ZIGI – TREASURE langsung mencuri perhatian sejak debut dengan lagu BOY pada 7 Agustus 2020 lalu. Sebelumnya, para member TREASURE sudah diperkenalkan ke publik setelah menyelesaikan survival show YG Treasure BOX (YGTB), Januari 2019 lalu.

Debut TREASURE sudah direncanakan sejak awal 2019 lalu. Tapi tertunda karena permasalahan hukum yang dihadapi YG Entertainment. Tapi terlepas dari itu, kini ke-12 anggotanya sudah aktif berkarya. Kenalan yuk dengan para member TREASURE lewat profil dan fakta menariknya berikut.

Perjalanan Karier TREASURE

TREASURE memulai debutnya dengan lagu BOY dan mini album THE FIRST STEP : CHAPTER ONE yang dirilis 7 Agustus 2020. Sebelumnya, mereka dibentuk dengan nama TREASURE13. Yang Hyun Suk, pendiri YG Entertainment sejak awal ingin membagi dua unit bernama TREASURE yang berisi 7 orang, serta MAGNUM berisi 6 anggota. 

Tapi karena tidak juga debut, TREASURE harus ditinggal satu anggota mereka yakni Ha Yoonbin sejak 31 Desember 2019. Sekarang, TREASURE memiliki 12 anggota dengan dua leader. Meskipun terbilang baru, TREASURE sudah bisa dibilang sebagai penyanyi sukses.

Grup beranggotakan Hyunsuk, Jihoon, Yoshi, Junkyu, Mashiho, Jaehyuk, Asahi, Yedam, Doyoung, Haruto, Jeongwoo dan Junghwan ini sudah memenangkan banyak penghargaan. Seperti penghargaan Rookie of The Year di Asia Artist Awards (AAA) 2020.

Tidak hanya itu, TREASURE juga mendapatkan piala dari kategori Best New Male Artist dan Worldwide Fans Choice di ajang 2020 Mnet Asian Music Awards (MAMA) hingga Rookie of The Year di Golden Disc Awards (GDA) 2020.

Sejauh ini, TREASURE sudah memiliki empat album diantaranya, The First Step : Chapter One, The First Step : Chapter Two, The First Step : Chapter Three dan full album pertama mereka, The First Step: Treasure Effect. Makin penasaran kan dengan TREASURE. Yuk simak artikel di bawah ini sampai habis ya.

1. Hyunsuk

Choi Hyunsuk menjalani masa trainee lebih dari lima tahun. Sebelum debut dengan TREASURE, Hyunsuk pernah mengikuti ajang MIXNINE. Dia pun berhasil masuk di tim debut setelah keluar di posisi 5. Tapi sayang, debut MIXNINE dibatalkan. 

Idol yang diakui sebagai anggota paling fashionable ini juga pernah tampil dalam mockumentary Seungri di Netflix dan serial YG Future Strategy (YG FSO) dengan menirukan gaya idolanya, G-Dragon saat menyanyikan lagu Untittled, 2014. 

Hyunsuk yang mengklaim dirinya sebagai masa depan YG ini juga pernah berkolaborasi dengan Lee Hi dalam lagu 1,2. Selain hobi bermusik, Hyunsuk juga dikenal sangat mencintai sepakbola. Di kamar dorm-nya, Choi Hyunsuk memajang puluhan baju bola koleksinya.

Nama Asli: Choi Hyunsuk 
Nama Panggung: Hyunsuk
Tempat Tanggal Lahir: Daegu, 21 April 1999
Golongan Darah: A
Tinggi Badan: 171 cm
Posisi: Leader, Member Tertua, Main Rapper, Main Dancer
Pendidikan: Chungdam High School (dropout)

2. Jihoon

Hampir empat tahun Park Jihoon menjalani masa trainee sebelum akhirnya debut dengan TREASURE. Perjalanan karier Jihoon pun tidaklah mudah. Dia sempat keluar dari YG Entertainment dan bergabung dengan agensi kecil. Tapi akhirnya, Park Jihoon dihubungi kembali dan diajak untuk mengikuti survival YG TREASURE BOX.

Yedam yang melihat kedatangan Jihoon pun langsung memeluknya erat. Dia begitu bahagia bisa melihat Park Jihoon lagi. Idol yang terkenal dengan sikap jahilnya dan celetukannya yang bikin ngakak ini juga sempat muncul dalam program survival Stray Kids (battle trainee JYP vs YG). Dia bersama beberapa trainee YG Entertainment menampilkan keahlian dance.

Nama Asli: Park Jihoon
Nama Panggung: Jihoon
Tempat Tanggal Lahir: Busan, 14 Maret 2000
Golongan Darah: B
Tinggi Badan: 178 cm
Posisi: Co-Leader, Main Dancer, Lead Vocalist
Pendidikan: Hanlim Arts School (dropout)

3. Yoshinori

Sama seperti Jihoon, Yoshinori juga menjalani masa trainee di YG Entertainment Jepang selama empat tahun sebelum akhirnya debut. Selain hobi membuat musik, Yoshi juga pandai dalam bermain skateboard dan menggambar grafiti.

Yoshinori juga pandai dalam beatbox. Sebenarnya, Yoshi tidak masuk dalam line debut. Tapi Yang Hyunsuk secara tiba-tiba mengumumkan Yoshinori dalam daftar line debut bersama MAGNUM. Di program YGTB, Yoshi sempat mengungkapkan kalau ayahnya sudah meninggal sejak dia duduk di bangku SMP.

Nama Asli: Kanemoto Yoshinori
Nama Panggung: Yoshi
Tempat Tanggal Lahir: Kobe, 15 Mei 2000
Golongan Darah: A
Tinggi Badan: 179 cm
Posisi: Rapper, Dancer

4. Junkyu

Sebelum debut sebagai boygrup, Kim Junkyu sejak kecil sudah berprofesi sebagai model yang membintangi banyak iklan televisi dan juga photoshoot. Sama seperti Jihoon, Junkyu juga menghabiskan masa trainee lebih dari lima tahun.

Cowok yang dikenal sebagai 'meme king' dan dijuluki koala karena tawanya yang ceria ini juga pernah mengikuti MIXNINE bareng Hyunsuk di tahun 2017. Tapi beda dari Hyunsuk, Kim Junkyu gagal masuk line debut karena dia berada di ranking 35.

Nama Asli: Kim Junkyu
Nama Panggung: Junkyu
Tempat Tanggal Lahir: Chungju, 9 September 2000
Golongan Darah: O
Tinggi Badan: 178 cm
Posisi: Vocalist, Visual
Pendidikan: Seocho High School (dropout)

5. Mashiho

Mashiho merupakan member TREASURE dari Jepang yang paling lama menjalani masa trainee yakni tujuh tahun. Walaupun tubuhnya paling pendek, tapi Mashiho dikenal sebagai member paling atletis dan ditakuti oleh member lain saat adu kekuatan lho.

Selain memiliki suara yang merdu, Mashiho juga memiliki kemampuan dance yang luar biasa. Dia bahkan pandai dalam melakukan gerakan akrobatik. Mashiho juga memiliki kebiasaan suka bersih-bersih. Dia mengaku menurunkan sifat orangtuanya yang tidak suka melihat barang-barang berserakan.

Idol yang kerap melakukan aegyo ini aktif menggunakan tangan kiri atau kidal. Dia juga dikenal dekat dengan Junkyu sampai mendapat julukan MashiKyu sejak kolaborasi bersama di YGTB. Yang mungkin banyak dari kamu belum tahu, Mashiho pernah menjadi muncul di short movie-nya AKMU, loh.

Nama Asli: Takata Mashiho
Nama Panggung: Mashiho
Tempat Tanggal Lahir: Mie, 25 Maret 2001
Golongan Darah: AB
Tinggi Badan: 169 cm
Posisi: Main Dancer, Vocalist

6. Jaehyuk

Jaehyuk menjalani masa trainee selama 2 tahun 3 tahun sebelum debut. Jaehyuk direkrut oleh YG Entertainment setelah pulang sekolah. Sebenarnya, banyak perusahaan yang mencoba mendekati Jaehyuk dan mengajaknya untuk audisi seperti SM, JYP, CUBE, Woolim hingga Pledis.

Sama seperti Mashiho, Jaehyuk juga pengguna tangan kiri atau kidal. Cowok yang dikenal suka iseng ini terkenal paling dekat dengan Asahi. Jaehyuk juga pernah mendapatkan kejutan dari para member TREASURE di hari kelulusannya.

Nama Asli: Yoon Jaehyuk
Nama Panggung: Jaehyuk
Tempat Tanggal Lahir: Yongin, 23 Juli 2001
Golongan Darah: O
Tinggi Badan: 178 cm
Posisi: Vocalist, Rapper
Pendidikan: Kwangsung High School (2020), Baekseok Arts University (dropout)

 

7. Asahi

Sama seperti Yoshinori, Asahi juga tidak termasuk dalam line debut awal. Namanya diumumkan terakhir di line debut MAGNUM. Pengumuman ini sempat diwarnai protes dari para penggemar. Tapi akhirnya, mereka menerima keputusan YG Entertainment. Asahi menjalani trainee selaam 2 tahun 3 bulan. Dia sudah mulai composing lagu sejak duduk di bangku SMP.

Terbaru, lagu garapan Asahi berjudul Orange dimasukkan dalam album The First Step: Treasure Effect. Asahi juga suka menggambar, loh. Saat mengikuti YGTB, Asahi mendapat julukan robot. Hal ini karena dia sering menunjukkan wajah tanpa ekspresi. Tapi sekarang, Asahi sudah tidak ragu lagi menunjukkan tingkah kocaknya yang mengundang tawa.

Nama Asli: Hamada Asahi
Nama Panggung: Asahi
Tempat Tanggal Lahir: Osaka, 20 Agustus 2001
Golongan Darah: AB
Tinggi Badan: 173 cm
Posisi: Vocalist

8. Yedam

Bang Yedam merupakan member TREASURE yang menjalani masa trainee paling lama yakni hampir delapan tahun. Di usia 10 tahun, jauh sebelum dia debut, Yedam berhasil memenangkan ajang Kpop Star 2. Sama seperti Jihoon, dia juga sempat muncul dalam program survival Stray Kids (battle trainee JYP vs YG). Idol yang merupakan anak tunggal ini kerap mendapat julukan sebagai Justin Bieber Korea.

Hal ini karena dia kerap membuat video cover dengan lagu milik suami Hailey Baldwin itu. Karakter suara Yedam juga dianggap mirip dengan Justin Bieber. Selain pandai dalam bermusik, Yedam juga hobi bermain sepak bola. Yedam kecil bercita-cita sebagai astronot. Sebelum akhirnya resmi debut bersama TREASURE, Bang Yedam mendapat kesempatan untuk merilis lagu solo lengkap dengan MV berjudul WAYO.

Nama Asli: Bang Yedam
Nama Panggung: Yedam
Tempat Tanggal Lahir: Seoul, 7 Mei 2002
Golongan Darah: A
Tinggi Badan: 173 cm
Posisi: Main Vocal
Pendidikan: School of Performing Arts Seoul (SOPA)

9. Doyoung

Kim Doyoung menjalani masa trainee selama lima tahun. Di usianya yang ke-13, Doyoung sudah tampil dalam program survival Stray Kids (battle trainee JYP vs YG). Doyoung sering menjadi partner Yedam dalam composing ataupun menulis lagu.

Sejak kecil, dia sudah bermimpi untuk menjadi penyanyi. Doyoung mulai belajar menari sejak kelas 3 SD. Dia juga pandai bermain piano. Tapi Kim Doyoung dikenal sebagai member yang paling lemah.

Nama Asli: Kim Doyoung
Nama Panggung: Doyoung
Tempat Tanggal Lahir: Seoul, 4 Desember 2003
Golongan Darah: B
Tinggi Badan: 177 cm
Posisi: Main Dancer, Vocalist
Pendidikan: Apgujeong High School, Eonju Middle School, Seoul Eonbak Elementary School

10. Haruto

Haruto menjadi member pertama TREASURE yang dikenalkan ke publik. Dia menjalani masa trainee selama tiga tahun sebelum akhirnya debut. Haruto bisa dikatakan sebagai anggota TREASURE yang terpopuler dan tertinggi. Dia sering disebut mirip dengan aktor, Lee Min Ho.

Rapper bersuara rendah (low tone) ini mencuri perhatian Yang Hyun Suk sejak pertama kali membawakan lagu Rich Brian, Dat Stick di YGTB. Haruto memiliki satu orang adik. Ibunya juga terkenal sebagai big fans dari BIGBANG.

Di rumahnya, ibu Haruto memiliki satu ruangan khusus yang berisikan semua koleksinya terkait BIGBANG. Haruto juga hobi bermain games di balik kesehariannya membuat lagu. Berbeda dari beberapa member TREASURE lain yang memiliki studio musik sendiri, Haruto dan Asahi berbagi studio musik yang sama. 

Nama Asli: Watanabe Haruto
Nama Panggung: Haruto
Tempat Tanggal Lahir: Fukuoka, 5 April 2004
Golongan Darah: B
Tinggi Badan: 185 cm
Posisi: Main Rapper, Visual

11. Jeongwoo

Park Jeongwoo sampai saat ini masih menempuh pendidikan di School of Performing Arts Seoul (SOPA), sekolah yang sama dengan Yedam. Dia memiliki satu orang kakak laki-laki. Jeongwoo menggunakan tangan kiri atau kidal. Dia juga kerap disebut mirip Daesung BIGBANG.

Jeongwoo lolos sebagai trainee YG Entertainment setelah mengikuti audisi di IB Music/Dance/Act Academy. Dia merupakan member kelima TREASURE yang dikenalkan ke publik. Bersama Haruto, Park Jeong Woo pernah membawakan lagu G-Dragon dan T.O.P, Oh Yeah di YGTB. 

Duo yang disapa HaJeongwoo ini juga merilis video duet cover lagu Stack It Up milik Liam Payne. Walaupun masih sangat muda, Jeongwoo memiliki suara yang luar biasa. Jadi tidak heran kalau dia ditunjuk sebagai main vokal TREASURE.

Nama Asli: Park Jeongwoo
Nama Panggung: Jeongwoo
Tempat Tanggal Lahir: Iksan, 28 September 2004
Golongan Darah: O
Tinggi Badan: 180 cm
Posisi: Main Vocal
Pendidikan: School of Performing Arts Seoul (SOPA)

12. Junghwan

So Junghwan merupakan member termuda TREASURE. Dia menghabiskan waktu trainee selama tiga tahun. Sama seperti Jeongwoo, Junghwan juga masih sekolah di SOPA. Junghwan merupakan aktor cilik yang pernah muncul dalam sebuah drama dan sejumlah iklan. 

Junghwan dulunya bergabung di K-Tigers sehingga tidak heran kalau sekarang dia jago gerakan akrobatik. Tapi dia merupakan pribadi yang sangat pemalu. Junghwan pernah tidak sama sekali bergerak saat duduk di tengah-tengah penggemar wanita.

Nama Asli: So Junghwan
Nama Panggung: Junghwan
Tempat Tanggal Lahir: Iksan, 18 Februari 2005
Golongan Darah: B
Tinggi Badan: 179 cm
Posisi: Vocalist, Dancer
Pendidikan: School of Performing Arts Seoul (SOPA)

Akun Official TREASURE:

Instagram: @yg_treasure_official
Twitter: @treasuremembers
Facebook: Treasure
V Live: TREASURE
TikTok: @yg_treasure_tiktok
Weverse: TREASURE

Demikian, profil dan fakta menarik member TREASURE lengkap dengan perjalanan karier hingga penghargaan yang dimenangkannya. Semoga bermanfaat ya!