4 Pengakuan Aya Canina, Keluar Amigdala karena Alami Kekerasan

Instagram/@ayacanina
Aya Canina
10/2/2022, 10.32 WIB

ZIGI – Aya Canina membeberkan alasan hengkang dari Amigdala pada tahun 2020 silam. Penulis lirik lagu Kukira Kau Rumah ini mengaku menjalani hubungan asmara dengan salah satu anggota band Amigdala dan ia mengalami kekerasan dalam pacaran.

Akibat hal itu, Aya Canina mengalami masalah kesehatan mental atas apa yang ia terima. Dia juga tidak bisa lagi menulis puisi seperti biasanya. Yuk simak pengakuan terbaru Aya Canina, eks vokalis Amigdala di bawah ini!

Baca Juga: Eks Vokalis Amigdala, Aya Canina Singgung Izin Film Kukira Kau Rumah

Alasan Aya Canina Keluar dari Amigdala

Aya Canina resmi hengkang dari band Amigdala pada Agustus 2020 lalu. Ia mengungkapkan bahwa alasannya keluar karena mengalami kekerasan dalam pacaran. Sebagai informasi, Amigdala merupakan band asal Bandung yang berdiri pada tahun 2016 lalu.

Salah satu karya mereka yang populer ialah lagu Kukira Kau Rumah yang kini dijadikan sebuah film. Mulanya, band ini digawangi oleh Andari atau Aya (vokal), Isa (gitar dan vokal), Iqbal (bass) dan Junet (drum).

Ya. Saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3,5 tahun itu. Dan itu sangat memengaruhi kondisi mental saya,” tulis Aya dikutip Zigi.id dari Instagram @ayacanina pada Kamis, 10 Februari 2022.

Dia kemudian membuka identitas anggota band yang pacaran dengannya. Menurut Aya, beberapa temannya di Amigdala juga ikut melanggengkan kekerasan yang ia terima.

Siapa pacar saya waktu itu? Vocal 2 sekaligus lead gitar. Orang yang selalu bernyanyi bersama saya. Siapa kawan-kawan lelaki yang turut melanggengkan kekerasan itu? Personel band drummer dan bassist,” imbuhnya.

Aya Canina Merasa Teman-temannya Hanya Mementingkan Band

Aya Canina mengatakan bahwa teman-temannya tidak menindaklanjuti terkait kekerasan tersebut karena untuk kepentingan band mereka. Aya mengaku mereka sempat menawarkan bantuan namun hal itu tidak pernah dilakukan.

 

Saya merasa mereka hanya mementingkan keberlangsungan proyek band. Si bassist pernah bilang ‘Ini bukan soal kalian berdua aja. Ada band di sini. Berdamai aja’. Ya lalu? Bagaimana dengan keselamatan saya?” tulis Aya.

Tidak. Saya tidak akan keluar dari situ, dari Amigdala, nama yang saya buat sendiri, jika tidak ada sesuatu yang menghancurkan saya,” imbuhnya.

Penyesalan Aya Canina

Setelah itu, ia mengungkapkan bahwa hingga saat ini tidak ada permintaan maaf dari band. Bahkan, dia juga tidak tahu jika mantan pacarnya sudah hengkang dari Amigdala. Aya Canina juga marah dengan apa yang terjadi padanya.

Sampai hari ini, setiap kali perjumpaan virtual yang membicarakan royalti, tidak ada satu pun permintaan maaf dari mereka. Apa kamu tahu mantan pacar saya itu sudah tidak lagi di band? Saya tidak mengerti mengapa band tidak mengumumkan itu. Sedetik sebelum ini, ia WhatsApp saya menyampaikan permintaan maaf. Yang lain sudah 2 tahun tidak menghubungi saya,” tutur Aya.

Aya Canina Bahas Soal Lagu Belenggu

Salah satu yang mengejutkan Aya Canina adalah music video untuk lagu Belenggu. Dia mengatakan bahwa Amigdala mengumumkan pada publik bahwa lagu itu bercerita tentang kekerasan terhadap perempuan dan terinspirasi dari pengalaman seorang perempuan yang dilecehkan keluarganya.

Aya merasa terkejut karena ia mengalami kekerasan oleh salah satu anggota band. Namun, mereka membahas soal kekerasan pada publik. Tak hanya itu, Aya Canina selaku penulis lirik Belenggu juga merasa bahwa lagu tersebut tidak menyeret soal kekerasan terhadap perempuan.

Saya menulis lirik lagu Belenggu dan lagu itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan kekerasan terhadapa perempuan. Sampai MV-nya rilis, tidak ada permintaan izin untuk meinterpretasi makna lagu tersebut,” tulis Aya Canina.

Kini, nama band Amigdala tengah menjadi trending topic Twitter pada Kamis, 10 Februari 2022 setelah pengakuan dari Aya Canina. Sebelumnya, Aya juga sempat membahas soal perizinan film Kukira Kau Rumah yang disutradarai oleh Umay Shahab.

Baca Juga: Fakta dan Sinopsis Kukira Kau Rumah, Prilly Latuconsina Idap Bipolar