Terima Dana dari Doni Salmanan, Alffy Rev Siap Tanggung Jawab

Instagram/@alffy_rev
Alffy Rev
Penulis: Hadi Mulyono
10/3/2022, 09.12 WIB

ZIGI – Musisi Alffy Rev yang sukses memberikan kado istimewa di HUT RI ke-76 lewat karya luar biasa bertajuk Wonderland Indonesia ikut terseret kasus Doni Salmanan. Pasalnya, proyek mahakarya tersebut mendapat kucuran dana segar dari Doni yang diduga sebagai bagian dari pencucian uang.

Kini setelah kasus Doni Salmanan semakin panas, YouTuber bernama asli Awwalur Rizqi Al-firori tersebut langsung angkat bicara memberi klarifikasi. Dia membuat sebuah penjelasan melalui akun Instagramnya bersama sang istri Linka Angelia dan menjelaskan duduk perkaranya secara detail. Seperti apa? Yuk, simak sampai habis ya.

Baca Juga: Doni Salmanan Membiayai Video Wonderland Indonesia - Alffy Rev

Kronologi Doni Salmanan Beri Suntikan Dana

Secara terbuka, Alffy Rev mengakui kalau Wonderland Indonesia bisa sukses tidak terlepas dari sokongan dana Doni Salmanan. Saat berbincang di kanal YouTube Bisik Rossa, Alffy mengaku dana produksi project tersebut mencapai lebih dari Rp1 M.

“Untuk menghindari spekulasi tentang posisi saya saat ini. Tentu saya dan tim turut kecewa dengan apa yang telah terjadi pada kasus saudara DS. Dan berikut posisi saya dan tim dan bagaimana kami menanggapi,” kata Alffy dikutip dari akun Instagramnya @alffy_rev, Kamis, 10 Maret 2022.

Berawal dari Wonderland Indonesia, tambah Alffy Rev, kala itu ia dan tim produksi sedang berjuang mencari sponsorship untuk membantu merealisasikan proyek tersebut. Sampai kemudian, Doni Salmanan hadir ingin membantu agar Wonderland Indonesia bisa berjalan.

“Tentu kami secara alamiah menyambut baik, karena pada situasi kala itu kami pun telah mengajukan proposal ke berbagai pihak/lembaga swasta maupun pemerintahan untuk membantu kami merealisasikan karya istimewa tersebut sebagai momen perayaan hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021. Tapi sayangnya, belum ada yang menyetujui,” tambah Alffy Rev.

Sebagai seniman yang memang butuh dana untuk membuat karya, jelas datangnya bantuan Doni Salmanan disambut baik. Terlebih lagi, fokus Alffy Rev kala itu juga untuk membuka lapangan pekerjaan sehingga dana yang ada tidak dipakai untuk kepentingan pribadi sama sekali.

“Ini bukan donasi personal, seluruh dana tersebut tentunya digunakan untuk segala kebutuhan produksi secara masal, baik dari seluruh seniman, kostum, tim videografi, tim animasi, tim musik, lokasi shooting, akomodasi dan lain-lainnya,” ungkapnya.

Menurut Alffy Rev, dana yang diberikan Doni di tengah perjalanan tidak mencukupi. Hingga akhirnya, datang bantuan lagi dari Kemendikbudristek yang memberikan sejumlah dana sehingga Wonderland Indonesia bisa dilanjutkan.

Siap Bertanggung Jawab

Menanggapi tuntutan netizen yang mendesak Alffy Rev mengembalikan dana yang terpakai, ia mengaku siap bertanggung jawab. Hanya saja ia menyerahkan sepenuhnya kepada putusan pengadilan apakah memang harus dikembalikan utuh atau tidak.

“Kalaupun memang saya pribadi dinyatakan harus bertanggung jawab mengembalikan biaya yang telah digunakan untuk produksi Wonderland Indonesia tersebut, Silahkan sita saja semua perangkat komputer animasi saya dan tim yang sedang kami bangun saat ini. Saya rasa itu cukup,” tegas Alffy Rev.

Alffy Rev mengungkapkan bahwa dengan jujur ia sama sekali tidak menikmati dana dari Doni Salmanan sepeser pun secara pribadi. Ia berharap klarifikasi tersebut bisa menjawab spekulasi dari netizen yang tersebar liar di media sosial.

Doni Salmanan sendiri saat ini sudah ditahan di Bareskrim Polri atas dugaan kasus penipuan berkedok trading binary option. Doni dikenakan pasal berlapis antara lain penipuan, judi online, dan tindak pidana pencucian uang dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Baca Juga: Ichal Muhammad Bocorkan 5 Artis Terlibat Kasus Afiliator Binary Option