Profil dan Biodata Reza Rahadian: Agama, Pacar, Instagram, Film

Instagram/@officialpilarez
Reza Rahardian
30/11/2021, 08.00 WIB

ZIGI – Siapa yang masih belum kenal dengan Reza Rahadian? Sebagai aktor yang sudah membintangi puluhan judul film layar lebar, namanya pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Baru-baru ini, Reza Rahadian berbagi pandangannya soal toxic masculinity di podcast Deddy Corbuzier. Selain itu, Reza juga kini tengah membintangi serial Layangan Putus dan akan bermain di film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas. Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak profil dan biodata Reza Rahadian di bawah ini!

Baca Juga: Reza Rahadian Sentil Toxic Masculinity dan Kekerasan Seksual

1. Keluarga Reza Rahadian

Aktor sekaligus model keturunan Iran-Maluku ini bernama lengkap Reza Rahadian Matulessy. Ia lahir pada 5 Maret 1987 di Bogor, Jawa Barat sehingga umurnya saat ini sudah 34 tahun. Reza lahir pasangan Rahim (ayah) dan Pratiwi Widantini Matulessy (ibu).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Zigi.id, nama Rahadian adalah gabungan dari nama kedua orangtuanya. Akan tetapi, keduanya telah berpisah ketika Reza baru berusia enam bulan sehingga ia tumbuh bersama ibunya sebagai single parent.

Agama Reza Rahadian selama ini memang bikin penasaran penggemar. Sejak kecil, Reza dibesarkan di dalam keluarga dengan agama yang berbeda. Ibunda dan adik tercintanya merupakan penganut agama Kristen sedangkan Reza mengaku sudah memeluk Islam sejak usia 19 tahun.

Dari latar belakang agama yang berbeda di dalam keluarganya itulah Reza tumbuh sebagai pribadi yang sangat menjunjung tinggi toleransi. Lebih lanjut, Reza mengungkapkan bahwa pilihan agama yang diyakininya tidak karena keterpaksaan.

2. Perjalanan Karier Reza Rahadian

Karier Reza Rahadian di dunia perfilman sudah sangat panjang dan tidak perlu diragukan lagi kemampuan aktingnya. Oleh sebab itu, Zigi.id kali ini akan merangkum perjalanan karier Reza dari awal hingga saat ini.

Reza Rahadian pertama kali ‘nyemplung’ ke dunia entertainment saat menjadi seorang model dengan sukses meraih juara Favorite Top Guest majalah Aneka Yess! tahun 2004. Sejak itulah, jalan Reza berkarier di dunia hiburan kian terbuka lebar.

Ia pertama kali debut akting lewat sinetron berjudul Inikah Rasanya (2004) produksi Rapi Films. Baru kemudian di tahun 2007, Reza debut akting di layar lebar lewat Film Horor dengan mendapat peran sebagai Beni.

Akting mumpuni yang dimilikinya membuat Reza jadi spesialis pemain film layar lebar berbagai genre. Sebut saja di antaranya seperti film Pulau Hantu 2 (2008), Queen Bee (2009), Perahu Kertas (2012), Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015), Rudy Habibie (2016), My Stupid Boss (2016) dan masih banyak lagi.

Tawaran berakting di sejumlah serial web juga turut diambil Reza Rahadian yang kian mengasah skill seni perannya. Tercatat ia pernah bermain di web series Sementara, Selamanya (2020), Imperfect The Series (2021), dan terbaru adalah Layangan Putus (2021).

Di serial Layangan Putus tersebut, ia berperan sebagai Aris dan beradu akting dengan Anya Geraldine, Frederika Cell, dan Putri Marino. Serial ini sudah bisa ditonton mulai 26 November 2021 di WeTV.

 

3. Penghargaan Reza Rahadian

Besar sebagai aktor yang sudah membintangi beragam karakter menantang, tak heran jika Reza Rahadian sukses menyabet sederet penghargaan bergengsi. Tahun 2010 ia meraih piala Festival Film Bandung kategori Pemeran Utama Pria Terpuji lewat film Emak Ingin Naik Haji. Kemudian ia juga meraih penghargaan yang sama di tahun 2013 lewat film Habibie & Ainun.

Reza juga pernah meraih piala Festival Film Indonesia 2009 sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat film Perempuan Berkalung Sorban, Pemeran Utama Pria Terbaik 2010 lewat film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta dan masih banyak lagi penghargaan bergengsi lainnya.

4. Reza Rahadian Main Film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

Terbaru, Reza bermain di film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas arahan sutradara Edwin. Saat diwawancarai Deddy Corbuzier, Reza Rahadian mengaku berperan sebagai Budi Baik, seorang lelaki yang kelakuannya tidak baik.

Film yang bakal tayang di bioskop mulai 2 Desember 2021 tersebut berbicara tentang toxic masculinity yang selama ini menjadi salah satu problem besar di masyarakat. Nantinya, Reza akan beradu akting dengan Marthino Lio, Ladya Cheryl, Sal Priadi hingga Ratu Felisha.

5. Pacar Reza Rahadian

Kisah asmara Reza Rahadian memang sangat tertutup. Ia sering dijodoh-jodohkan bersama lawan mainnya yakni Prilly Latuconsina, Adinia Wirasti hingga Raline Shah. Reza mengungkapkan bahwa dia pernah pacaran dengan seseorang namun memilih untuk tidak mengumbarnya ke publik.

“Tentu pernah lah (aku pacaran). Aku pernah merasakan sangat-sangat jatuh cinta dengan seseorang, terus kemudian pernah merasakan patah hati. Jadi aku rasa itu normal pengalaman. Cuma aku emang gak mau bagikan ke publik,” tutur Reza dikutip dari YouTube Luna Maya yang diunggah pada 1 Mei 2021.

6. Biodata Reza Rahadian

  • Nama Lengkap: Reza Rahadian Matulessy
  • Nama Panggung: Reza Rahadian
  • Tempat, Tanggal Lahir: Bogor, 5 Maret 1987
  • Umur: 34 tahun
  • Agama: Islam
  • Nama Orangtua: Rahim (ayah) dan Pratiwi Widantini Matulessy (ibu).
  • Profesi: Aktor, Model
  • Akun Instagram: @officialpilarez
  • Akun YouTube: -
  • Akun Twitter: @officialpilarez
  • Akun TikTok: -

7. Pendapat Reza Rahadian tentang Toxic Masculinity

Masih berdasarkan podcast bersama Deddy Corbuzier, Reza Rahadian memberikan pandangannya tentang laki-laki yang masih banyak terjebak dengan toxic masculinity. Sebagai informasi, toxic masculinity adalah suatu tekanan budaya bagi pria untuk berperilaku dan bersikap dengan cara tertentu. Reza menilai, toxic masculinity bisa menjadi salah satu faktor kenapa kekerasan seksual masih terus terjadi.

Selain itu, Reza mengatakan bahwa tidak ada laki-laki yang sempurna karena pasti ada kekurangan yang dimiliki. Lebih lanjut ia menyebut film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas menggambarkan berbagai masalah akan hal itu.

Demikian rangkuman profil dan biodata Reza Rahadian yang kariernya sudah sangat panjang di dunia hiburan Indonesia. Ikuti terus Zigi.id dan dapatkan beragam informasi menarik seputar lifestyle dan entertainment.

Baca Juga: Profil dan Biodata Frederika Cull, Agama, Karier, hingga Pacar Idaman