Kronologi Penipuan Jastip Tiket Konser Justin Bieber

Instagram @justinbieber
Justin Bieber
29/3/2022, 14.49 WIB

ZIGI – Tiket konser Justin Bieber di Jakarta dijual pada Selasa, 29 Maret 2022. Kunto Aji lewat akun Twitter @KuntoAjiW meminta untuk waspada terhadap scammer. Ia pun mengunggah utas panjang salah satu korban penipuan yang sudah terlanjur mentransfer Rp12 juta.

Cerita scammer ini dibuat agar kamu berhati-hati saat menerima tawaran tiket konser. Pk Entertainment selaku promotor konser Justin Bieber Jakarta juga memberikan peringatan atas maraknya kasus penipuan. Simak artikel lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Harga Resmi dan Cara Beli Tiket Konser Justin Bieber di Indonesia 2022

Penipuan Jastip Konser Justin Bieber

Konser Justin Bieber di Asia akan dibuka dari Kuala Lumpur, 22 Oktober 2022 kemudian dilanjut Jakarta pada 3 November 2022. Penjualan tiket di Malaysia dibuka pada 31 Maret 2022, sedangkan di Indonesia dibuka pada 29 Maret 2022.

Salah satu penggemar dengan akun Twitter @uwoyedee membagikan pengalamannya ketika ditipu jastip (jasa titip) tiket konser Justin Bieber di Malaysia. Utas panjang tersebut dibagikan pada 28 Maret 2022.

Awalnya pemilik akun mencari jastip tiket pada Jumat, 25 Maret 2022 di Twitter. Pasalnya jastip di Instagram rata-rata sudah penuh. Ia pun memutuskan untuk memesan lewat akun @KAI_cvntopup karena harga yang lebih murah.

Uwoyedee kemudian memesan 3 tiket CAT 3 dengan total nyaris Rp12 juta. Akun penipu bahkan sempat mengirimkan foto KTP agar ia percaya. Namun tiba-tiba penipu tersebut meminta tambahan sekitar Rp3 juta dengan dalih harga tiket naik. Seluruh pembayaran dilakukan lewat Traveloka. Artinya total kerugiaan mencapai Rp15 juta.

Daripada harus refund dan gua gak ada duit lagi buat online shop, jadi mending nambah Rp3 juta aja,” tulis akun @uwoyedee.

Namun ia jadi curiga karena si penipu berkata akan memberikan e-tiketnya pada 25 Maret, sedangkan penjualan baru dibuka pada 31 Maret. Dari situ Uwoyedee memutuskan untuk mengusut akun penipu.

Pengusutan Akun @KAI_cvntopup

Temuan pertama, ternyata akun penipu menggunakan KTP bodong yang bisa didownload di internet. Ketika menelusuri akun @KAI_cvntopup, nama tersebut masuk dalam daftar penipu Paypal. 

Akun tersebut mengaku bisa mengonversikan segala jenis uang, mulai dari Won hingga Bath. Namun kenyataannya uang yang ada justru tidak pernah kembali.

Dan gue diblock. Xixixi #KAI_cvntopup cie akunnya ilang,” tulis Uwoyedee. Ia pun segera melaporkan kasus ini kepada pihak Traveloka.

E-commerce tersebut sigap menangani kasus tersebut, tapi sayangnya pemilik akun tidak bisa dilacak karena uang yang sudah masuk digunakan untuk payment gift voucher.

Btw gue juga ngasih nomor passport gue, nyokap, dan adek. Wallahualam mau diapain tuh,” ungkapnya dengan pasrah.

Kolom komentar lantas dipenuhi dengan simpati dan cerita penipuan lain. Misalnya username Sasa Jastip Tiket Konser Justin, akun tersebut telah menipu dengan total kurang lebih Rp70 juta.

Tidak hanya itu, KTP yang diigunakan pun dicomot dari orang lain yang tidak memiliki sangkut paut dengan penjualan tiket konser.

PK Entertainmnent Himbau Fans Untuk Hati Hati

Per hari Senin, 29 Maret 2022 pukul 10.40 WIB, tiket konser Justin Bieber untuk CAT 1 (dengan harga Rp7,2 juta) dan CAT 5 (dengan harga Rp1,8 juta) sudah habis. Masih ada tiket VIP serta CAT 2 dan 3 yang bisa kamu pesan.

PK Entetainment juga menghimbau fans untuk lebih berhati-hati untuk pihak yang mengatasnamakan PK dan Sound Rhythm sebagai penyelenggara. 

Saat in tiket tidak bisa diperjualbelikan kembali dan hanya tersedia di BLIBLI serta www.justinbiberinjakarta.com.

Tur Justin Bieber: Justice World Tour telah dinanti oleh banyak penggemar. Antusiasme ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi pastikan hanya membeli via situs resmi ya teman-teman. Selamat nonton konser Justin Bieber di Jakarta!

Baca juga: Kehebohan Pembelian Tiket Konser Justin Bieber di Jakarta