7 Fakta Simon Leviev, Ngaku Anak Miliarder untuk Tipu Wanita di Tinder

Instagram/@simon_leviev_official
Simon Leviev
4/2/2022, 16.25 WIB

ZIGI – Nama Simon Leviev mendadak jadi trending Google pada Jumat, 4 Februari 2022. Hal ini dikarenakan film dokumenter The Tinder Swindler yang baru tayang di Netflix dan mengangkat kisah Simon Leviev.

Usut punya usut, Simon pernah menjadi buronan Israel yang telah menipu banyak wanita lewat aplikasi kencan, Tinder. Dia juga menggunakan identitas palsu dan menyebutnya sebagai anak orang kaya di Israel. Yuk simak fakta menarik Simon Leviev di bawah ini!

Baca Juga: 8 Fakta Rahaf Al Qunun, Selebgram Buronan Arab Saudi Eksis di OnlyFans

1. Simon Leviev Ngaku Jadi Anak Lev Leviev

Simon Leviev sebenarnya memiliki nama asli Shimon Yehuda Hayut. Namun, ia mengganti namanya menjadi Simon Leviev dan mengaku sebagai anak dari Lev Leviev, miliarder berlian asal Israel.

Untuk diketahui bahwa Lev Leviev memiliki sembilan orang anak sehingga Simon menggunakan hal itu untuk menipu berbagai wanita di seluruh dunia. Padahal, Simon tidak memiliki hubungan apapun dengan Lev Leviev.

2. Simon Leviev Menipu Wanita

Simon akan menemukan wanita lewat aplikasi Tinder. Dia akan membuat mereka terpesona dengan gaya hidupnya yang mewah seperti naik jet pribadi dan menginap di hotel mewah. Tetapi pada akhirnya, dia akan berpura-pura mengalami krisis uang dan membuat korbannya bersedia untuk membantu.

 

Biasanya, wanita yang jadi korban tersebut akan membantu mulai dari US$ 20 ribu atau sekitar Rp287 juta hingga lebih dari US$ 14 ribu atau sekitar Rp2 miliar. Dikutip Zigi.id dari Womens Health Mag pada Jumat, 4 Februari 2022, Simon melancarkan aksinya ini dengan wanita di berbagai penjuru dunia termasuk London, Roma hingga Barcelona.

Setelah itu, Simon akan berjanji untuk membayar utangnya tersebut. Namun, selalu dibayar dengan jam tangan desainer palsu, cek palsu dan transfer bank yang tidak lengkap. Tercatat bahwa ia telah menipu hingga US$ 10 juta atau sekitar Rp143 miliar.

3. Simon Leviev Sempat Jadi Buronan Israel

Simon sempat menjadi buronan Israel karena melarikan diri dari pada tahun 2011. Ia kabur untuk menghindari pelanggaran terkait penipuan yang dia lakukan di awal usia 20-an.

Awalnya, Simon kabur ke Finlandia. Namun, ia juga dijatuhi hukuman penjara pada tahun 2015 karena menipu tiga wanita. Setelah bebas pada tahun 2017, ia dikirim kembali ke Israel namun Simon melarikan diri lagi.

4. Simon Leviev Dipenjara di Israel

Pada tahun 2019, Simon akhirnya ditangkap di Athena, Yunani berkat intel yang diminta oleh korbannya Cecilie Fjellhoy, Pernilla Sjoholm dan Ayleen Charlotte. Setelah itu, dia dipenjara di Israel setelah mengaku bersalah atas tuduhan penipuan.

Seharusnya, ia menjalani hukuman 15 bulan namun dibebaskan setelah lima bulan dipenjara karena program yang bertujuan untuk mengurangi populasi penjara di tengah pandemi Covid-19.

5. Simon Leviev Sering Posting Kekayaan di Instagram

 

Setelah keluar dari penjara, Simon aktif memposting foto dirinya di Instagram seperti nongkrong di jet pribadi, merokok cerutu di kapal pesiar dan nongkrong di mobil mahal. Ada kabar bahwa dirinya gabung kembali di Tinder, namun pihak Tinder mengatakan bahwa itu tidak benar. Akun Instagram @simon_leviev_official kini telah memiliki 202 ribu followers.

6. Simon Leviev Ngaku Gak Pernah Bohong

Dalam wawancara bersama Israel News 13 beberapa waktu lalu, Simon mengaku tidak pernah berbohong. Dia juga mengatakan tidak tahu hak cipta atas nama keluarga Lev Leviev karena ia mengambil nama belakangnya itu.

“Aku disalahkan untuk hal-hal yang tidak pernah aku lakukan. Aku selalu menyukai kehidupan yang baik, aku tidak akan berbohong,” tutur Simon.

7. Kisah Simon Leviev Dijadikan Film Dokumenter The Tinder Swindler

Kisah Simon Leviev ini dijadikan film dokumenter The Tinder Swindler yang tayang di Netflix. Dengan durasi 2 jam, film itu menceritakan kisah Simon yang menipu para wanita lewat aplikasi Tinder. Cerita lebih banyak diutarakan oleh Cecilie Fjellhoy, Pernilla Sjoholm dan Ayleen Charlotte yang mengaku sebagai korban.

Demikian fakta Simon Leviev atau Shimon Yehuda Hayut. Jika kamu penasaran dengan kisahnya, bisa menonton film The Tinder Swindler yang telah tayang di Netflix sejak Rabu, 2 Februari 2022.

Baca Juga: 5 Fakta Harriet Robson, Model Ngaku Dianiaya Mason Greenwood