ZIGI – Pejabat senior militer ikut memberikan tanggapan soal penundaan BTS dalam memenuhi tugas untuk wajib militer atau wamil. Mereka menyebutkan hal ini demi kepentingan nasional. 

Sebelumnya, Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea berinisiasi mengajukan surat rekomendasi kepada pemerintah untuk menunda pendaftaran wamil grup asuhan HYBE Labels itu. Berikut tanggapan pejabat militer lebih lanjut soal BTS wamil!

Baca juga: Menteri Kebudayaan Korea Ingin BTS Kembali Tunda Wamil

Penundaan Wamil BTS Untuk Kepentingan Nasional

Diketahui, member tertua BTS yakni Kim Seok Jin, sudah mencapai batas waktu maksimal untuk mendaftar wajib militer karena usianya akan menginjak 30 tahun (menurut perhitungan umur Korea) pada 4 Desember 2021 mendatang. 

Tapi per Desember 2020 lalu, Majelis Nasional Korea Selatan sudah mengesahkan Undang-Undang yang memberikan kesempatan kepada artis berprestasi untuk menunda pendaftaran militer mereka hingga usia 30 tahun. 

Pada Juni 2021, Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea diberitakan sudah berinisiasi mengajukan surat rekomendasi kepada pemerintah untuk menunda pendaftaran wamil BTS. Sehingga Jin yang setidaknya mendaftar wamil akhir 2021, memungkinkan untuk kembali kembali mengundur waktu pendaftarannya. 

Seiring kabar ini, dilansir Zigi.id dari Koreaboo, Kamis, 15 Juli 2021, sebuah artikel oleh UPI memuat tentang Jung Seok Hwan, kepala Administrasi Tenaga Kerja Militer mengatakan BTS bisa menunda dinas militer karena mereka sudah meningkatkan nilai merek nasional Korea Selatan.

Lebih lanjut, Jung Seok Hwan menyatakan keputusan untuk memberikan kesempatan penundaan wamil kepada penerima Order of Cultural Merit dibuat untuk "meminimalkan kontroversi atas perlakuan istimewa."

Persyaratan Untuk Tunda Wamil

Sebagai informasi, Undang-undang Dinas Militer Korea Selatan ini akan mulai diberlakukan pada 23 Juni 2021. Di mana, pria Korea Selatan yang sudah diakui atas prestasi di dunia keartisan ataupun olahraga bisa menunda wajib militer hingga usia 30 tahun.

Untuk menunda wajib militer di bawah undang-undang baru ini, para idola K-Pop harus menerima penghargaan budaya yakni Order of Cultural Merit dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata. Biasanya, musisi yang sudah berkarier lebih dari 15 tahun yang bisa menerima penghargaan tersebut.

Tapi RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook dianugerahi Order of Cultural Merit di tahun 2018, atau tepatnya di tahun ke-5 setelah debut. Penghargaan ini diberikan kepada BTS setelah mengakui upaya mereka dalam menyebarkan budaya dan bahasa Korea ke seluruh dunia lewat karya musik-musiknya.

Baca juga: Kapan Jin BTS Wamil?