5 Fakta Band Sisitipsi, Terkenal Karena Lagu Alkohol

Instagram/@sisitipsi
Sisitipsi
Penulis: Hadi Mulyono
18/3/2022, 15.54 WIB

ZIGI – Grup band Sisitipsi sedang menjadi topik hangat perbincangan netizen di sosial media. Hal ini menyusul sang vokalis Muhammad Fauzan Lubis yang diciduk polisi lantaran kedapatan menggunakan narkoba selama bertahun-tahun.

Berbicara tentang Sisitipsi, dalam artikel ini akan dibahas berbagai fakta menarik dari band asal Jakarta tersebut. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa fakta tentang Sisitipsi diolah Zigi.id dari berbagai sumber.

Baca Juga: Profil dan Biodata Fauzan Lubis Sisitipsi: Karier, IG, Kasus Narkoba

1. Jebolan IKJ

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) selama ini telah menjadi kampusnya para seniman terkenal di Indonesia. Di bidang musik, Sisitipsi menjadi band yang lahir di kampus tersebut selain Naif dan White Shoes & The Couple Company.

Sisitipsi band terdiri dari 6 personel mantan mahasiswa IKJ yakni Muhammad Fauzan Lubis (vokalis) , Rian Rahman (gitar), Eka WIji Astanto (contrabass), Aditiya Rahman (drum), Hendar Dimas Anggara (keyboard), dan Amoroso Romadian (trombone).

2. Arti Nama Sisitipsi

Band ini dibentuk pada 15 Maret 2014 dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-8. Awalnya, sekelompok mahasiswa tersebut menggunakan nama Flyover sebelum menggantinya dengan nama menjadi Sisitipsi.

Sisitipsi sendiri merupakan plesetan dari kata CCTV. Nama ini menjadi bentuk bentuk sindiran kepada kampus mereka yang terlalu banyak memasang CCTV di setiap sudut.

3. Melejit Lewat Lagu Alkohol

Salah satu lagu yang sukses melambungkan nama Sisitipsi adalah Alkohol. Saat diwawancarai Gofar Hilman, sang vokalis Fauzan Lubis menganggap lagu tersebut sebagai karya seni sehingga tidak memiliki beban moral meski terkesan mengandung ajakan untuk mengonsumsi alkohol.

Sejauh ini, Sisitipsi telah merilis 2 album yaitu album debut berjudul 73% pada 2016 dan album kedua ML (Minta Lagi) pada 2018. Selain album tersebut, beberapa single juga telah dilepas Sisitipsi seperti Perahu hasil kolaborasi dengan Rasvanaoki, Gaya Bercinta, dan Anak Papi.

4. Beraliran Jazz

Warna musik yang diusung Sisitipsi secara umum bergenre jazz yang terpengaruh dari musik-musik era 1950-an hingga 1980-an. Di samping kerap menyajikan lirik-lirik cenderung “jorok”, Sisitipsi membuat musiknya lebih berwarna karena menggabungkan nuansa bossa nova, samba, swing, klasik, bluegrass, hingga country.

5. Muhammad Fauzan Kena Narkoba

Kini Sisitipsi sedang menghadapi cobaan menyusul vokalis Muhammad Fauzan Lubis alias Ojan ditangkap polisi karena narkoba. Ia diciduk satuan reserse narkoba Polres Jakarta Barat pada Kamis, 17 Maret 2022 sekitar pukul 16.30 WIB di perumahaan Asri Lama, Cipadu, Larangan, Tangerang.

Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi menemukan barang bukti berupa ganja dengan berat 0,2 gram, 5,5 buti xanax, 0,5 butir dumolid, satu butir aprazolam, satu kapsul rapol, dan resep psikotropika dari dokter. Ojan saat ini disangkakan dengan Pasal 127 ayat 1 UU Narkotika No.35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Demikian beberapa fakta menarik tentang Sisitipsi, band asal Jakarta yang vokalisnya sedang tersandung kasus narkoba. Sebagai tambahan, Muhammad Fauzan Lubis sempat mengikuti audisi Indonesian Idol 2014 sebelum sukses bersama Sisitipsi.

Baca Juga: 5 Fakta Amigdala Band, Dari Karya hingga Kasus Aya Canina