ZIGI – Student loan menjadi salah satu metode pembayaran yang bisa ditempuh oleh seorang mahasiwa untuk melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan. Konsep ini cukup terkenal di Amerika dan juga Eropa.

Student loan dapat memudahkan mahasiswa agar memiliki dana yang cukup selama melakukan kegiatan perkuliahan. Namun konsep ini kerap menyisakan masalah seperti ketidakmampuan mahasiswa untuk membayar kembali pinjaman yang telah ia ambil dulu.

Di Indonesia, konsep ini sempat dilontarkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu. Ia meminta agar perbankan mengeluarkan produk kredit untuk mahasiswa. Lalu seperti apa tips bagi kalian yang hendak mengajukan student loan? Simak artikelnya ya!

Baca Juga : 10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet Bagi Pelajar

1. Ketahui Produk yang Akan Diambil

Langkah pertama yang harus dilakukan bagi kamu ingin mengajukan student loan adalah mengetahui dengan benar produk pinjaman yang akan dipakai. Hal ini krusial karena setiap syarat dan ketentuan mengandung unsur hukum yang harus dipenuhi oleh kreditur dan debitur. 

Mengutip dari Student Loan Hero pada Kamis, 9 Juni 2022, kalian yang hendak mengambil pinjaman juga harus menghitung total bunga, total pinjaman yang harus dibayar di akhir, periode pembayaran, metode pembayaran hingga denda.

Aspek-aspek ini harus dihitung dengan cermat agar mengerti keuntungan dan risiko yang bisa dihadapi saat mengambil produk pinjaman. Setelah itu, kalian bisa mulai menghitung produk yang tepat untuk kebutuhan perkuliahan. 

2. Menabung Semasa Kuliah

 

Mayoritas pelunasan produk pinjaman akan dilakukan setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus kuliah. Mahasiswa hanya membayar bunganya saja pada saat berkuliah. 

Selama berkuliah, kalian harus mulai menabung untuk nantinya membayar pokok dan bunga dari produk pinjaman saat lulus kuliah nanti. Hal ini bisa kalian lakukan dengan mengambil kerja paruh waktu ataupun tidak membeli barang-barang yang tidak penting.

Empat hingga lima tahun masa kuliah adalah saat yang tepat untuk menabung sedikit demi sedikit, agar di tahun akhir memiliki dana untuk membantu membayar pinjaman. 

3. Tetap Hidup Sederhana Setelah Lulus

Setelah lulus kuliah, para mahasiswa akan mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan. Biasanya, seseorang yang baru saja memiliki penghasilan cenderung menghabiskan gaji nya untuk membeli hal-hal yang telah lama ia idamkan. Namun perlu diingat, bagi kalian yang telah mengambil student loan, ada kewajiban yang harus dipenuhi terlebih dahulu. 

Meskipun sudah lulus dan memiliki penghasilan, kalian tetap harus menyisihkan uang untuk membayar kewajiban sesuai dengan persetujuan awal. Salah satu tips agar kalian dapat melakukannya adalah tetap memiliki gaya hidup seperti di bangku perkuliahan dulu. Setelah kewajiban pembayaran selesai, kalian bisa dapat menggunakan upah untuk hal yang lain.

Itu tadi tips bagi kalian yang hendak melanjutkan perkuliahan lewat pinjaman perbankan atau student loan. Perhatikan kemampuan finansial dan kalkulasi resiko yang akan dihadapi. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa datang ke bank yang telah menyediakan produk pinjaman mahasiswa.

Baca Juga : 4 Financial Trap yang Harus Dihindari agar Tak Menyesal Tua Nanti