ZIGI – Beberapa waktu lalu, para penonton setia Song Joong Ki dan Jeon Yeo Bin di Indonesia dihebohkan dengan kemunculan permen Kopiko dalam drama Vincenzo. Kini, terungkap biaya yang digelontorkan merek tersebut untuk PPL atau Product Placement.
PPL (product placement) atau peletakkan produk untuk keperluan iklan atau promosi seringkali dijumpai di drama Korea. Permen merek asal Indonesia, Kopiko, sempat beberapa kali muncul dalam drama Vincenzo (2021) dibintangi Song Joong Ki dan Jeon Yeo Bin.
Setelah bikin publik penasaran, terungkap nominal yang harus dikeluarkan oleh merek Kopiko untuk memasukkan produk permen mereka di drama Vincenzo selama beberapa detik saja. Simak ulasannya di bawah ini yuk!
Kemunculan Produk Permen Kopiko di Drama Vincenzo
Dalam drama Vincenzo, permen Kopiko sempat muncul sebanyak empat kali. Dalam salah satu adegan, para pemain pernah saling berbagi permen dan mengatakan rasanya begitu enak.
Bahkan, permen Kopiko pernah dimakan langsung oleh Song Joong Ki saat memerankan karakter seorang mafia asal Italia bernama Vincenzo Cassano. Lalu dalam credit title drama Vincenzo, foto merek Kopiko juga ditampilkan.
Selain karena drama Vincenzo sangat populer di Tanah Air, kemunculan perdana permen Kopiko yang mana merupakan produk buatan Indonesia dalam program televisi Korea, semakin meningkatkan antusiasme publik.
Biaya Iklan Permen Kopiko di Drama Vincenzo
Lalu pada 1 Juni 2021, seorang pemilik akun Twitter @Delon_Tio membeberkan biaya yang telah digelontorkan oleh merek Kopiko hingga produknya bisa muncul dalam drama Vincenzo.
Terungkap bahwa Kopiko mengeluarkan biaya sebesar 200 juta won atau setara dengan Rp2,5 miliar untuk dua adegan. Karena permen Kopiko muncul dalam empat adegan, maka total keseluruhannya menjadi Rp5 miliar rupiah. Daebak!
“200 juta Won atau sekitar 2.5 miliar Rupiah untuk 2x scenes. 4 scenes berarti total sekitar 5 miliar Rupiah,” tulis pemilik akun Twitter @Delon_Tio pada 1 Juni 2021 lalu.
Lantas nominal fantastis tersebut dikeluarkan oleh perusahaan Kopiko hanya untuk mempromosikan produk permen dalam kurun waktu kurang dari satu menit dalam drama Vincenzo.
Permen Kopiko Juga Muncul di Drama Mine (2021)
Masih dalam cuitan yang sama, pemilik akun @Delon_Tio juga melampirkan foto tangkapan layar isi chat-nya dengan sang orang dalam yang membeberkan biaya untuk mempromosikan suatu produk di drama Korea. Karena drama Vincenzo merupakan salah satu tontonan paling populer kala itu, wajar saja apabila harga mengiklankan sesuatu mencapai miliaran rupiah.
“Aku telah menghubungi perusahaan PPL untuk drama Vincenzo yang memasukkan produk Kopiko (dalam drama). Mengekspos suatu brand dalam drama A Class (kelas atas) dikenai biaya 200 juta won. Brand (Kopiko) akan dimunculkan sebanyak dua kali dan pemberitahuan dukungan produksi akan diekspos setiap kali setelah drama berakhir,” begitu isi dari tangkapan layar yang dibagikan pemilik akun @Delon_Tio.
Selain itu, ternyata permen Kopiko baru-baru ini juga muncul dalam drama Mine dibintangi Lee Bo Young dan Kim Seo Hyung. Dalam salah satu adegan, karakter Seo Hi Soo (Lee Bo Young) terlihat menunjukkan bungkus Kopiko dan memakan permen. Lalu dia mengatakan bahwa permen tersebut berhasil membuatnya tidak mengantuk lagi.
Sementara itu, drama Vincenzo sempat beberapa kali menampilkan hal-hal berbau Indonesia. Selain permen Kopiko, salah satu pemain pernah menyebutkan minuman Kopi Luwak yang mana berasal dari Tanah Air, juga kemunculan peta Indonesia yang pernah dipegang oleh Song Joong Ki.