kiky Saputri sering menjadi perbincangan setelah memposting video dicium dan kemudian balik mencium pipi sejumlah aktor hingga musisi populer, seperti Reza Rahadian, Iqbaal Ramadhan, Jefri Nichol, Dul Jaelani, Boy William serta Ariel NOAH.

Tidak hanya itu, beberapa waktu lalu Kiky Saputri menjadi sorotan setelah menceritakan pengalaman tak menyenangkan yang dialaminya saat menjadi bintang tamu di YouTube, Denny Sumargo. Di situ, dia menjelaskan bahwa dirinya sudah enggan lagi me-roasting artis karena banyak artis yang tidak asyik.

Hal ini bermula saat Kiky mendapat perintah dari tim kreatif untuk me-roasting seorang host ternama saat hadir sebagai bintang tamu di acaranya. Walaupun tidak menyebutkan nama, netizen pun langsung berasumsi bahwa artis yang tidak mau di-roasting adalah Sule.

Kiky Saputri pun langsung merasa tidak enak hati kepada Sule terlebih setelah Nathalie Holscher ikut menyinggung soal publik figur yang juga manusia. Kiky pun meminta publik tidak menyudutkan salah satu pihak. Kiky Saputri juga menegaskan kalau dia akan segera bertemu Sule untuk menyelesaikan salah paham di antara mereka.

Pacar Kiky Saputri

Pacar Kiky Saputri sekarang bernama Agus Priyono. Sebelum berpacaran dengan Agus, Kiky pernah mengakui dirinya batal menikah dengan pasangannya di tahun 2017 lalu. Kegagalan itu sempat membuat Kiky Saputri antipati terhadap laki-laki. Tapi setelah tiga tahun jomblo, Kiky sudah membuka hatinya kembali.

Sindir Pemerintah

Baru-baru ini, Kiky Saputri menuai pro dan kontra setelah ikut memviralkan lagu Welcome to Indonesia tapi dengan versinya pada Minggu, 11 Juli 2021. Dalam lirik lagunya, Kiky menyinggung dana bansos yang dikorupsi hingga orang asing yang bisa masuk ke Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

"Welcome to Indonesia, negeri jenaka. Katanya disubsidi tapi bansos dikorupsi. Tidakkah kalian dengar jeritan hati rakyat. Malah minta rumah sakit khusus pejabat what? Welcome to Indonesia, negeriku tercinta. Ini bukan kritik tapi sindiran menggelitik. Rakyat harus di rumah untuk menjaga diri. Tapi tenaga kerja asing loh kok wara-wiri," begitu bunyi lirik yang dinyanyikan Kiky Saputri.

Mengiringi unggahannya, Kiky Saputri juga menyinggung soal tukang bakso yang selalu diidentikkan dengan intel. Melihat postingan itu, banyak netizen yang salut dengan keberanian Kiky yang blak-blakan mengkritik pemerintah. Tapi tidak sedikit yang meminta Kiky Saputri berhati-hati dan menyarankan untuk liriknya diganti dengan kata-kaya penyemangat.

Profil dan Biodata Kiky Saputri

Nama Lengkap: Rizhky Nurasly Saputri
Nama Panggilan: Kiky Saputri
Tempat, Tanggal Lahir: Garut, 22 Oktober 1993
Umur: 27 Tahun
Agama: Islam
Pendidikan: Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
Profesi: Komedian, Host, Aktris
Akun Instagram: @kikysaputrii
Akun YouTube: Kiky Saputri Official

Demikian profil dan biodata Kiky Saputri, komika yang menjadi sorotan setelah memposting video Welcome to Indonesia versinya yang dinilai menyindir pemerintah.