ZIGI – Lil Nas X mengejutkan publik dengan kabar 'kehamilannya'. Rapper asal Amerika ini bahkan membagikan sejumlah foto dengan perut yang membuncit. Dia pun sudah memberikan nama Montero untuk 'calon bayinya'. 

Seiring dengan kabar ini, sosok Lil Nas X membuat publik penasaran. Selama ini, Lil Nas X terlahir sebagai laki-laki dan tidak pernah berganti kelamin atau transgender. Untuk mengenal lebih lanjut, kali ini Zigi.id merangkum 10 fakta Lil Nas X. Keep scrolling!

Baca juga: Heboh Penyanyi Lagu Montero - Lil Nas X Laki-laki Pamer Foto Hamil

1. Musisi Muda yang Awalnya Aktif Buat Meme

Lil Nas X dikenal sebagai musisi muda berbakat. Dia memiliki nama asli Montero Lamar Hill. Lil Nas X lahir di Georgia, Amerika Serikat pada 9 April 1999. Sehingga kini, umurnya baru menginjak 22 tahun. 

Sebelum memulai kariernya sebagai penyanyi, Lil Nas X sempat aktif di Twitter dengan karya memenya. Tapi akhirnya, dia mulai menemukan bakatnya menulis lagu dan memutuskan fokus bermusik. Meski begitu, Lil Nas X masih sering memposting meme sambil mempromosikan lagunya.

2. Pencapaian di Billboard

Lil Nas X memulai debutnya dengan lagu Old Town Road yang dirilis pada Desember 2018. Walaupun masih baru, lagu Lil Nas X tersebut sudah berhasil masuk Billboard Hot 100. Bahkan hampir 19 minggu berturut-turut lagu Old Town Road menjadi nomor satu. Lil Nas X juga kembali mengukir kesuksesan, karena lagu barunya Montero (Call Me by Your Name) yang dirilis pada Maret 2021 juga masuk ke Billboard Hot 100 dan sekarang berada di posisi 9.

3. Kontroversi Sepatu Darah

Di balik prestasinya, Lil Nas X juga beberapa kali mengundang kontroversi. Salah satunya saat dia merilis produk sepatu yang berkerjasama dengan MSCHF. Sepatu yang diluncurkan pada Maret 2021 ini, diberi nama the Satan Shoe atau Sepatu Setan.

Menurut Buzzfeed News, setiap sepatu kolaborasi Lil Nas X ini memiliki darah di bagian solnya. Selain itu, sepatu berwarna hitam dengan aksen merah ini juga mencantumkan nama surat dan nomor ayah Alkitab. Sepatu tersebut juga hanya diproduksi sebanyak 666 untuk followers-nya yang beruntung. 

Angka 666 ini juga kerap dipercaya sebagai angka setan. Namun tidak lama setelah dirilis, sepatu ini langsung menuai kritik dari publik. Bahkan produk sepatu milik Lil Nas X langsung ditarik dari peredaran karena dianggap sebagai pemuja setan. 

 

4. Video Klip Bernuansa Setan

Sebelum merilis sepatu kolaborasinya, Lil Nas X pernah menjadi sorotan publik usai meluncurkan video klip terbarunya Montero (Call Me By Your Name) pada Maret 2021. Video itu sendiri menampilkan nuansa yang agak seram dan disebut bernuansa setan.

Dia juga beradu akting mesra dengan pria yang memakai topeng berwarna merah yang dinilai seperti setan. Banyak netizen yang kemudian menuding video klip milik Lil Nas X berpotensi merusak anak-anak bahkan bisa merusak nilai-nilai agama tertentu.

5. Diduga Gabung Iluminati

Karena video itu juga, Lil Nas X dituduh bergabung dengan kelompok illuminati yang memuja setan. Bahkan karir Lil Nas X disebut berada di bawah naungan organisasi rahasia, Illuminati. Dugaan ini diperkuat dari video klip Lil Nas X di mana, dia menampilkan banyak simbol yang terkait illuminati.

6. Dapat Dukungan dari Gereja Setan

Tidak hanya itu, Lil Nas X juga mendapat dukungan dari Church of Satan (Gereja Setan). Salah satu perwakilan Gereja Setan bahkan mengaku kagum dengan apa yang dilakukan oleh Lil Nas X untuk produk sepatunya. Dia pun memberikan dukungan penuh untuk jalan yang dipilih oleh Lil Nas X.

7. Telanjang di MV Industry Baby

Pada Juli 2021, Lil Nas X kembali menuai hujatan setelah merilis video klip lagu kolaborasinya bersama Jack Harlow berjudul Industry Baby. Lagu ini menggambarkan tentang pasangan yang berusaha melarikan diri dari penjara.

Tapi banyak orang yang mengutuk video klip itu karena dinilai meremehkan sistem penjara AS, yang secara tidak proporsional juga mempengaruhi orang kulit hitam di Amerika. Dalam video klip itu, Lil Nas X memperlihatkan sejumlah pria kulit hitam termasuk dirinya bergoyang twerking dengan keadaan telanjang tanpa busana apapun.

 

8. Orientasi Seksual Gay

Lil Nas X mengkonfirmasi dirinya seorang gay bertepatan dengan World Pride Day yang merupakan hari perayaan untuk komunitas LGBTQ pada September 2019 lalu. Sambil memposting video lagunya C7osure, dia menyematkan emoji pelangi. Selain itu, Lil Nas X juga pernah memposting cover-art di mini album debutnya bertajuk 7 yang memperlihatkan jelas siluet pelangi pada salah satu bagiannya.

Dia pun menegaskan sudah memberikan petunjuk yang sangat jelas. Di momen April Mop tahun 2020 lalu, Lil Nas X pernah membuat guyonan dengan mengatakan kalau dia tidak pernah gay. Tapi tidak lama setelahnya, dia membuat cuitan kembali yang mengatakan kalau dia sudah kembali menjadi gay.

9. Viralkan Komentar Nah He Tweakin

Terbaru tepatnya pada 26 Agustus 2021, Lil Nas X menduduki trending Google karena komentar yang dituliskannya yakni, Nah he tweakin atau yang berarti, ‘tidak dia konyol’ viral dan diikuti oleh para pengikutnya. 

Ungkapan ini sebenarnya bermula dari kekesalan Lil Nas X dengan reaksi publik terkait produksi sepatu yang dikeluarkannya berbeda dengan respon tentang legenda skateboard, Tony Hawk yang mengeluarkan produk skateboard.

Skateboard edisi terbatas yang hanya akan dibuat sebanyak 100 pieces ini dibuat dengan cat merah yang akan dicampur dengan darah Tony Hawk. Terkait kabar ini, publik pun merasa antusias. Namun saat dia merilis sepatu dengan darah justru menuai hujatan. Dia pun merasa tidak adil dan menuliskan komentar Nah he tweakin.

10. Umumkan 'Kehamilan'

Lil Nas X membuat publik heboh saat memamerkan foto 'kehamilannya'. Tampak dari foto yang diunggahnya, Lil Nas X memakai cardigan putih panjang, celana panjang warna senada dan mahkota bunga berwarna putih. Dia juga memperlihatkan perutnya yang menonjol seperti tanda kehamilan. Usut punya usut, ternyata kehamilan Lil Nas X ini hanya lelucon.

Dia tidak benar-benar hamil dan perutnya hanya menggunakan perut prostetik atau buatan. Lil Nas X sengaja menciptakan konsep tidak biasa tersebut untuk menyambut perilisan album perdananya berjudul Montero pada 17 September 2021. Nantinya, album ini akan berisi 15 lagu dan memuat lagu kolaborasi dengan sejumalah musisi seperti Miley Cyrus dan Doja Cat.

Baca juga: Arti Kata Nah He Tweakin, Viral Karena Lil Nas X di Instagram