Fujiko A. Fujio Mangaka Ninja Hatori dan Doraemon Meninggal Dunia

Kyodo News
Fujiko A Fujio
Penulis: Hadi Mulyono
7/4/2022, 13.53 WIB

ZIGI – Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Jepang. Mangaka Fujiko A. Fujio dikabarkan meninggal dunia dalam usia ke 88 tahun. Dia ditemukan wafat pada Kamis, 7 April 2022 pagi waktu setempat di kediamannya di kawasan Kawasaki.

Berikut adalah kronologi ditemukannya Fujiko A. Fujio dalam keadaan telah meninggal dunia.

Baca Juga: Profil dan Biodata Galang Rambu Anarki: Agama, Kisah Cinta, Meninggal

Kronologi Fujiko A. Fujio Meninggal Dunia

Fujiko A. Fujio adalah kartunis Jepang populer yang dikenal dengan serial manga terkenal, termasuk Ninja Hattori dan The Laughing Salesman. Dilansir dari Kyodo News, Kamis, 7 April 2022, ia ditemukan meninggal di rumahnya di Kawasaki, dekat Tokyo, Jepang.

Dilansir dari TBS News, kabar meninggalnya kartunis itu terekspos setelah polisi melaporkan adanya panggilan telepon darurat dari kediaman Fujio. Dalam panggilan itu, dikatakan bahwa pria bernama asli Motoo Abiko tersebut ditemukan sudah tidak sadarkan diri.

Ketika polisi tiba di kediamannya, Fujiko A. Fujio masih tidak sadarkan diri hingga dinyatakan telah menghembuskan napas terakhir. Pihak kepolisian belum menjelaskan penyebab kematian seniman tersebut tetapi sejauh ini tidak ditemukan adanya luka atau yang lain pada tubuh Fujiko.

Fujiko A. Fujio yang Bernama asli Motoo Abiko lahir di Toyama, 10 Maret 1934. Kariernya di dunia manga tidak terlepas dari kerja sama dengan sahabat masa kecilnya Fujiko F. Fujio.

Siapa Fujiko A. Fujio Sesungguhnya?

Fujiko A. Fujio merupakan mangaka Jepang yang tergabung dalam grup duo Fujiko Fujio. Grup tersebut ia buat bersama temannya, Hiroshi Fujimoto alias Fujiko F. Fujio pada 1951 untuk menghasilkan karya manga.

Setelah puluhan tahun bersama, duo Fujiko Fujio memilih bubar pada tahun 1986. Abiko menyebut, keduanya memutuskan berpisah setelah mengetahui Fujimoto menderita kanker hati dan penyakit jantung. Fujimoto sendiri telah wafat lebih dahulu pada 23 September 1996.

Sepanjang karier, keduanya telah meraih banyak penghargaan atas nama individu maupun bersama. Salah satu karya kolaborasi yang paling terkenal tentu saja Doraemon yang sampai saat ini animasinya masih diputar di berbagai negara termasuk Indonesia.

Manga dan animasi Doraemon bahkan telah diakui secara resmi sebagai ikon budaya Jepang modern. Karya Fujiko A. Fujio dan Fujiko F. Fujio tersebut dianggap sangat berpengaruh termasuk menginspirasi komikus terkenal lainnya seperti Osamu Tezuka dan Hanna-Barbera.

Baca Juga: 5 Fakta Fahmi Hasni, Kreator Game Coffee Talk Meninggal Dunia