Profil dan Biodata Sutjiati Narendra, Atlet Blasteran AS di PON Papua

Instagram/@sutji.ritma
Sutjiati Narendra
12/10/2021, 11.48 WIB

ZIGI – Atlet senam ritmik, Sutjiati Narendra membawa pulang dua emas dan satu perak untuk Lampung di ajang PON XX Papua 2021. Berkat keberhasilannya itu, sosok Sutjiati Narendra sukses membuat publik penasaran dikarenakan memiliki paras yang menawan.

Usut punya usut, Sutjiati baru menjadi warga negara Indonesia pada tahun 2018 silam. Sebelumnya, ia lebih sering berkompetisi di Amerika Serikat. Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak profil dan biodata Sutjiati Narendra berikut ini!

Baca Juga: Profil dan Biodata Dhinda Salsabila, Atlet Sepatu Roda di PON XX Papua

1. Keluarga Sutjiati Narendra

Sutjiati Narendra merupakan atltet senam ritmik yang lahir di New York, Amerika Serikat pada 13 Februari 2004. Ayahnya bernama Andy Febriant Narendra dan sang ibu bernama Christina Marie Narendra.

Pemilik nama lengkap Sutjiati Kelanaritma Narendra ini juga memiliki dua adik perempuan yang bernama Ina Narendra dan Dewi. Sutjiati memiliki keturunan Amerika-Indonesia karena sang ayah berasal dari Solo sedangkan ibunya dari Amerika Serikat.

Ia cukup aktif membagikan potret keluarganya di Instagram. Terlihat bahwa mereka kerap berlibur bersama ke beberapa destinasi wisata di Lampung. Belum diketahui agama Sutjiati Narendra karena ia sangat tertutup terkait hal tersebut di media sosialnya.

2. Awal Karier Sutjiati Narendra

Sutjiati mulai berlatih senam ritmik saat usianya 8,5 tahun. Kala itu, ia dan adik-adiknya menonton kompetisi Olimpic 2015 dan langsung tertarik untuk mendalami senam ritmik.

“Aku memilih untuk melakukan senam ritmik karena tubuhnya lebih seperti balerina, tubuhnya lebih lentur, fleksibel, langsing dan elegan. Aku hanya suka berlatih dalam kegiatan yang menunjukkan keanggunan dan keindahan,” kata Sutjiati dikutip Zigi.id dari YouTube Lampung Geh dengan judul ‘Sutjiati, Pulang dari USA Demi Membela Timnas Indonesia’.

Sejak saat itu, ia meminta izin dan dukungan dari orang tua untuk terus mengejar kariernya di bidang senam ritmik. Di usia 9 tahun, Sutjiati mengikuti berbagai perlombaan tingkat domestik di Amerika Serikat.

Perempuan yang akrab disapa Sutji ini juga pernah meraih Juara 1 Gymnastic Keseluruhan dengan menggunakan empat alat yakni hula hoop, bola, stik dan pita di kompetisi di Las Vegas tahun 2018 lalu. Dia juga pernah menjadi Juara 1 di Bulgaria dengan kategori senam ritmik menggunakan pita.

 

Baru-baru ini, Sutjiati mewakili daerahnya yakni Lampung untuk berkompetisi di PON XX Papua 2021. Ia membawa pulang dua medali emas dari cabang olahraga Senam Ritmik nomor Perorangan Alat Bola dan Perorangan Alat Pita serta satu perak dari nomor Perorangan Serba Bisa.

3. Sutjiati Narendra Pindah Kewarganegaraan

Rupanya, Sutjiati Narendra pindah kewarganegaraan dari Amerika Serikat menjadi Indonesia pada tahun 2018 lalu. Alasan menjadi WNI dikarenakan Sutjiati melihat peluang bahwa dirinya bisa mempopulerkan senam di Indonesia.

Dia mengaku lebih menyukai Indonesia dikarenakan makanannya dan cuaca yang panas. Ayah Sutji mengatakan bahwa sang anak tidak pernah menyerah untuk menggapai mimpinya menjadi atlet senam ritmik.

“Kita pengen dia berhenti karena sudah capek kan ya, kita mengikuti jadwalnya setiap hari bertahun-tahun. Tapi dia gak mau berhenti, berarti emang ambisi dari anaknya sendiri dan dari darahnya sendiri,” kata Andy.

4. Hobi Sutjiati Narendra

Sutjiati Narendra mengaku memiliki hobi membuat kue. Hal itu adalah salah satu caranya untuk mengistirahatkan diri dari kegiatan senam. Di Instagram, Sutjiati kerap membagikan potret kue yang ia buat.

Aku memanggang kue ini untuk ulang tahun pernikahan kakek nenekku yang ke-50. Ini ditambah dengan serpiah emas yang bisa dimakan karena peringatan ke-50 dikenal juga dengan nama Golden Anniversary,” tulis Sutji di Instagram pada 31 Desember 2017.

5. Biodata Sutjiati Narendra

  • Nama Lengkap: Sutjiati Kelanaritma Narendra
  • Nama Panggilan: Sutji
  • Tanggal lahir: 13 Februari 2004
  • Umur: 17 Tahun
  • Agama : Belum diketahui
  • Profesi: Atlet Senam
  • Orang Tua: Andy Febriant Narendra (Ayah) dan Christina Marie Narendra (Ibu)
  • Saudara: Ina Narendra (Adik) dan Dewi (Adik)
  • Tinggi Badan: 165 centimeter
  • Akun Instagram : @sutji.ritma

Itulah profil dan biodata lengkap Sutjiati Narendra. Dia tidak terbuka terkait pacar atau sosok laki-laki yang tengah dekat dengannya. Setelah memenangkan dua emas dan satu perak di PON XX Papua 2021, Sutjiati tengah bersiap untuk ajang SEA Games tahun 2022.

Baca Juga: Garudaku Jadi Platform Esport PBESI untuk PON XX Papua 2021