Profil dan Biodata Dhinda Salsabila, Atlet Sepatu Roda di PON XX Papua

@dindasabilajh/Instagram
Dhinda Salsabila
Penulis: Yasmin Karnita
3/10/2021, 20.46 WIB

ZIGI – Dhinda Salsabila, atlet sepatu roda asal Indonesia tengah menjadi perbincangan. Selain karena berhasil membawa pulang satu medali emas dan satu medali perak dari ajang PON XX Papua 2021, sosoknya mulai mencuri perhatian netizen. Profil, akun Instagram, dan biodata Dhinda Salsabila banyak dicari.

Pesona Dhinda Salsabila yang masih berusia sangat muda, sukses menghipnotis sejuta pasang mata. Bagi yang belum familiar dengan atlet sepatu roda satu ini, yuk simak fakta menarik tentang Dhinda Salsabila lewat artikel berikut!

Baca Juga: Profil dan Biodata Melati Daeva Oktavianti: Agama, Pacar, Prestasi

1. Video Dhinda Salsabila Viral di TikTok

Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2021 resmi digelar di Jayapura, Papua sejak Sabtu, 2 Oktober 2021. Ajang olahraga nasional empat tahunan ini mempertandingkan total 6.442 atlet dari seluruh Indonesia yang didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang.

Dari sekian banyak atlet yang berkompetisi, sosok Dhinda Salsabila begitu mencuri perhatian. Hal ini berawal dari video yang diunggah di akun Tik Tok resmi @ponxxpapua2021 mendadak viral.

Video tersebut memperlihatkan Dhinda Salsabila yang hendak bertanding untuk cabang olahraga sepatu roda. Per Minggu, 3 Oktober 2021, video tersebut sudah ditonton lebih dari 24,2 juta kali. 

2. Dhinda Salsabila Bawa Pulang Dua Medali dari PON XX Papua 2021

Lantas Dhinda Salsabila adalah atlet sepatu roda kontingen Papua. Kini, Dhinda telah mengantongi satu medali emas nomor Individual Time Trial (ITT) 200 meter putri pada Selasa, 28 September 2021.

Kemudian, Dhinda Salsabila kembali mengharumkan Provinsi Papua dengan membawa pulang medali perak di nomor 500 meter putri pada Kamis, 30 September 2021.

Meski PON XX Papua 2021 baru resmi dibuka tanggal 2 Oktober 2021 lalu oleh Presiden Jokowi, beberapa cabang olahraga termasuk sepatu roda sudah memulai pertandingan sejak beberapa minggu sebelumnya.

3. Awal Mula Dhinda Salsabila Terjun ke Dunia Olahraga

Dhinda Salsabila lahir pada 11 Agustus 2003 di Pekanbaru, membuatnya kini berusia 18 tahun. Mimpi menjadi atlet sudah didambakannya sejak kecil saat sang ibu mengajaknya menonton pertandingan PON 2012 di Pekanbaru, Riau. 

Selain menekuni bidang sepatu roda, Dhinda Salsabila juga mahir dalam ice skating. Sudah ada sederet kompetisi yang berhasil dia menangkan dalam hitungan beberapa tahun terakhir.

4. Daftar Prestasi Dhinda Salsabila

Sebelum meraih dua medali emas di PON XX Papua 2021, Dhinda Salsabila sudah sering memenangkan berbagai kejuaraan sebagai atlet. Pada 2019, dia membawa pulang medali emas dari Sea Games Filipina di cabang olahraga ice skating nomor relay 3000.

Lalu Dhinda Salsabila kembali meraih medali emas dan perunggu dalam ajang Korean Open Short Track 2019. Terakhir, dia juga pernah menyabet medali perunggu di Piala Ibu Negara, disusul dengan medali emas dan perak sekaligus dalam Bekasi Open Turnamen.

Saat ini, Dhinda Salsabila diketahui bergabung dalam klub Cenderawasih Speed Skating di Papua. 

5. Akun Instagram Dhinda Salsabila

Lantas keseharian Dhinda Salsabila seringkali dia bagikan melalui akun Instagram pribadinya dengan username @dindasabilajh. Per Minggu, 3 Oktober 2021, Dhinda tercatat telah memiliki lebih dari 19 ribu pengikut. Dipastikan bahwa angka followers-nya akan terus bertambah, menyusul sosoknya yang kini menjadi bahan perbincangan.

Sama seperti remaja seumurnya, Dhinda Salsabila gemar membagikan foto-foto dirinya. Mulai dari selfie, saat liburan, bertandang ke luar negeri, hingga potret dalam ajang kompetisi. Tidak bisa dipungkiri, parasnya yang begitu cantik membuat Dhinda Salsabila semakin difavoritkan netizen.

6. Biodata Dhinda Salsabila

  • Nama lengkap: Dhinda Salsabila
  • Tempat, tanggal lahir: Pekanbaru, Riau, 11 Agustus 2003
  • Umur: 18 tahun
  • Profesi: Atlet sepatu roda, skater trek pendek nasional
  • Akun Instagram: @dindasabilajh

Kini sosok Dhinda Salsabila, atlet sepatu roda yang baru saja membawa pulang medali emas dan perak dari ajang PON XX Papua 2021 menjadi bahan perbincangan. Selain karena berhasil memenangkan pertandingan, wajah cantiknya sukses mencuri perhatian netizen.

Baca Juga: Profil dan Biodata Putri KW: Agama, Pacar, Debut di Sudirman Cup 2021