Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

Instagram/@kevin_sanjaya
Kevin sanjaya
29/7/2021, 19.20 WIB

ZIGI – Tim ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon harus terhenti di perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Tim yang dijuluki The Minions tersebut dikalahkan oleh ganda putra Malaysia yakni Aaron Chia dan Soh Wooi Yik dalam pertandingan yang berlangsung pada Kamis, 29 Juli 2021.

Terlepas dari itu, berbagai cuplikan video Kevin Sanjaya kini viral di TikTok karena dinilai tengil saat bertanding. Kariernya dalam olahraga bulu tangkis pun sudah dikenal oleh dunia. Penasaran dengan sosok Kevin Sanjaya? Yuk simak artikelnya!

Keluarga Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya lahir di Banyuwangi, 2 Agustus 1996. Pemilik asli nama Kevin Sanjaya Sukamuljo ini merupakan anak bungsu dari Sugiarto Sukamuljo (ayah) dan Winartin Niawiti (ibu). Ia memiliki seorang kakak bernama Nico Prasetya Sukamuljo. Agama Kevin Sanjaya adalah Kristen. Ia beberapa kali membagikan momen merayakan Natal bersama keluarganya.

Kevin sangat dekat dengan ayahnya. Dia mengungkapkan bahwa kariernya sampai saat ini tak lepas dari bantuan sang ayah yang selalu mendukungnya.

Awal Mula Kevin Sanjaya Suka Bulu Tangkis

Kevin Sanjaya sudah mulai memiliki minat pada bulu tangkis di usia dini. Kala itu, ia sering melihat ayahnya bermain bulu tangkis di lapangan belakang rumahnya. Setelah itu, ayahnya mencari pelatih di Jember agar Kevin bisa menekuni olahraga tersebut.

Harapan sang ayah awalnya tak muluk-muluk yakni agar Kevin bisa paham teknik-teknik dasar bulu tangkis. Saat duduk di bangku SD, Kevin pun sudah memenangkan pertandingan termasuk menjadi juara 1 di tingkat kabupaten.

Di tahun 2006 Kevin gagal dalam audisi PB Djarum, salah satu klub badminton Indonesia yang banyak menyumbang atlet kelas dunia. Namun, ia tak pantang menyerah dan akhirnya lolos audisi PB Djarum di tahun 2007.

“Tadinya gak nyangka sampai sejauh itu ya, waktu itu mau masuk Djarum aja dulu sulit ya harus audisi segala macam. Nah setelah masuk Djarum, ‘Nah inilah kamu di sini harus bisa jadi pemain. Nanti kalau sudah di Pelatnas kamu harus coba buktiin bahwa kamu itu bisa jadi pemain yang bagus’ saya bilang gitu,” kata Sugiarto dikutip Zigi.id dari YouTube pbdjarum dengan judul ‘Wawancara Orangtua Kevin Sanjaya’.

Karier Kevin Sanjaya

Masuknya Kevin Sanjaya di PB Djarum juga berkat Fung Permadi yang kala itu menjadi juri. Fung melihat bahwa Kevin tahu kemana lawannya akan menyerang. Ia dilatih oleh Sigit Budiarto dan prestasinya mulai terlihat saat menjadi runner-up Singapura Internasional bersama dengan Lukhi Apri Nugroho pada 2011. 

Kevin juga sempat berganti pasangan yakni dengan Masita Mahmudin, Wahyu Nayaka, Arya Maulana, hingga Alfian Eko. Hingga akhirnya, Kevin berpasangan tetap dengan Marcus Gideon. Kevin dan Gideon dijuluki The Minions karena ketika mereka bertanding seperti minions di film Despicable Me (2010) yang sering memantul kesana-kemari.

Bersama dengan Marcus Gideon, mereka berhasil memenangkan pertandingan China Open (2019), Japan Open (2019), All England Open (2018) serta Malaysia Master (2016). Di tahun 2017, Kevin dan Marcus Gideon juga dinobatkan sebagai pemain badminton terbaik di dunia dan mendapatkan penghargaan dari BWF (Badminton World Federation).

Bisnis Kevin Sanjaya

Di tahun 2019, Kevin Sanjaya terjun ke dunia bisnis minuman susu bernama Vinion. Rupanya, Kevin sangat suka dengan minuman yang mengandung susu dan bubble sehingga terbentuklah bisnis tersebut.

Nama Vinion diambil dari Kevin dan The Minions dan memiliki slogan ‘Taste the champion’. Gerai Vinion ini ada di beberapa kota besar di Indonesia termasuk Medan, Jakarta, Bali hingga Malang.

Pacar Kevin Sanjaya

Kevin pernah dikabarkan dekat dengan ratu bulu tangkis Thailand yang bernama Ratchanok Intanon di tahun 2015 lalu. Hal itu berawal dari interaksi mereka di Twitter dan penggemar berspekulasi bahwa mereka terlibat hubungan asmara.

Namun, keduanya tidak pernah membahas status hubungan tersebut. Kevin juga pernah dikabarkan dekat dengan Maria Selena, pemenang Puteri Indonesia 2011. Keduanya juga tidak terbuka secara gamblang terkait kisah asmara mereka.

Di tahun 2020, Kevin Sanjaya juga pernah digosipkan berpacaran dengan Natasha Wilona. Hal itu lantaran mereka sering terlihat bersama dan berkolaborasi untuk konten YouTube. Namun, Natasha mengatakan bahwa mereka hanya berteman. Hingga saat ini, Kevin Sanjaya tidak pernah secara blak-blakan membahas sosok pacarnya.

Biodata Kevin Sanjaya

Nama lengkap : Kevin Sanjaya Sukamuljo
Nama panggung : Kevin Sanjaya
Tempat dan tanggal lahir : Banyuwangi, 2 Agustus 1996
Agama : Kristen
Profesi : Atlet Bulu Tangkis
Orang tua: Sugiarto Sukamuljo (ayah), Winartin Niawiti (ibu)
Instagram : @kevin_sanjaya

Baru-baru ini, langkah Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon di Olimpiade Tokyo 2020 harus terhenti setelah dikalahkan oleh tim ganda putra Malaysia. Para penggemar pun mulai membanjiri kolom komentar Instagramnya untuk tetap menyemangati Kevin dan Gideon.