ZIGI – Saat ingin berutang atau kredit pasti sudah tidak asing lagi dengan BI Checking. Pengecekan BI Checking bahkan salah satu syarat untuk kredit di bank. Sementara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum lama ini mengeluarkan aplikasi pengganti BI Checking bernama iDebKu.
Dengan aplikasi iDebKu, nasabah akan dengan mudah mengecek riwayat kredit alias utang. Layanan ini akan memudahkan akses informasi debitur dan integrasi antara Kantor Pusat atau Kantor Regional suatu bank maupun jasa keuangan lain. Lantas bagaimana cara mendaftar aplikasi iDebKu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!
Baca Juga: 5 Aplikasi Penghasil Uang Aman dan Berizin OJK
Keunggulan iDebKu
OJK baru meluncurkan aplikasi iDebKu sebagai pengganti pengecekan riwayat kredit melalui BI Checking pada Selasa, 8 November 2022.
“Untuk menjawab tingginya permintaan iDeb oleh masyarakat, maka OJK telah mengembangkan aplikasi baru yang dinamakan sebagai iDebKu,” ujar Kepala Eksektif Pengawas Perbankan, Dian Ediana Rae dilansir dari laman resmi OJK pada Jumat, 25 November 2022.
Aplikasi iDebKu sejalan dengan Destination Statement OJK Tahun 2022-2027, Arah Pengembangan Sistem Layanan Informasi Keuangan (AP SLIK) 2021-2025, dan merupakan bagian dari Rancang Bangun Sistem Informasi (RBSI) tahun 2019-2022 dan juga RBSI tahun 2023-2027.
Sementara AP LIK 2021-2025 bertujuan untuk Peningkatan Kualitas SLIK kepada masyarakat. Lantas apa saja keunggulannya?
- Meningkatkan kualitas layanan pemberian informasi debitur kepada masyarakat secara cepat, mudah dan aman;
- Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pemberian layanan informasi debitur bagi internal OJK dengan adanya integrasi dengan SLIK dan ke depannya akan terintegrasi dengan Dukcapil;
- Meminimalkan potensi human error melalui otomasi proses layanan; dan
- Menyediakan layanan informasi debitur kepada masyarakat secara terintegrasi antara Kantor Pusat, Kantor Regional dan Kantor OJK dalam satu aplikasi.
Cara Mendaftar Aplikasi iDebku
Untuk mengecek riwayat utang tidak harus datang ke jasa keuangan lagi melainkan bisa diakses dimana pun. Lantas bagaimana cara mendaftar aplikasi iDebku? Perhatikan langkah-langkah berikut ini:
- Download terlebih dahulu aplikasi iDebku di PlayStore atau App Store. Bisa juga melalui situs https://idebku .ojk.go.id.
- Kemudian Klik menu "Pendaftaran" pada halaman utama aplikasi iDebKu OJK.
- Cek Ketersediaan layanan dengan mengisi seluruh kolom pada halaman di atas mulai dari Jenis Debitur, Jenis Identitas Debitur hingga Nomor Identitas Debitur. Lalu klik "Selanjutnya".
- Pemohon diminta mengisi data diri dengan lengkap. Sebaiknya isi identitas diri sesuai dengan Kartu Tanda Identitas (KTP). Kemudian klik “Selanjutnya:.
- Ada beberapa dokumen yang perlu diperhatikan sebelum mengunggah identitas, di antaranya:
a. Debitur Perseorangan : KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA
b. Debitur Badan Usaha :
1) Identitas Pengurus (KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA)
2) NPWP badan usaha;
3) Akta pendirian/anggaran dasar pertama; dan/atau
4) Perubahan anggaran dasar terakhir yang menunjukkan perubahan kepengurusan Badan Usaha.
c. Debitur yang meninggal dunia
1) Identitas ahli waris (KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA)
2) Dokumen asli yang menerangkan kematian debitur yang dikeluarkan oleh pihak berwenang; dan
3) Dokumen yang menunjukkan hubungan kekeluargaan/ahli waris.
- Kemudian unggah foto diri dengan memperagakan instruksi yang diminta pada aplikasi. Kemudian perhatian kebenaran data lalu klik “Ajukan Permohonan”
- Setelah pendaftaran berhasil, pemohon akan menerima email dari OJK yang memuat antara lain informasi nomor pendaftaran.
- Pemohon dapat melakukan pengecekan status permohonan pada menu "Status Layanan" dengan isi nomor pendaftaran.
- Setelah tahap-tahap di atas sudah dapat dilakukan, tingga menunggu konfirmasi dari pihak OJK. Nantinya OJK akan memproses permohonan iDebku lalu mengirimkannya melalui email paling lambat satu hari kerja.
Demikian langkah-langkah untuk pendaftaran iDebKu yang sudah bisa diakses melalui aplikasi di ponsel, tablet maupun gadget lainnya. Selain lebih mudah, iDebKu juga lebih efisien waktu karena bisa dilakukan dimana pun.
Baca Juga: 4 Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal yang Tiba-tiba Meneror