Momen Gala Sky Ziarah Pertama Kali ke Makam Vanessa Angel dan Bibi

Instagram/galasky_
Gala Sky Ziarah ke Makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah
Penulis: Santi Sitorus
7/2/2022, 10.53 WIB

ZIGI – Haji Faisal dan istrinya, Dewi Zuhriati akhirnya membawa cucunya, Gala Sky Ardiansyah berziarah ke makam kedua orang tuanya Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di Tamakan Makam Islam Malaka di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu, 6 Februari 2022.

Ini menjadi momen pertama kali Gala mendatangi makam orang tuanya semenjak meninggal dunia akibat kecelakaan pada Kamis, 4 November 2021 lalu.

Orang tua dari mendiang Bibi itu membawa Gala ke makam bukan tanpa alasan. Lantaran, rencana Doddy Sudrajat sudah bulat untuk memindahkan makam Vanessa Angel dari samping sang suami.

Lantas, seperti apa momen Gala Sky berziarah di makan Vanessa Angel dan Bibu Ardiansyah? Simak ulasan berikut!

Baca juga: Viral, Rekaman CCTV Doddy Sudrajat Datang ke Rumah Fuji Mencari Gala

Alasan Haji Faisal Bawa Gala Sky Ziarah ke Makam Vanessa Angel dan Suami

Tinggal menunggu waktu, jenazah Vanessa Angel akan berpisah liang lahat dengan Bibi Ardiansyah setelah sebelumnya mereka meninggal dan di makam bersama dalam satu liang.

Sebagai orang tua yang saat ini mendampingi Gala, Haji Faisal dan istri ingin menunjukkan kepadanya bahwa kedua orang tuanya pernah satu liang.

"Ya itu karena dengar itu (makam Vanessa Angel akan dipindah), makanya kami ajak Gala ke sini, biar ada kenangan. Jadi nanti biar dia lihat kalau mami-papinya pernah satu liang," ujar  H Faisal usai berziarah dikutip dari kanal YouTube Seleb On Came News pada Senin, 7 Februari 2022.

Haji Faisal juga ingin Gala memiliki kenangan yang baik tentang orang tuanya. Sementara untuk makam Vanessa bakal dipindahkan, dia tidak bisa berbuat banyak. Hanya saja dia telah menempatkannya di tempat yang layak.

"Bahwa kami telah berbuat suatu yang baik buat almarhum bapak dan ibunya, dan melihat makam mereka berdua. Sehinga rasanya anak dan menantu kami meninggal sudah kami tempatkan di tempat yang layak,"  kata Faisal.

Selain itu, Haji Faisal juga menghindari adanya penyesalan kelak bagi Gala jika jenazah ibunya dipisahkan dari ayahnya, seperti rencana Doddy Sudrajat.

"Kalau terjadi sesuatu hal yang di luar kemampuan kami, Gala tidak akan menyesali lagi tindakan kami. Dia sudah punya kenangan. Bahwa mama dan papanya sudah kami kuburkan dalam satu kubur," ucapnya.

Sebelumnya, Doddy Sudrajat bersikukuh untuk memindahkan makam Vanessa Angel dari samping suaminya, Bibi ke TPU Karet Baviak, Jakarta Pusat, ditumpuk dengan mediang ibunya. Kini, dia telah mengantongi izin dan tinggal menghitung hari.

Respon Haji Faisal Makam Bibi Ardiansyah juga Dipindahkan

Beredar kabar jika makam Bibi Ardiansyah juga turut dipindahkan dari Tamakan Makam Islam Malaka di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Haji Faisal langsung memberi respon. Dengan tegas dia menolak, baginya makam sang anak sudah layak dan nyaman di tempatnya saat ini.

"Buat saya anak saya tidak. Anak saya sudah nyaman di sini. Kita merasa ini pemakamannya uda baik. Nggak ada rencana sengala macamnya," katanya.

Terlebih, rumah Gala berada di dekat pemakaman orang tuanya, sehingga dia kapan pun bisa datang berziarah.

"Dan juga rumah si Gala kan dekat sini, jadi kalau dia mau berziarah ke makam kedua orang tuanya dekat banget, kapan pun dia bisa datang," tuturnya.

Lebih lanjut Haji Faisal kekeuh agar makam Vanessa tidak dipindahkan. Dia mengaku akan berjuang mempertahankan jika masih ada kesempatan.

"Saya akan mempertahankan, jika masih ada peluang saya akan berjuang. Supaya ada bukti bahwa saya telah berbuat," lanjut Faisal.

Gala Sky terlibat berziarah mengenakan baju serba hitam bersama kakek dan neneknya. Di tengah doa, anak kelahiran 14 Juli 2020 tersebut menunjuk foto Bibi Ardiansyah dan Vanessa, sambil memanggil keduanya dengan sebutan papi dan mami.

Baca juga: 5 Fakta Pemindahan Makam Vanessa Angel, Doddy Sudrajat Kantongi Izin