8 Artis Terancam Masuk Daftar Hitam China, Jet Li Warga Singapura

Berbagai sumber
Liu yifei, nicholas tse, jet li
8/9/2021, 17.01 WIB

ZIGI – Jet Li, Nicholas Tse hingga Liu Yifei dikabarkan menjadi sasaran selebriti yang masuk dalam daftar hitam China. Rumor tersebut berawal dari hilangnya informasi tentang Vicky Zhao, aktris ternama China yang memiliki dua kewarganegaraan.

Dikutip Zigi.id dari SCMP pada Rabu, 8 September 2021, ratusan ribu warga Hong Kong memiliki kewarganegaraan ganda. Namun, pemerintah China mulai menegakkan hukum bahwa orang-orang dengan kewarganegaraan ganda tidak akan diakui.

Baru-baru ini, tersebar daftar yang mengklaim bahwa Administrasi Radio dan Televisi Nasional China akan menempatkan batasan baru pada selebriti dengan kewarganegaraan asing. Sutradara China, Zhou Guogang juga memberikan bocoran beberapa selebriti yang di-blacklist. Siapa sajakah mereka? Yuk simak artikelnya!

Liu Yifei

Liu Yifei merupakan aktris China yang terkenal berkat perannya di film Mulan (2020). Dia lahir di Wuhan, 25 Agustus 1987. Meski lahir di Wuhan, Liu Yifei memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat karena naturalisasi. 

Naturalisasi atau pewarganegaraan merupakan proses perubahan status dari penduduk asing menjadi warga suatu negara. Liu Yifei tinggal di Amerika Serikat sejak tahun 1997.

Zhang Tielin

Zhang Tielin adalah aktor dan sutradara yang lahir di Tangshan, China pada 15 Juni 1957. Namun, ia memiliki dua kewarganegaraan yakni China dan Inggris. Hal itu berawal di tahun 1988 yang dimana Zhang Tielin syuting di Inggris. 

Tak lama setelah itu, dia menjalin hubungan asmara dengan seorang wanita yang tinggal di negara tersebut. Zhang Tielin pun menetap dan menjadi warga negara Inggris. Mereka dikaruniai anak bernama Zhang Yueliang.

Mark Chao

Mark Chao adalah aktor kelahiran Taipei, 25 September 1984 yang memiliki kewarganegaraan Kanada. Mark pindah dari China ke Kanada sejak tahun 1996 dan mengenyam pendidikan di sana. Di tahun 2007, ia kembali ke China dan mulai karier aktingnya. Dikarenakan memiliki dua kewarganegaraan, aktor drama Eternal Love (2017) ini dikabarkan masuk dalam daftar hitam China.

 

Will Pan

Penyanyi Will Pan juga dirumorkan di-blacklist dari industri hiburan China. Dia lahir di Virginia, Amerika pada 6 Agustus 1980. Meskipun lahir dan memiliki kewarganegaraan Amerika, Will masih mempunyai darah China. Dia juga mengembangkan kariernya di China dan pernah mengikuti audisi pembawa acara Channel V di Hong Kong.

Wang Leehom

Wang Leehom lahir di Rochester, New York, Amerika pada 17 Mei 1976. Sama seperti Will Pan, ia juga mempunyai darah China dan masuk ke dalam daftar hitam. Wang Leehom adalah penyanyi, penulis lagu dan aktor ternama yang pernah membintangi Lust, Caution (2007). Wang Leehom mulai menetap di Taiwan saat mengunjungi kakek dan neneknya di tahun 1995.

Vicky Zhao

Vicky Zhao juga masuk dalam daftar hitam China dan segala informasinya di Weibo telah dihapus pemerintah China. Diketahui bahwa Vicky Zhao adalah warga negara Singapura yang menikah di China pada tahun 2008. Aktris film Mulan (2009) ini juga melambungkan kariernya di China. 

Setelah namanya masuk dalam daftar hitam, Vicky dilaporkan telah meninggalkan China menuju Perancis pada 28 Agustus lalu. Di Perancis, Vicky memiliki kebun anggur dan properti mewah lainnya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Vicky Zhao, Aktris Mulan Masuk Daftar Hitam China

Jet Li

Aktor kawakan Jet Li juga disebut masuk dalam daftar hitam China. Diketahui bahwa dia merupakan warga negara Singapura. Jet Li lahir di Beijing, 26 April 1963 dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1997.

Di tahun 2009, Jet Li melepaskan kewarganegaraan Amerika-nya dan menjadi warga negara Singapura. Hal itu karena anaknya yang mengenyam pendidikan di Singapura sehingga Jet Li harus merelakan kewarganegaraannya.

Nicholas Tse

Salah satu aktor yang tengah ramai diperbincangkan ialah Nicholas Tse. Aktor New Police Story (2004) ini lahir di Hong Kong pada 29 Agustus 1980 namun pindah ke Kanada sejak usianya masih belia. Saat namanya dikabarkan masuk daftar hitam China, Nicholas Tse mengumumkan dia melepas kewarganegaraan Kanada.

“Aku lahir di Hong Kong, jadi aku asli China. Sebenarnya, aku telah memulai proses untuk melepaskan kewarganegaraan Kanada,” kata Nicholas pada Minggu, 5 September 2021.

Itulah deretan selebriti China yang dikabarkan masuk dalam daftar hitam karena memiliki kewarganegaraan asing. Setelah Nicholas Tse memutuskan untuk tetap jadi warga negara China, Jet Li hingga Vicky Zhao belum buka suara.