8 Fakta Diana M Putri, Desainer Jennie Blackpink Asal Surabaya

Instagram @dianamputri
Diana M Putri
17/9/2022, 08.00 WIB

ZIGI – Diana M Putri adalah desainer asal Surabaya, Indonesia yang baru memulai kariernya secara serius pada tahun 2015. Meski baru beberapa tahun, kostum rancangan Diana M Putri telah dipakai selebriti dunia, mulai dari Ariana Grande, Jennie Blackpink hingga Carrie Underwood. 

Penasaran dengan sosok Diana M Putri ini? Simak 8 fakta desainer internasional yang sudah disusun Zigi.id di bawah ini!

Baca juga: Terjemahan Lirik Lagu Shut Down - Blackpink, Ala Musik Klasik

1. Keluarga Diana M Putri

Diana M. Putri adalah desainer asal Surabaya kelahiran 1972. Kemudian tahun 1995 ia menikah dengan seorang pria bernama Ivan Salim dan saat ini dikarunia 3 anak. Salah satu anak Diana yang bernama Nicole Aiko Salim kerap jadi model baju sang ibunda. Sementara anak yang cowok, Reinhardt Kenneth adalah seorang fotografer.

2. Pendidikan Diana M Putri 

Pendidikan Diana M. Putri justru jauh dari kegiatan desain. Dari penelusuran Zigi.id, ia sempat mengenyam pendidikan Universitas Kristen Petra jurusan Sastra Inggris. 

3. Awal Karier Diana M Putri

Keteratarikannya dengan desain bermula saat Diana ingin memiliki baju sesuai selera dirinya. Lambat laun, Diana menerima orderan baju dari teman dan juga kerabat meski saat itu belum ingin fokus berbisnis. Kesempatannya tiba pada tahun 2015. 

Karya Diana masuk kurasi dan terpilih dalam ajang Couture Fashioon Week 2015 di New York sebagai Best Desaigner. Hanya dalam waktu 4 tahun, desainnya mejeng di New York Fashion Week 2019 hingga sempat dipakai Anne Winters di ajang penghargaan Oscar 2019.

Beberapa acara yang ia ikuti, misalnya Losa Angeles Fashion Week 2021/2022  yang fokus pada tema ‘Cyber Couture’. Salah satu pelanggan karyanya adalah penyanyi Carrie Underwood.

4. Merancang Gaun Ariana Grande di MTV VMA 2018

Outift Ariana Grande saat membawakan lagu God is A Woman di MTV VMA 2018 ternyata rancangan Diana M Putri. Tanggal 2 Agustus tahun yang sama, ia mendapat kontak bahwa sang penyanyi membutuhkan kostum segera yang bakal dipakai pada 11 Agustus 2018. 

Bekerja selama 9 hari dengan sedikit tidur, dua kostum untuk Ariaan Grande akhirnya siap. Namun masalahnya, Diana kebingungan untuk mengirimnya ke Amerika Serikat karena jika dipaketkan,outfit tidak akan sampai tepat waktu. Ia pun minta tolong salah satu kawan putrinya yang bersiap menuju Hollywood untuk mengantarkan outfit tersebut.

5. Desainer Oufit Jennie Blackpink di MV Shut Down

Blackpink merilis MV Shut Down pada Jumat. 16 September 2022. Ada adegan ketika Jennie tampil mengenakan korset putih penuh mutiara. Ternyata outfit tersebut adalah karya Diana M. Putri yang dinamakan Pearl Chandelier Corset. 

6. Rancangan Banyak Dipakai Seleb Indo

Sepertinya nyaris seluruh selebriti pernah memesan baju dari Diana M Putri. Sebut saja Krisdayanti, Tiara Andini, Nikita Mirzani, Ghea Indrawari, Jessica Iskandar, Inul Daratista, Lyodra Ginting, Amanda Manopo, Ashanty, Titi DJ, hingga almarhumah Vanessa Angel.

7. Jadi Juri Liga Dangdut di Stasiun Televisi

Pada tahun 2021, Diana M Putri sempat menjadi juri untuk Liga Dangdut Indonesia. Ia menjadi Fashion Guru dengan tugas utama adalah memberikan komentar untuk pakaian para kontestan.

8. Diana M Putri Aktif di Instagram

Diana M Putri aktif di Instagram melalui akun @dianamputri. Tidak banyak membagikan foto, desainer satu ini lebih banyak memperlihatkan hasil karyanya yang megah. 

Dalam salah satu wawancara, Diana M. Putri masih menyimpan harapan agar bajunya bisa dipakai Beyonce. Perempuan 50 tahun ini mengaku sebagai penggemar dari penyanyi Halo tersebut.

Baca juga: 5 Kontroversi Desainer Arnold Putra, Diduga Pesan Organ Manusia