Benarkah Langganan Netflix Menghambat Milenial Punya Rumah?

Unsplash
Ilustrasi penonton Netflix
15/6/2022, 19.13 WIB

ZIGI – Generasi baby boomer memiliki tips bagi milenial yang kesulitan membeli rumah pertama. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi makanan pesan antar hingga mengurangi langganan Netflix. 

Namun peneliti menilai pendapat di atas tidak tepat sasaran, sebab masalahnya bukan di gaya hidup saja tapi harga tanah yang terlampau tinggi. Simak hasil penelitian selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Pengertian Investasi Leher ke Atas, Contoh hingga Manfaat

Baby Boomer Yakin Kehidupan Anak Muda Sekarang Terlalu Mewah

Melansir dari The Times pada Rabu, 15 Juni 2022, generasi yang lahir tahun 1946 hingga 1964 atau yang biasa disebut baby boomer menanggapi gaya hidup anak era sekarang.

Menurut penelitian dari Universitas King’s College London, kalangan ini percaya pilihan hidup yang ‘mewah’ adalah alasan milenial tidak memiliki tabungan cukup. 

Lebih lanjut, gaya hidup mewah yang dimaksud antara lain tingkat konsumsi kopi yang tinggi, kecenderungan beli makanan siap saji hingga pesan antar, langganan Netflix, dan keputusan untuk liburan ke luar negeri.

Opini bahwa anak muda adalah kelompok yang boros diyakini oleh 48% generasi milenial sendiri, dan 52% baby boomer

Langsung Dibantah

Hasil suvei tersebut dibantah oleh Bobby Duff, direktur Institut Kebijakan di King’s College London. Gaya hidup di atas berpengaruh kecil terhadap ketidakmampuan generasi milenial untuk bisa membeli rumah. Faktanya, kenaikan harga rumah dan deposit yang signifikan adalah penyebab utamanya.

“Saran untuk anak muda mengurangi kopi dan berlangganan Netflix agar bisa membeli rumah sama sekali tidak tepat sasaran, tapi masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat,” ungkap Bobby dikutip ZIgi.id pada Selasa, 14 Juni 2022. 

Tidak hanya oleh baby boomer, bahkan generasi mileneal percaya opini untuk mengurangi langganan hingga makanan takeaway bisa membuat kelompok ini mendapat rumah dengan mudah. Padahal kenyataannya rata-rata tingkat pendapatan mereka yang berusia 25 hingga 34 tahun menurun hingga dua pertiga sejak tahun 1995. 

Sebanyak 76% responden survei masih percaya harga rumah tinggi, aturan pinjaman yang pelik dan upah yang sulit naik juga turut menyumbang kesulitan milenial memiliki hunian sendiri. 

Netizen pun menanggapi hasil penelitian tersebut. Menyebut harga langganan Netflix tidak lebih dari Rp220 ribu per bulan yang tidak berpengaruh signifikan selama harga rumah terus mengalami kenaikan. 

Anak Muda Indonesia Hadapi Ancaman Tidak Memiliki Rumah

Pada tahun 2017, Menteri Koordinator BIdang Perekonomian Darmin Nasution pernah mengatakan keresahan yang sama. Melansir dari Katadata pada Rabu, 15 Juni 2022, mileneal tidak akan bisa mencicil hunian jika tidak ada kebijakan khusus. 

Tren kenaikan harga tanah mencapai angka 200% per tahun pada 2012 silam. Padahal rata-rata kenaikan gaji karyawan mentok hanya 10% saja dalam satu tahun. 

Baca juga: 3 Tips Kuliah dengan Student Loan, Pinjam Dulu Bayar Setelah Lulus