Menteri Kebudayaan Korea Ingin BTS Kembali Tunda Wamil

Variety
BTS OT7
Penulis: Yasmin Karnita
25/6/2021, 10.08 WIB

ZIGI – BTS kemungkinan akan menunda wajib militer atau wamil mereka. Kabar terbaru ini disampaikan langsung oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan yang berinisiasi mengajukan surat rekomendasi kepada pemerintah.

Seperti diketahui, Jin BTS seharusnya menjalani wamil pada awal 2021 ini karena usianya sudah mencapai batas maksimal yaitu 28 tahun (29 tahun umur Korea) tanggal 4 Desember 2020 lalu.

Namun berdasarkan Undang-Undang Kemiliteran yang baru disahkan Desember 2020 lalu, artis berprestasi seperti BTS diizinkan untuk menunda pendaftaran wamil mereka hingga batas maksimal umur 30 tahun. Lantas apa inisiasi yang ingin diajukan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata terhadap grup asuhan BigHit Music tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini. 

Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Ajukan BTS Tunda Wamil

Pada 23 Juni 2021 lalu, Hwang Hee selaku Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan merilis pernyataan terbaru mengenai kemungkinan adanya penundaan wajib militer untuk ketujuh member BTS mencakup RM, Jin, Suga, J-Hope, V, Jimin dan Jungkook.

Hwang Hee menyebutkan bahwa dia berencana mengajukan surat rekomendasi kepada Kemiliteran Korea Selatan untuk meringankan tugas negara terhadap BTS.

"Meskipun BTS belum mengajukan aplikasi untuk rekomendasi penundaan, saya pasti akan menulis rekomendasi untuk mereka. Penundaan wajib militer seharusnya berlaku untuk mereka,” ungkap Hwang Hee, dikutip dari Allkpop pada Jumat, 25 Juni 2021.

BTS Bisa Menunda Wajib Militer Jika Dapat Surat Rekomendasi 

Lantas dalam Undang-Undang Kemiliteran yang baru, memungkinkan artis budaya pop yang telah menerima Sertifikat Merit Nasional dapat menunda wajib militer, bukan dibebastugaskan. 

Persyaratan lain yang juga termasuk sang artis budaya pop bersangkutan harus mendapat rekomendasi dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata untuk dipertimbangkan penundaannya. Hal inilah yang akan dilakukan oleh Hwang Hee, dengan berencana mengajukan permohonan penundaan wajib militer terhadap BTS. 

Menteri Pastikan akan Berlaku Adil

Mengenai opini publik yang terpecah belah terkait BTS mendapat privilege atau hak istimewa untuk menunda wajib militer, Hwang Hee menyatakan bahwa semuanya akan diputuskan secara adil.

"Kami akan mempertimbangkan keadilan, kesetaraan, dan opini dari Kementerian Pertahanan Nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, sistem penundaan wajib militer bagi artis budaya pop, yang mulai berlaku sejak Desember 2020. Di mana individu yang diakui telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap negara dapat menunda pendaftaran wamil hingga menginjak umur 30 tahun. 

Dengan ini, Jin BTS yang telah menginjak usia 28 tahun (atau 29 tahun berdasarkan perhitungan umur Korea) pada bulan Desember 2020 lalu seharusnya mendaftar wajib militer setidaknya akhir tahun 2020 atau awal 2021. 

Namun karena Undang-Undang Dinas Militer aturan terbaru sudah disahkan, Jin BTS bisa menunda wajib militernya hingga usianya 30 tahun, yang mana hingga akhir 2021 ini. Menyusul inisiasi Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, kemungkinan BTS dapat kembali mengundur waktu pendaftaran wamil mereka.