Profil dan Biodata Arawinda Kirana, Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI

Instagram/@arawindakirana
Arawinda Kirana
Penulis: Hadi Mulyono
11/11/2021, 15.35 WIB

ZIGI – Arawinda Kirana berhasil menyabet penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) 2021 kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat film Yuni. Prestasinya di umur 20 tahun membuat sosoknya semakin dikenal.

Dalam artikel ini, Zigi.id telah mengupas berbagai informasi menarik terkait artis pendatang baru tersebut. Tanpa panjang lebar lagi, yuk simak profil dan biodata Arawinda Kirana. Keep scrolling guys!

Latar Belakang dan Pendidikan Arawinda Kirana

Pemilik nama lengkap Sri Arawinda Kirana ini lahir di Jakarta, 27 September 2001 sehingga saat ini ia baru berumur 20 tahun. Meski masih muda, ia sudah mampu menjadi sosok inspiratif melalui bidang seni.

Soal pendidikannya, diketahui Arawinda merupakan lulusan Sekolah Perkumpulan Mandiri pada tahun 2019. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan Screenwriting Summer Course (Kepenulisan Skenario) di New York Film Academy.

Awal Karier Arawinda Kirana

Karier Arawinda Kirana di dunia hiburan dimulai sejak ia masih kecil lewat jalur teater dan seni tari. Sampai pada tahun 2019, ia mulai memantapkan diri untuk terjun ke dunia entertainment dengan bergabung bersama manajemen, KITE Entertainment.

Di manajemen itu, terdapat artis-artis lainnya seperti Chico Jericho, Ganindra Bimo, Andrea Dian, Putri Marino, dan masih banyak lagi.

Pada bulan Desember 2020, Arawinda debut akting sebagai pemeran utama film antologi Quarantine Tales dalam segmen Happy Girls Don't Cry. Berkat film ini, ia sukses terpilih sebagai Aktris Pendatang Baru di ajang penghargaan Piala Maya 2020.

Kemudian, Arawinda menjadi Siti Nurbaya di serial musikal berjudul Nurbaya yang diproduksi oleh Galeri Indonesia Kaya pada Juli 2021. Ia berhasil mendapat peran utama setelah melalui proses audisi Mencari Siti.

Jago Menari dan Menyanyi

Bakatnya sebagai seniman tidak berhenti di bidang akting saja lho guys. Sebagaimana diketahui, Arawinda Kirana juga dikenal jago menari sejak kecil. Melalui media sosialnya, Ara kerap membagikan kemampuannya menari termasuk mengampanyekan budaya-budaya Indonesia yang lain seperti pakaian adat.

Berkat kelihaiannya menari, Ara cukup terkenal di platform media sosial TikTok @arawindak dan berhasil mengumpulkan lebih dari 55,2 ribu pengikut. Sementara itu di Instagramnya @arawndak, telah mempunyai lebih dari 34,3 ribu pengikut saat artikel ini dibuat.

 

Di bidang seni Tarik suara, Ara sudah melahirkan sebuah album kompilasi berjudul Serial Musikal Nurbaya (Original Cast Recording) (2021) dengan beberapa single antara lain:

  • Seharusnya Wanita
  • Nikah Nikah Nikah
  • Takdir dan Pilihan
  • Pena dan Kata
  • Belum Berakhir
  • Kemenangan
  • Akhirnya Bersama

Sebelumnya, ia telah merilis Sajak Tafsir (Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono) — ft. Annecy Anshor (2018). Di akhir 2020 kemarin, single ini sudah mencapai lebih dari 62 ribu streams di Spotify.

Bermain di Film Yuni

Arawinda Kirana mendapat kesempatan sebagai pemeran utama di film Yuni (2021).  Film arahan sutradara Kamila Andini tersebut tayang perdana dan berkompetisi di ajang Festival Film Internasional Toronto 2021. Berkat film ini pula, Ara dinobatkan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI 2021.

Film Yuni bercerita tentang seorang gadis píntar yang ingin berkuliah setinggi-tingginya bernama Yuni (Arawinda Kirana). Sampai suatu ketika, ia dihadapkan dengan masalah berat karena ia dilamar oleh seorang pría yang tidak dikenalinya.

Yuni yang bertekad meraih mimpinya memutuskan menolak lamaran tersebut meski harus rela menjadi bahan pembicaraan orang-orang di sekitarnya. Tak hanya satu kali, lamaran kedua datang dan Yuni masih menolaknya demi menggapai mimpi.

Sampai kemudian, sebuah mitos menghantuinya di mana apabila seorang perempuan menolak dua kali lamaran laki-laki, maka konon ia tidak akan pernah bisa menikah selama-lamanya. Mampukah Yuni melewati tantangan berat tersebut?

Biodata Arawinda Kirana

  • Nama Lengkap: Sri Arawinda Kirana
  • Nama Panggung: Arawinda Kirana
  • Tempat, Tanggal lahir: 27 September 2001
  • Umur: 20 Tahun
  • Agama: –
  • Orang tua: –
  • Pendidikan: New York Film Academy
  • Pekerjaan: Penyanyi, Model, Aktris
  • Akun Instagram: @arawindak
  • Akun Twitter: –
  • Akun TikTok: @arawindak
  • Akun YouTube: Arawinda Kirana

Pacar Arawinda Kirana

Dalam konten video YouTube, Arawina Kirana kerap tampil bersama lawan mainnya di teater musikal Nurbaya, yakni Bukie Mansyur pemeran Samsul Bahrie. Keduanya mengaku membangun chemistry yang alami karena terlibat dalam projek tersebut.

Itu dia profil dan biodata Arawinda Kirana lengkap mulai dari pendidikan, karier, hingga prestasi. Kita tunggu saja karya-karyanya yang selanjutnya ya guys.