Kronologi Dorce Gamalama Dirawat di ICU Setelah Hilang Kesadaran

Instagram/@dg_kcp
Dorce Gamalama
8/10/2021, 18.18 WIB

ZIGI – Dorce Gamalama datang dengan kabar mengejutkan. Lama tidak terdengar kabarnya, artis senior itu dilarikan ke rumah sakit setelah tidak sadarkan diri diduga karena penyakit diabetes yang sudah lama dideritanya.

Kini, Dorce Gamalama harus menjalani perawatan intensif di ruang ICU. Sebelum ini, Dorce sempat satu minggu dirawat di rumah sakit. Belum satu hari di rumah, dia harus kembali dibawa ke rumah sakit. Berikut kronologi Dorce Gamalama sakit.

Baca juga: Kronologi Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit Diduga Pendarahan Otak

Dorce Gamalama Dilarikan ke RS Lagi

Putri Dorce Gamalama, Khadijah membeberkan kronologi terkait kondisi sang ibu saat dibawa ke rumah sakit. Rupanya kejadian ini bermula saat Dorce yang tertidur dibangunkan untuk makan. Tapi ketika itu, artis 58 tahun tersebut sudah tidak merespon. 

Akhirnya, keluarga langsung menghubungi dokter dan membawa Dorce Gamalama ke rumah sakit pada Kamis malam, 7 Oktober 2021. Setelah mendapat penanganan, Dorce langsung dipindahkan ke ruang perawatan intensif, ICU.

"Kemarin itu ada janji sama keponakan mamah, ada urusan, ketika dibangunkan untuk makan, mama enggak respons. Kesadarannya menurun dan kayaknya kesehatannya drop lagi. Jadi langsung WA dokternya mamah, disuruh langsung dibawa ke rumah sakit. Langsung masuk UGD, kemudian dipindahkan ke ICU," kata Khadijah yang dikutip Zigi.id dari YouTube Intens Investigasi, Jumat, 7 Oktober 2021.

Sebelum dibawa ke rumah sakit, diakui Khadijah sang ibu tidak memiliki keluhan apapun. Dorce hanya mengatakan mengantuk dan ingin pergi tidur. Tapi Dorce Gamalama sudah tidak merespon saat dibangunkan bahkan dengan diciprati air. Rupanya, Dorce juga baru saja pulang setelah dirawat di rumah sakit karena sakit diabetes.

"Abis sakit juga, abis di opname seminggu. Pulang ke rumah Kamis pagi. Makanya masih dalam pantauan dokter, jadi pas drop kita kabarin dokter disuruh langsung bawa ke RS lagi. Kemarin tuh dirawat karena gula, diabetes," ungkap Khadijah.

Sementara itu, untuk penyakit Dorce Gamalama saat ini belum diketahui. Dokter masih melakukan observasi di ICU untuk mengetahui kondisi Dorce secara keseluruhan. 

"Pas dibawa kesadarannya drop. Belum sehari pulang, begitu tahu kondisinya drop dibawa lagi. Kita nanya pastilah ke dokter, 'Kira-kira kenapa gini?' Katanya masih observasi dan cek lainnya, belum ada informasi lagi. Kami masih menunggu hasil CT Scan," sambung Khadijah.

Dorce Gamalama Sempat Memberontak

Kerabat Dorce Gamalama juga sempat mengungkap kondisi sang artis saat dibawa begitu memprihatinkan. Dorce dikatakan sempat memberontak dan tampak seperti gelisah setelah sampai di UGD. Beruntungnya, Dorce Gamalama mendapat penanganan yang cepat dari pihak medis.

"Semalam itu sangat memprihatinkan, tapi kita masih bisa dikondisikan. RS ini tindakannya luar biasa, pas datang langsung dilarikan ke UGD dan ditangani cepat. Jadi saya agak enggak terlalu panik ya. Karena saat itu saya menyaksikan, ada sedikit meronta dan agak sedikit gelisah bunda Dorce," kata Hetty, sahabat Dorce Gamalama.

Sejumlah tindakan medis langsung diberikan seperti rekam jantung dan CT scan. Gula darah Dorce Gamalama yang sebelumnya sangat rendah pun langsung berangsur naik walaupun dia masih belum bisa diajak berkomunikasi.

Kondisi Dorce Gamalama Sekarang

Meski begitu, Hetty mengatakan kondisi Dorce Gamalama sudah lebih baik dari sebelumnya. Dorce kini sudah lebih tenang dan tidak gelisah lagi. Kondisi ini diketahui dari dokter yang menangani di rumah sakit.

"Belum sama sekali (bisa diajak berkomunikasi). Ada perubahan beliau sudah tenang sekarang, tidak gelisah dan merasa sakit lagi. Cuma belum bisa komunikasi. Karena di ICU, keluarga dan kerabat enggak bisa sembarangan masuk gitu, jadi komunikasi terbatas cuma dokter aja," imbuh Hetty.

Lebih lanjut, Sari, manajer Dorce Gamalama mengungkap artisnya sudah menderita penyakit gula selama 15-20 tahun terakhir. Namun baru kali ini, kondisi Dorce menurun drastis dan sampai membuatnya dirawat. Pihak keluarga dan kerabat pun memohon doa untuk kesembuhan Doce Gamalama.

"Kalau udah dapat hasil dokter karena ditangani dokter syaraf dan penyakit dalam, ya nunggu hasil aja. Kita minta doa kepada semuanya, semoga Bunda Dorce tidak ada yang tidak diinginkan, bisa sembuh, dan bisa aktivitas seperti sedia kala," tandas Sari.

Sebelum jatuh sakit, Dorce Gamalama sempat menghebohkan publik setelah meminta pekerjaan pada Raffi Ahmad. Dia bahkan tidak ragu untuk menjadi supir pribadi suami Nagita Slavina itu. Kini, kita doakan untuk kesehatan Dorce Gamalama ya!

Baca juga: Kronologi Chef Haryo Pramoe Sakit, Butuh Donor Darah dan Dapat Hidayah