Profil dan Biodata Marshanda: Agama, Karier, Penyakit, Keluarga, Anak

@marshanda99/Instagram
Marshanda
Penulis: Yasmin Karnita
27/6/2022, 22.47 WIB

ZIGI – Sosok Marshanda sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Mengawali karier sebagai pesinetron yang terkenal tahun 2000-an, ibu satu anak ini telah melewati berbagai sepak terjang kehidupan. 

Terbaru, Marshanda dilaporkan hilang di Los Angeles, Amerika Serikat. Saat ini, proses pencariannya masih berlangsung. Berikut adalah profil dan biodata Marshanda, lengkap perjalanan karier, agama, masa berhijab, keluarga, dan lainnya.

Baca Juga: Kronologi Marshanda Dilaporkan Hilang di AS, Video Terakhir Disorot

1. Latar Belakang Keluarga Marshanda

Marshanda lahir dengan nama lengkap Andriani Marshanda pada 10 Agustus 1989 dari pasangan Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan. Wanita berdarah Padang ini memiliki dua adik bernama Adrian Hafsi dan Alyssa Ramadhani.

Sayangnya, Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan memutuskan untuk cerai saat Marshanda berusia 5 tahun. Kala itu, Irwan mengalami kebangkrutan hingga jatuh miskin. Bahkan sang ayah pernah ditemukan menjadi gelandangan pada tahun 2016. Kini, Irwan Yusuf tinggal di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Kota Malang, Jawa Timur.

2. Pernikahan Marshanda dan Ben Kasyafani

Marshanda sempat menjalin hubungan dengan Baim Wong, tapi tidak berjalan lama. Lalu dia pacaran dengan Ben Kasyafani dan berakhir menikah pada April 2011.

Marshanda dan Ben Kasyafani dikaruniai seorang putri bernama Sienna Ameerah Kasyafani. Sayangnya pada 2014, rumah tangga keduanya retak. Hak asuh anak jatuh ke tangan Ben. 

Kendati demikian, kini hubungan mantan pasangan suami istri itu berangsur membaik. Bahkan Marshanda dan Sienna sering menghabiskan waktu bersama.

3. Marshanda Akui Mengidap Penyakit Bipolar

 

Perseteruan antara Marshanda dan ibu yang juga manajernya, Riyanti Sofyan, terungkap melalui keterangan pengacara O.C Kaligis yang saat itu menjadi kuasa hukum Marshanda tahun 2014. 

Akibat menderita penyakit bipolar, Marshanda diduga sempat dipasung oleh ibunda. Namun Riyanti Sofyan menyangkalnya dengan mengatakan bahwa Marshanda hanya menjalani terapi atas saran dokter psikologi.

Riyanti memutuskan membawa putrinya ke rumah sakit untuk menjalani terapi kejiwaan setelah Marshanda merilis video curhat dan melepas hijabnya yang sempat viral Seiring berjalannya waktu, hubungan antara Marshanda dan ibunya kembali harmonis.

Hingga sekarang, Marshanda masih cukup vokal dengan isu kesehatan mental di media sosial. Juga karena dia mengidapnya.

4. Karier Marshanda di Dunia Hiburan

Marshanda memulai karier di dunia hiburan dengan menjadi bintang iklan. Lalu pada tahun 2022, terpilih membintanhi sinetron hits berjudul Bidadari. Dia berperan sebagai tokoh utama bernama Lala.

Karier akting Marshanda langsung melejit karena kerap digaet membintangi sinetron. Sebut saja Kisah Sedih di Hari Minggu (2004), Adam & Hawa (2004), Kisah Kasih di Sekolah (2004), Putri yang Terbuang (2006), Aqso dan Madina (2008), dan masih banyak lagi.

Marshanda juga pernah muncul di beberapa film seperti Petualangan 100 Jam (2004), Kalau Cinta Jangan Cengeng (2009), 3 Pilihan Hidup (2016), dan The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018).

Kemudian Marshanda melebarkan sayapnya ke bidang menyanyi dengan pernah merilis beberapa album dan single seperti Cinta yang Kembali (2011), Beri Aku Cinta (2012), Kamu (2014), Sienna (2017), dan Tak Mungkin (2017).

5. Marshanda Dilaporkan Hilang di Los Angeles, AS

Pada Senin, 27 Juni 2022, Marshanda diduga hilang di Los Angeles diketahui dari unggahan salah satu temannya, Sheila Salsabilla. Ia juga sempat menandai akun Ben Kasyafani hingga Presiden Joko Widodo. Sheila menjelaskan kondisi psikologi Marshanda yang mengidap bipolar.

Kehilangan seorang WNI pertama kali di Los Angeles, California, AS. Dia sedang berada dalam kondisi episode manik," tulisnya.

 

Maniac Episode atau Episode Manik yang dimaksud oleh Sheila adalah gejala umum yang biasa dialami pengidap bipolar. Gejala ini bisa membuat seseorang kehilangan kontrol atas dirinya sendiri, tak tidur seharian, serta memungkinkan melakukan hal-hal yang membahayakan keselamatan.

Hingga artikel ini ditulis, Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) sedang berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Los Angeles untuk pencarian Marshanda.

6. Marshanda Kena Tumor Payudara

Pada Mei 2022, Marshanda mengungkap bahwa dia mengidap tumor payudara sejak Desember 2021. Hal ini disampaikannya  dalam unggahan video di channel Youtube pribadinya, MARSHED. 

Marshanda mengaku sama sekali tidak takut dengan kondisinya dan akan terus berjuang dengan melakukan perawatan agar bisa kembali pulih. Lalu dia sempat menyinggung soal wasiat hingga keinginan untuk bertemu sang ayah.

7. Biodata dan Agama Marshanda

  • Nama lengkap: Andriani Marshanda
  • Nama panggilan: Marshanda / Chacha / Caca
  • Tempat, tanggal lahir: Jakarta 10 Agustus 1989
  • Umur: 32 tahun
  • Agama: Islam
  • Keluarga: Irwan Yusuf (ayah), Riyanti Sofyan (ibu), Sienna Ameerah Kasyafani (anak)
  • Akun Instagram: @marshanda99

Di atas merupakan profil dan biodata Marshanda, yang saat ini dilaporkan menghilang di Los Angeles, Amerika Serikat. Cek berita selanjutnya hanya di Zigi.id.

Baca Juga: Ben Kasyafani Jawab Kabar Marshanda Sudah Ditemukan