Cara Nonaktifkan Fitur Lihat Belanjaan Teman di Shopee

Shutterstock/ Sulastri Sulastri
Aplikasi Shopee
15/10/2021, 16.26 WIB

ZIGI – Shopee baru saja meluncurkan fitur Aktivitas Teman atau Friend Activity. Dengan menggunakan fitur tersebut, maka pengguna bisa saling membagikan riwayat belanja di Shopee. 

Tidak butuh waktu lama hingga fitur ini mendapatkan kritikan keras dari banyak orang. Simak fungsi fitu baru Shopee 'Aktivitas Teman' dan bagaimana cara mematikan fitur satu ini. 

Fitur Baru Shopee Bisa Intip Belanjaan Teman

Shopee memiliki fitur baru di pengaturan privasi. Fitur ini disebut dengan Friend Activity atau Aktivitas Teman. Jadi pengguna bisa melihat barang belanjaan apa saja yang dibeli oleh pengguna lain yang kontak teleponnya tersimpan. Selain itu, aktivitas belanja yang kita lakukan juga akan dibagikan ke kontak telepon. 

Fitur ini terletak di bagian chat dengan nama 'aktivitas teman' atau 'friend activity'. Isinya berupa review barang, penilaian produk, hingga benda apa saja yang dibeli oleh pengguna lain. 

Namun untuk saat ini Shopee belum memberikan update yang merata bagi semua pengguna. Jadi tidak seluruh pemakai aplikasi Shopee yang sudah update memiliki fitur Friend Activity tersebut. 

Pro Kontra Fitur Baru Shopee

Begitu diluncurkan untuk beberapa pengguna yang sudah update aplikasi Shopee, e-commerce satu ini lantas mendapat kritikan dari netizen. Para pengguna merasa bahwa langkah Shopee ini sudah termasuk pelanggaran privasi. Pasalnya, Shopee tidak meminta izin terlebih dahulu kepada pengguna untuk mengakses kontak. Selain itu, tidak semua pengguna memahami bahwa ada fitur baru tersebut. 

Admin akun Twitter @Shopee_ID sudah melakukan pembelaan terhadap adanya fitur ini. "Kami bantu infokan bhw kamu memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akun terkait riwayat kegiatan kamu," balas akun atas keluhan pelanggan tersebut. 

Akan tetapi, masalahnya sebelum pengaktifan akun, Shopee tidak mengirim notifikasi tertentu, membuat pengguna telat menyadarinya. Netizen juga meminta Shopee untuk lebih awas, mengingat tidak semua pemilik Shopee paham dengan teknologi baru. 

Selain itu, warganet juga merasa aplikasi ini tidak memiliki manfaat tertentu. Justru banyak orang meminta pihak Shopee untuk lebih memperhatikan tentang chat spam hingga link scamming yang sering masuk di fitur chat. 

Sepertinya fitur Friend Activity diterapkan untuk mengajak pelanggan agar lebih sering menggunakan Shopee. Dengan melihat daftar barang dari teman lain, diharapkan keinginan untuk berbelanja juga akan meningkat. 

Protes dari netizen ini sudah dijadikan masukkan oleh para admin Shopee. Namun hingga kini belum ada tangapan balik dari Shopee terkait masalah fitur baru ini. 

Cara Menonaktifkan Fitur Baru Shopee 'Aktivitas Teman'

  1. Klik di bagian Saya 
  2. Masuk ke pengaturan Akun
  3. Pilih Pengaturan privasi. Sebelum masuk ke pengaturan privasi, ada baiknya untuk mengeklik bagian privasi ‘no’. handphone dan 'tidak terlihat oleh kontak'. Dengan begitu informasi pribadi tidak akan bisa dilihat oleh pengguna lain. 
  4. Di pengaturan privasi ada beberapa pilihan: sembunyikan aktivitas penilaian produk saya, sembunyikan aktivita saya saat menyukai penilaian produk, sembunyikan aktivitas saya untuk pesanan yang belum dinilai, dan sembunuyikan komentar saya pada postingan feed. Jika ingin seluruh aktivitas tidak terlihat, klik semuanya. 

Di beberapa kasus pengguna mendapatkan fitur Shopee baru 'Aktivitas Teman' tapi tidak bisa menonaktifkanna karena tidak muncul pilihan 'nonaktifkan' di pengaturan privasi. Jika sudah begini, segera hubungi costumer service Shopee ya!

Catatan: beberapa barang yang sifatnya sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna Shopee lain.