Profil dan Biodata Arifin Putra: Agama, Umur, Pacar, Karier, Film

@arifinputra_/Instagram
Arifin Putra
16/6/2022, 18.36 WIB

ZIGI – Setelah sukses bermain di The Raid 2, Arifin Putra dipercaya akan memerankan tokoh utama di sekuel Angels Fallen yang berjudul Angels Fallen: Warriors of Peace

Arifin Putra dikenal sebagai pemain sinteron Tanah Air yang sudah berkiprah sejak awal tahun 2000-an. Meskipun sudah menginjak usia 35 tahun, aktor kelahiran Jerman ini memutuskan untuk masih melajang. Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok Arifin Putra! Berikut profil dan biodatanya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Iko Uwais: Agama, Umur, Istri, Film, Kasus

1. Kehidupan Arifin Putra

Arifin Putra Scheunemann merupakan aktor kelahiran Jerman, 1 Mei 1987 dari pasangan Alex Scheunemann dan Joyce Sunandar. Arifin Putra merupakan anak kedua dan memiliki seorang kakak yang menggeluti dunia modeling bernama Sari Scheunemann.

Saat usianya 12 tahun, kedua orang tuanya bercerai dan memutuskan untuk tinggal dan menetap di Indonesia. Arifin sempat menjadi anak pendiam dan pemalu setelah kedua orang tuanya bercerai, namun ia kembali mendapatkan keceriaannya setelah mendapatkan dukungan dari sang kakak.

Arifin mengenyam pendidikan awalnya di Sekolah Internasional Jerman di Jakarta. Ia juga sudah menunjukkan ketertarikannya dengan akting di sekolah hingga mengambil ekstrakulikuler drama.

2. Ikut Casting Model Secara Tidak Sengaja

Kariernya di dunia model datang secara tidak sengaja berawal ketika menemani sang kakak membintangi sebuah iklan di televisi pada 2000. Saat itu, Arifin langsung mendapatkan tawaran sebagai pemeran tambahan dalam iklan tersebut.

Di tahun yang sama, Arifin meraih prestasi dalam bidang modeling karena berhasil menjadi finalis dari sebuah kompetisi cover boy di suatu majalah.

3. Memulai Akting di Tahun 2003

Setelah menggeluti dunia modeling, Arifin Putra akhirnya dilirik untuk membintangi sinetron yang berjudul Senandung Masa Puber. Namanya semakin dikenal melalui Kisah Kasih di Sekolah.

Hingga akhirnya ia mulai serius menggeluti dunia akting dengan sekolah akting di Sakti Aktor Studio. Meskipun cukup kelabakan harus menyeimbangkan jadwal sekolah, Arifin tetap semangat untuk menghadiri kelas akting tersebut.

4. Terjun ke Dunia Film pada 2004

Setelah empat tahun menggeluti dunia seni peran, Arifin Putra akhirnya terjun ke dunia perfilman melalui Lost in Love. Dalam film ini, Arifin diharuskan untuk berbicara dalam bahasa Perancis, Inggris dan Indonesia.

Namun, Arifin tidak mengalami kesulitan untuk berbicara tiga bahasa tersebut karena sudah mempelajarinya sejak sekolah menengah.

5. Film dan Sinetron Arifin Putra

Meskipun mengawali kariernya sebagai model, Arifin Putra sukses membintangi sejumlah film dan sinetron Indonesia. Arifin Putra telah membintangi sejumlah judul sinetron seperti Manusia Bodoh (2005), Khayalan Tingkat Tinggi (2005), Setinggi Bintang (2009), Mimo Ketemu Poscha (2012) hingga Aprilio & Julie (2013).

Aktor 35 tahun ini sangat aktif dalam membintangi film, pasalnya hingga saat ini Arifin telah memainkan 13 film diantaranya Aku Perempuan (2009), Hati Merdeka (2011),Yasmine (2014), The Raid 2 (2014) hingga Foxtrot Six (2019).

6. Menjadi Pemeran Utama Sekuel Angels Fallen

Arifin Putra mulai melebarkan sayap ke ranah internasional setelah bermain di The Raid 2. Ia kini akan membintangi sekuel Angels Fallen yang berjudul Angels Fallen: Warriors of Peace. Proses syuting diketahui telah selesai dilakukan di Los Angeles sejak Agustus 2021 lalu.

 

Film ini disutradarai oleh Ali Zamani yang sebelumnya juga pernah mengarahkan film komedi keluarga, C.I Ape dan Incision. Arifin Putra akan beradu akting dengan Michael The, Joshua Burdett, Lee Kholafai, Korrina Rico, Silvio Simac dan Greg Canestrari.

7. Prestasi Arifin Putra

Arifin telah meraih berbagai pengharagaan baik di bidang modeling maupun akting. Pada 2003, Arifin Putra memenangkan kategori TV Icon di BC Bar Youth TV Icon, di tahun selanjutnya memenangkan untuk kategori Most Wanted di Gadis Magazine Awards dan ia memenangkan kategori Dream Boy di B’Girl Awards.

Sementara di dunia seni peran, Arifin Putra berhasil memenangkan kategori Best Supporting Actor melalui film Macabre di KUFI Film Awards 2011 dan film The Raid 2 di Maya Awards 2014.

8. Pacar Arifin Putra

Arifin pernah dikabarkan dekat dengan putri sulung Sophia Latjuba, Eva Celia yang kini telah menikah dengan Demas Narawangsa. Namun kabar kedekatan mereka tidak bertahan lama hingga akhirnya dikabarkan dekat dengan aktris Acha Septriasa.

Bahkan Arifin juga pernah menjalin hubungan dengan Chelsea Islan karena kepergok selalu bersama. Kemudian Arifin juga sempat dikabarkan dengan Paula Verhoeven yang kini menjadi istri Baim Wong.

Selain Paula, Arifin kembali dikabarkan dekat dengan Raline Shah dan Tara Basro. Meskipun demikian, Arifin Putra mengaku masih sendiri dan memilih fokus kepada kariernya sebagai aktor.

9. Mengidap Disabilitas Ringan

Arifin Putra sempat mengejutkan warganet lantaran pengkuannya yang mengidap disabilitas ringan. Melalui unggahan di Instagram, dia mengaku mengidap Upper Plexus Paraylisis yakni sebuah kelainan yang mampu menghambat mobilitas lengan kirinya.

Aktor kelahiran 1987 ini mengungkapkan jika ketika olahraga half chin up yang dilakukan terlihat miring namun terbantu oleh lengan kanannya. Meskipun demikian, Arifin bersyukur karena dapat melakukan olahraga tersebut dengan baik.

10. Biodata Arifin Putra

  • Nama Asli: Arifin Putra Scheunemann
  • Nama Panggung: Arifin Putra
  • Tempat, Tanggal Lahir: Jerman, 1 Mei 1987
  • Umur: 35 Tahun
  • Orang Tua: Alex Scheunemann (Ayah), Joyce Sunandar (Ibu)
  • Saudara: Sari Scheunemann (Kakak)
  • Agama: Katholik
  • Profesi: Model, Aktor
  • Tahun Aktif: 2000 – sekarang
  • Akun Instagram: @arifinputra_
  • Akun Twitter: @arifinputra

Demikian profil dan biodata Arifin Putra yang kini berkiprah di dunia perfilman internasional. Arifin Putra akan sekuel Angels Fallen bersama Denise Richards.

Baca Juga: Iko Uwais Main Film The Expendables 4 Bareng Jason Statham