ZIGI – Lagu Ingkar milik Tulus telah dirilis pada Jumat, 13 Agustus 2021. Seiring dengan itu, Tulus juga merilis video lirik lagu Ingkar di YouTube dan kini telah ditonton hingga 90 ribu pengguna meski baru diunggah enam jam yang lalu.

Diketahui bahwa Tulus terakhir kali mengeluarkan lagu pada Mei 2020 dengan judul Adaptasi. Erwin Gutawa juga ikut andil dalam lagu Ingkar sebagai orang yang mengaransemen orkestra. Yuk simak fakta lirik lagu Ingkar milik Tulus di bawah ini!

Arti Lirik Lagu Ingkar Milik Tulus

Lagu Ingkar yang dinyanyikan oleh Tulus menjadi single pertama yang dibocorkan untuk album terbarunya. Di bulan September 2021, Tulus akan merayakan anniversary 10 tahun perjalanannya di industri musik Tanah Air dengan merilis sebuah album.

Lirik lagu Ingkar bercerita tentang seseorang yang sudah tidak memiliki perasaan cinta pada kekasihnya. Namun, ia harus berbohong akan hal tersebut. Sebenarnya, Tulus beberapa kali memberi kode pada penggemarnya tentang lagu Ingkar ini. 

Aku coba dengan yang baru,” tulis Tulus dikutip dari Instagram @tulusm pada Minggu, 8 Agustus 2021.

Lagu Ingkar Sudah Dipikirkan Sejak Tahun 2019

Rupanya, lagu Ingkar sudah terpikirkan sejak tahun 2019 lalu. Awalnya, Yoseph Sitompul membuat melodi lagu dan pada Oktober 2019 Tulus pun mulai menciptakan lirik yang sesuai dengan nada tersebut.

September 2019, Bang Yoseph Sitompul beride melodi lagu. Melodi yang kemudian memancing terciptanya lirik pada Oktober 2019. Lagu ini kemudian dibawa ke studio. Mengalami perubahan formasi, dan diolah sedemikian rupa oleh Bang Ari Renaldi. Kolaborasi pun berlanjut dengan dibangunnya aransemen orkestra oleh Om Erwin Gutawa pada 2021. Bangga dapat bekerja sama dengan semua,” sambung penyanyi bernama asli Muhammad Tulus Rusydi ini.

Harapan Tulus untuk Lagu Ingkar

Di akhir, ia mengatakan bahwa pandemi Covid-19 tidak menghalanginya untuk tetap berkarya. Penyanyi kelahiran 20 Agustus 1987 ini berharap agar para pendengar bisa menikmati dan menyukai lagu barunya tersebut. Lagu ini bisa didengarkan di berbagai platform musik seperti Apple Music, Resso, Deezer, Joox, Spotify, YouTube Music hingga Langit Musik.

Sedang jarang bertemu, tapi syukurnya ide tidak ikut jarang bertamu. Hari ini, Ingkar, dirilis. Bila lagu ini bersuara di hati teman-teman, tentu saja seluruh talenta yang terlibat di dalam proses pembuataannya akan turut senang. Terima kasih,” kata Tulus.

Banjir Dukungan

Setelah lagu Ingkar resmi dirilis, berbagai selebriti Tanah Air membanjiri kolom komentar Instagram Tulus dengan menunjukkan dukungan mereka. Gita Gutawa memberikan komentar dengan emotikon tepuk tangan dan penyanyi Andien bereaksi dengan emotikon hati.

Bagus banget,” ujar Dee Lestari.
Huwaa, selamat Tulus,” sahut Rossa.
Bangga dan bahagia bisa ikutan. Terima kasih ya,” ujar Erwin Gutawa.

Lirik Lagu Ingkar – Tulus

Seiya menyudahi
Sekata pisah tak sama lagi
Bersama dihadapi
Engkau pun seperti
Tak enggan mengakhiri
Ku dengan bunga baru
Jiwa sepimu diobatinya
Terus mencari celah
Berdua bicara topik mengada-ada
Ingkarkah kita

Aku coba dengan yang baru
Kukira hilang bayangmu
Namun tiap dengan yang baru
Rasanya seperti ku berbohong dan curangimu

Ku dengan bunga baru
Jiwa sepimu diobatinya
Terus mencari celah mengarang temu
Tuju mengada-ada
Aku coba dengan yang baru kukira
Hilang bayangmu
Namun tiap dengan yang baru
Rasanya seperti ku berbohong dan curangimu

Detik-detik terus menitik
Garis rindu menuju kamu
Jam demi jam terus menggeram
Rona rindumu pun kepadaku

Mungkin kita butuhkan waktu
Atau berdua
Mengingkari hati
Detik-detik terus menitik
Kisah kita tidak bertitik

Aku coba dengan yang baru
Kukira hilang bayangmu
Namun tiap dengan yang baru
Rasanya seperti ku berbohong dan curangimu

Aku coba dengan yang baru
Kukira hilang bayangmu
Namun tiap dengan yang baru
Rasanya seperti ku berbohong dan curangimu

Ku curangimu
Curangimu

Itulah fakta lirik lagu Ingkar – Tulus yang baru saja dirilis. Produser dan aransemen musik Ingkar ialah Ari Renaldi. Sayangnya, Tulus belum buka suara terkait detail album yang akan datang untuk merayakan anniversary ke-10. Berikut video lirik lagu Ingkar milik Tulus: