Profil dan Biodata Atta Halilintar: Umur, Keluarga hingga Bisnis

Instagram/attahalilintar
Atta Halilintar
21/7/2021, 15.13 WIB

ZIGI – Atta Halilintar merupakan YouTuber asal Indonesia yang terkenal di kalangan anak muda. Ia dinobatkan sebagai King of YouTube Indonesia di 2019, karena berhasil meraih subscribers (pengikut) terbanyak di Asia Tenggara.

Pada tahun 2019, Atta meraih posisi YouTuber terkaya di peringkat delapan dunia. Di balik kesuksesannya, Atta memiliki kisah perjuangan yang patut dicontoh oleh generasi muda. Penasaran dengan kehidupan Atta Halilintar? Yuk simak profil dan biodata Atta Halilintar!

Keluarga Atta Halilintar

Muhammad Attamimi Halilintar merupakan putra pertama dari pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk. Kedua orangtua Atta merupakan perantau dari Minangkabau. Atta memiliki 10 saudara kandung yang bernama Muhammad Thariq Halilintar, Sohwa Mutamimah Halilintar, Sajidah Mutamimah Halilintar, Siti Fatimah Halilintar, Alqariyyah Mutamimah Halilintar, Muhammad Saaih Halilintar, Fateh Halilintar, Muntazar Halilintar, Saleha Halilintar, dan Qahtan Halilintar. 

Kesuksesan keluarga Atta yang dikenal sebagai Gen Halilintar, berawal dari sang ibu Lenggogeni Faruk yang menuliskan buku berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team pada tahun 2015. Buku ini mengisahkan tetang perjalanan kehidupan keluarganya, yang melakukan perjalanan bisnis keliling dunia tanpa bantuan asistan atau pembantu. Buku ini berhasil menyita perhatian publik, sehingga satu per satu keluarga Gen Halilintar mulai dikenal masyarakat.

Keluarga Halilintar memiliki bisnis yang tersebar di berbagai bidang. Mereka memiliki kanal YouTube yang berbeda, mulai dari sang ayah dan ibu, serta sebelas anaknya. Atta Halilintar memiliki subscriber terbanyak 27,7 juta hingga artikel ini ditulis.

Perjanan karier Atta Halilintar

Muhammad Attamimi Halilintar lahir pada 20 November 1994, di kota Dumai, Riau. Pria yang akrab disapa Atta ini pernah menjadi seorang pedagang kecil di Malaysia, saat bisnis kedua orangtuanya mengalami kesulitan.

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Atta sudah berjualan makanan seperti roti, sandwich, dan mainan anak-anak. Tidak ingin membuat kedua orangtuanya semakin susah, Atta pernah berjualan tabloid di lampu merah untuk uang jajan. Berkat kegigihannya, Atta bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya dari usahanya sendiri. 

Tak hanya itu, Atta pun memulai bisnis kecil-kecilan dengan menjual nomor perdana saat berumur 11 tahun. Usahanya semakin berkembang hingga Atta mempunyai konter sendiri untuk berjualan pulsa.

Setelah meraih kesuksesan di bisnis kartu perdana, Atta mulai membuka usaha dengan menjual kendaraan bekas. Ia juga menjual ponsel asal China, dengan membuka toko pertamanya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dari bisnisnya dengan menjual ponsel, Atta meraup keuntungan mencapai Rp1 miliar. 

Awal mula Atta memanfaatkan YouTube sebagai media untuk promosi barang dagangannya. Saat itu, untuk beriklan barang dagangan di media cetak sangat mahal, sehingga ia tak mampu merogoh kocek yang tinggi saat memulai usaha. 

 

Awal karier Atta sebagai YouTuber

Dinobatkan sebagai The King YouTuber of Indonesia, karier YouTube Atta tak langsung berjalan mulus. Di awal karier sebagai YouTuber, Atta memulai dengan daily vlog yang menceritakan aktivitas sehari-harinya. Ia berpedoman dari kanal YouTube milik komedian Raditya Dika, dengan membuat konten yang diminati masyarakat. 

Berkat konsistensinya dalam mengunggah satu hingga dua video dalam sehari, YouTube Atta berhasil berkembang. Selain itu, Atta sering berkolaborasi dengan sejumlah artis dan YouTuber lain, yang meningkatkan popularitasnya. 

Karier sebagai aktor dan pembicara

Setelah sukses menjadi YouTuber, Atta mengembangkan kariernya sebagai pembicara. Ia kerap menjadi bintang tamu dalam beberapa acara. Topiknya pun sering kali membahas kehidupan keluarga serta usahanya dalam meraih kesuksesan.

Berkat popularitasnya, banyak stasiun televisi yang menggaet Atta. Beberapa acaranya seperti Killer Karaoke Indonesia (2018), Wow Banget (2019), Cerita Atta (2020), dan Teman Tapi Cinta (2020). 

Atta juga terjun sebagai aktor dan membintangi beberapa film diantaranya 13: The Haunted (2018), Belok Kanan Barcelona (2018), Kembalinya Anak Iblis (2019), dan Ashiap Man (2021)

Menikahi Aurel Hermansyah

Atta Halilintar telah resmi menikah dengan Aurel Hermansyah pada 3 April 2021. Aurel Hermansyah merupakan anak pertama dari musisi Anang Hermansyah dan Krisdayanti. Aurel sendiri berprofesi sebagai aktris sekaligus penyanyi. Ia juga melebarkan sayapnya dengan berkecimpung ke dunia YouTube. 

Kisah cinta Atta dan Aurel bermula dari kolaborasi konten YouTube di Mei 2019. Saat itu Aurel justru digosipkan dekat dengan Varrell Bramasta, sahabat Atta. Awalnya, hubungan mereka hanya sekadar konten karena jumlah penonton yang banyak. Atta dan Aurel tidak pernah chatting-an.

 

Seiring berjalannya waktu, benih-benih cinta pun mulai dirasakan Atta. Sikap dan sifat Aurel yang perhatian, membuat Atta jatuh hati. Atta merasa Aurel bisa dekat dengan keluarganya.

Saat Aurel merayakan ulang tahunnya yang ke-22, Atta melamar Aurel di atas kapal pesiar. Sebagai bukti keseriusan cintanya, Atta memberikan cincin yang diidamkan Aurel. Aurel pun tampak bahagia dan menangis histeris. Akhirnya, Atta dan Aurel melangsungkan pernikahannya pada Sabtu, 3 April 2021, di Hotel Raffles, Jakarta Selatan. Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi saksi pada akad nikah mereka.

Atta kehilangan calon buah hati

Setelah resmi menikah, Atta dan Aurel menanti kehadiran seorang anak dalam keluarganya. Kebahagiaan Atta dan Aurel akhirnya terwujud saat Aurel dinyatakan hamil. Namun, takdir berkehendak lain, Aurel mengalami keguguran di masa kehamilannya yang berusia 5 minggu pada Mei 2021.

Saat itu, Aurel mengalami sakit perut yang diiringi dengan keluar gumpalan darah. Saat mengunjungi dokter, ternyata Aurel mengalami keguguran. Pasangan ini pun dilanda kesedihan, pasalnya keduanya sangat menantikan kehadiran seorang anak. Atta dan Aurel harus menghadapi kenyataan dan mengiklaskan calon buah hatinya. 

Bisnis Atta Halilitar

Penghasilan Atta bukan hanya dari YouTube, melainkan dari sejumlah bisnis yang dijalankan dari fesyen, kuliner, toko ponsel, tour dan travel hingga publishing. 

Dalam bisnis fesyen, ia membuka toko bernama AHHA Habit yang menjual pakaian seperti topi, t-shirt, sweater, dan berbagai pakaian lainnya ala Atta Halilintar. Atta juga telah membuka busana muslim yang bernama AHHA Hijab. 

Pada tahun 2018, Atta melebarkan bisnisnya di bidang kuliner. Kuliner pertama yang ia buka bernama Cake Masa Depan, yang berlokasi di kota Yogyakarta. Kemudian membuka toko kue lainnya bernama Medan Mulaka di Medan.

Tak hanya itu, Atta juga menjual berbagai macam cemilan seperti cilok, seblak, mie lidi, makaroni dan masih banyak lagi. Jajanan ini diberi nama Ashiap, yang dijual secara online. Ia juga menjual madu, yang dijual secara online di Instagram.

Ia juga berkecimpung dalam bisnis Tour dan Travel, dengan menawarkan berbagai perjalanan dalam dan luar negeri. Bisnis tour dan travel Atta diberi nama AHHA Travel.  Sedangkan pada toko ponsel, Atta membuka toko secara online. Terakhir, Atta membuka bisnis penerbitan dengan nama ATTA Publishing. 

Biodata Atta Halilintar

Nama Lengkap : Muhammad Attamimi Halilintar
Nama Panggung : Atta Halilintar
Tempat dan tanggal lahir : Dumai, 20 November 1994
Agama : Islam
Profesi : Aktor, YouTuber, pengusaha
Istri : Aurel Hermansyah
Orang Tua : Halilintar Anofial Asmid (Ayah), Lenggogeni Faruk (Ibu)
Instagram : @attahalilintar
TikTok : @attahalilintar
Twitter : @AttaHalilintar
Youtube : AH