ZIGI – Aya Canina mendadak menjadi perbincangan karena curhatnya yang diunggah dalam Instagram Story. Bukan hanya membahas film Kukira Kau Rumah, Aya membagikan kisahnya yang sempat alami kekerasan seksual selama berpacaran dengan salah satu anggota band Amigdala.

Penulis berusia 27 tahun ini sempat menjalani pacaran dengan seorang anggota band Amigdala selama 3,5 tahun. Hingga akhirnya dirinya memutuskan untuk hengkang dari band tersebut dan fokus menulis. Siapa sebenarnya Aya Canina? Yuk simak profil dan biodata Aya Canina di bawah ini!

Baca Juga: Eks Vokalis Amigdala, Aya Canina Singgung Izin Film Kukira Kau Rumah

1. Latar Belakang Aya Canina

Andari Jamalina Pratami atau dikenal Aya Canina merupakan orang yang ekspresif melalui tulisan. Dia merupakan penulis kelahiran Jakarta, 22 Januari 1995.

Aya cukup tertutup dengan kehidupan pribadinya namun ia sempat mengunggah kebersamaan dengan ibunya kala berlibur ke Yogyakarta di tahun 2019 lalu. Sementara ia diketahui sebagai anak pertama dan memiliki dua orang adik. Profesi serta identitas dari orang tua Aya Canina masih belum diungkapkan ke publik.

2. Aya Canina Dikenal Sebagai Penulis

Aya memiliki keterampilan dalam merangkai kata dan ia tuliskan dalam sebuah platform menulis serta media sosial. Aya diketahui telah gemar menulis sejak 2016 namun karyanya banyak berupa puisi. Sementara di Instagram, dia mulai sering menuis puisi sejak tahun 2017. Puisi tersebut mengisahkan kerinduan seseorang.

Aya Canina juga sempat mengunggah karyanya yang lain di sebuah platform menulis yakni penakota.id. Karya pertama yang ia unggah merupakan puisi bertajuk Di Pesta Pernikahan tahun 2018 lalu.

 

3. Aya Canina Mantan Anggota Band Amigdala

Band Amigdala merupakan band indie lokal yang terlahir di Bandung pada 2016. Sementara nama Amigdala sendiri diambil dari bagian organ otak yang berfungsi atas proses emosional.

Sebelumnya, band Amigdala terdiri dari Aya Canina (vokalis), Isa (gitar dan vokalis), Iqbal (bass) dan Junet (drum). Sementara band ini mengusung konsep folk-band dan sempat populer dengan lagu bertajuk Kukira Kau Rumah (2020).

Sementara Aya Canina memutuskan hengkang pada Agustus 2020 dan akhirnya resmi keluar dari band tersebut pada 16 Februari 2021. Posisi vokalis utama pun diganti oleh Desi Kinanthi.

4. Aya Canina Sempat Alami Kekerasan Seksual

Pengakuan Aya Canina yang sempat mengalami kekerasan seksual selama pacaran menjadi sorotan publik. Aya membeberkan pengalamannya tersebut melalui Instagram Story pada Rabu, 9 Februari 2022.

Saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang 3,5 tahun,” tulis Aya Canina.

Ia pun membeberkan sosok pria yang merupakan pacarnya. Dalam unggahannya tersebut, mantan pacar sekaligus pelaku kekerasan seksual adalah vokalis dua sekaligus lead gitar Amigdala. Jika merujuk pengakuan Aya tersebut, posisi vokalis sekaligus gitar adalah Isa.

Bahkan Aya juga membeberkan jika kedua temannya yang merupakan seorang basis dan drummer ikut melanggengkan aksi kekerasan tersebut. Meskipun demikian, Aya Canina tidak dapat membeberkan lebih rinci mengenai kekerasan yang ia alami karena akan mempengaruhi kondisi mentalnya saat ini.

Bahkan kisahnya ini mendapatkan respon dan dukungan dari Fiersa Besari. Aya mengatakan bahwa Fiersa adalah orang yang selalu menanyakan keadaannya.

Terkait kisah asmara Aya Canina saat ini, ia tampak tertutup. Di Instagram @ayacanina hanya kerap membagikan potretnya seorang diri dan karya-karyanya.

 

5. Aya Canina Penulis Lirik Lagu Kukira Kau Rumah

Film Kukira Kau Rumah yang dibintangi oleh Prilly Latucossina dan Jourdy Pranata diadaptasi dari lagu berjudul sama dari Amigdala. Lagu tersebut ditulis langsung oleh mantan vokalis, Aya Canina.

Pada awalnya aku tulis pada pertengahan 2016, jauh sebelum band itu ada. Sebagai puisi dengan hanya satu bait,” ungkap Aya seperti dikutip dari unggahan Instagram Story-nya.

Dia menuturkan bahwa Umay Shahab sempat meminta izin padanya di tahun 2019 sebelum membuat film Kukira Kau Rumah. Dia mengatakan bahwa film tersebut adalah proses wahana lagu yang patut diapresiasi.

6. Perjalanan Karier Aya Canina

Sebelum tergabung dengan band Amigdala, Aya Canina sudah terlebih dahulu menjalani profesinya sebagai penulis. Meskipun belum diabadikan dalam bentuk buku kala itu. Aya dikenal aktif menulis puisi di berbagai platform menulis dan media sosial.

Aya Canina akhirnya mengabadikan karyanya dalam sebuah buku bertajuk Ia Meminjam Wajah Puisi yang rilis pada 2020.

Kemudian, pada 2016 ia membentuk sebuah band Amigdala dan berprofesi sebagai vokalis. Aya menekuni profesinya sebagai penyanyi selama 3,5 tahun yang akhirnya keluar dari Amigdala pada 2020 lalu. Saat ini, Aya Canina tetap melanjutkan profesinya sebagai penulis puisi dan lirik lagu.

7. Biodata Aya Canina

  • Nama Asli: Andari Jamalina Pratami
  • Nama Panggung: Aya Canina
  • Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 22 Januari 1995
  • Saudara: 2 Adik
  • Pendidikan: S1 Psikologi, Universitas Gunadharma
  • Agama: Islam
  • Profesi: Penulis
  • Tahun Aktif: 2016 – sekarang
  • Akun Twitter: @ayacanina
  • Akun Instagram: @ayacanina

Demikian profil dan biodata Aya Canina yang merupakan penulis lagu Kukira Kau Rumah dan mantan vokalis dari band indie, Amigdala.

Baca Juga: 4 Pengakuan Aya Canina, Keluar Amigdala karena Alami Kekerasan